Hubungan Antara Optimisme dan Hardiness dengan Stres Akademik pada Siswa SMA Negeri 1 Semarang
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amanah, S., Jauhari, R., & Sutja, A. (2023). Analisis tingkat stress akademik pada siswa kelas vii smp negeri 19 kota jambi. Jurnal pendidikan tambusai, 7(1), 4578–4581.
Aqidatul, A. & H. (2024). Hubungan antara hardiness dengan stres akademik pada siswa kelas x di sman 8 makassar. Universitas negeri makassar, 3, 762–770. Http://repository.uin-suska.ac.id/21610/
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jurnal ihsan : jurnal pendidikan islam, 1(2), 1–9. Https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep stres akademik siswa. Jurnal konseling dan pendidikan, 5(3), 143–148. Https://doi.org/10.29210/119800
Dwi, S. (2023). Analisis perbandingan implementasi kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka di sd negeri 6 pangkalpinang. Edois: international journal of islamic education, 1, 59–72. Https://doi.org/10.32923/edois.v1i02.3691
Gustama, D. (2024). Hubungan hardiness dan optimisme dengan stress akademik mahasiswa uin sumatera utara medan. Jurnal pendidikan dan ilmu sosial, 2(1), 28–39.
Hasanah, U. (2019). Hubungan hardiness dengan emotion focused coping pada anak dan remaja yang sedang berhadapan dengan hukum (abh). https://doi.org/10.33367/psi.v4i1.676
Jannah, F.-. (2022). Hubungan kepribadian hardiness dengan stres akademik pada mahasiswa kedokteran universitas malahayati selama pandemi covid 19. 9.
Kemendikbudristek. (2022). Buku saku: tanya jawab kurikulum merdeka. Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi, kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi, 9–46. Http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344
Kinanthi Putri, P., & Hanurawan, f. (2022). The relationship between hardiness and academic stress in xii grade students of x senior high school. Kne social sciences, 2022(icopsy), 283–294. Https://doi.org/10.18502/kss.v7i18.12394
Kurniawan, W. (2019). Relantionship between think positive towards the optimism of psychology student learning in islamic university of riau. Jurnal nathiqiyah, 2(1), 127. Https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/nathiqiyyah/article/view/54
Padilah, H. N., & Purwantini, l. (2025). Pengaruh optimisme terhadap kecemasan akademik pada mahasiswa semester 1-5. 2(2), 428–438.
Pratama, R., & Febriani, E. A. (2024). Kendala-kendala dalam pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar pancasila (p5) tema kearifan lokal di sma negeri 2 kinali. Naradidik: journal of education & pedagogy, 3(2), 366–376.
Putri, H. Dan, & Venty. (2025). Tingkat stres akademik siswa santi witya serong school thailand. 4(2), 50–60. Https://doi.org/10.36420/dawa
Widhiarso, W. (2012). Hasil uji statistik dan penulisan butir yang kurang tepat ketika mendapat pertanyaan apa penyebab hasil uji statistik yang dilakukan tidak signifikan, saya seringkali merasa. 1–5.
Wildani, dkk. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik. 143. Https://doi.org/10.35134/jpsy165.v13i2.84
Zwagery, R. V., & Leza, N. M. (2021). Hubungan hardiness dengan student engagement pada siswa smp negeri 1 banjarbaru. Jurnal psikologi : media ilmiah psikologi, 19(2), 22–27. Https://ejournal.45mataram.ac.id/index.php/swarna/article/view/120/75
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Proyeksi by https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/takaya/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.