Hubungan Harga Diri dan Dukungan Orang Tua dengan Career Decission Making Self- Efficacy (CDMSE) dalam Menghadapi Kelulusan pada Siswa Kelas 12 SMA Negeri 10 Semarang

Pratika Widi Ambarwati, Agustin Handayani

Abstract


Penentuan pilihan karier merupakan tantangan perkembangan yang dihadapi siswa sekolah menengah atas, khususnya pada kelas akhir menjelang kelulusan. Career Decision-Making Self-Efficacy (CDMSE) menjadi faktor penting yang memengaruhi keberhasilan siswa dalam menentukan pilihan karier, yang dipengaruhi oleh faktor internal seperti harga diri dan faktor eksternal seperti dukungan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dan dukungan orang tua dengan CDMSE pada siswa kelas XII SMA Negeri 10 Semarang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel penelitian berjumlah 169 siswa yang dipilih melalui distribusi skala secara daring menggunakan Google Form. Instrumen yang digunakan meliputi Skala CDMSE, Skala Harga Diri, dan Skala Dukungan Orang Tua, yang seluruhnya telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan korelasi Pearson menunjukkan adanya hubungan positif signifikan antara harga diri dan CDMSE (r = 0,488; p < 0,001), serta hubungan positif signifikan antara dukungan orang tua dan CDMSE (r = 0,174; p = 0,029). Hasil juga menunjukkan hubungan positif signifikan antara harga diri dan dukungan orang tua (r = 0,492; p < 0,001). Temuan ini mendukung Social Cognitive Career Theory (SCCT), yang menekankan peran interaksi faktor internal dan eksternal dalam pembentukan keyakinan karier. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya program sekolah yang mengintegrasikan penguatan harga diri siswa dengan keterlibatan orang tua dalam mendukung perencanaan karier

Keywords


harga diri, dukungan orang tua, career decision-making self-efficacy, siswa SMA

Full Text:

PDF

References


Adnan, M. N., & Bhakti, C. P. (2025). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mereduksi Kecemasan Karier Yang Dihadapi Siswa Di Era Digital. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 363–373.

Amini, D. S., & Salim, R. M. A. (2020). Dukungan orang tua, efikasi diri pengambilan keputusan karier, dan planned happenstance pada siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Psikologi Ulayat, 7(1), 87–98. https://doi.org/10.24854/jpu102

Laily, K. K., & Naqiyah, N. (2025). Penilaian Diri Dan Afirmasi Sosial sebagai Aspek yang Berpengaruh Pada Career Decision Making Self Efficacy (CDMSE) pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal BK UNESA, 15(1), 142–148.

Lutfiana, R. (2024). Hubungan antara Dukungan Keluarga dengan Efikasi Diri dalam Membuat Keputusan Karir Pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Universitas Medan Area. Universitas Medan Area.

Marshela, W. A., Fitriana, A. Q. Z., & Puspaningrum, D. D. (2025). Tekanan Sosial Dan Tuntutan Keluarga Dalam Menentukan Masa Depan Karir Pada Siswa SMA. Menulis: Jurnal Penelitian Nusantara, 1(5), 126–129. https://doi.org/10.59435/menulis.v1i5.239

Oktafiansyah, N., & Monika, M. (2025). Peranan Self-Esteem Terhadap Career Decision Making Self-Efficacy Pada Pelajar Tingkat SMA Di Tangerang. Provitae: Jurnal Psikologi Pendidikan. https://doi.org/10.24912/provitae.v18i1.33726

Simanungkalit, A. G., & Sompie, A. S. (2025). Hubungan Antara Harga Diri dan Kecemasan Siswa Sekolah Menengah Atas. SUMIKOLAH: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 28–37.

Taylor, K. M., & Betz, N. E. (1983). Applications of self-efficacy theory to the understanding and treatment of career indecision. Journal of Vocational Behavior, 22, 63–81.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/takaya/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat