Pengaruh Practice Based Simulation Model Terhadap Self Confidence Di Nursing Skill Laboratory FIK Unissula Semarang

Retno Issroviatiningrum

Abstract


Pendahuluan: Laboratorium keterampilan klinis dasar perlu dikembangkan di setiap institusi pendidikan kesehatan menggunakan pendekatan problem based learning dalam proses pembelajaran kurikulum berbasis kompetensi. Dengan metode simulasi di laboratorium dapat mendorong mahasiswa untuk menggunakan critical thinking dalam mengambil keputusan dalam mengatasi masalah tanpa merugikan pasien yang sebenarnya, dan bisa lebih meningkatkan self confidence mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh practice based simulation model terhadap self confidence pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode Quasy – Experiment dengan pendekatan pretest-posttest with control group design. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling dengan jumlah 21 responden baik kelompok intervensi maupun kontrol. Analisis data menggunakan uji Paired T-Test dan Independent Samples T-Test. Hasil penelitian selisih peningkatan self confidence pada kelompok intervensi sebanyak 9.33 poin dan kelompok kontrol sebanyak 1.67 poin. Practice based simulation model berpengaruh terhadap self confidence dengan nilai p=0.00<0.05. Dsikusi: practice based simulation model mempengaruhi self confidence pada mahasiswa semester VI FIK Unissula Semarang. 

Keywords: Practice based simulation model, self confidence


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26532/.v1i1.2900

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26532/.v1i1.2900.g2107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.