Hubungan Antara Optimisme dan Hardiness dengan Stres Akademik pada Siswa SMA Negeri 1 Semarang

Arina Hasna Amalia, Rohmatun Rohmatun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara optimisme dan hardiness dengan stres akademik di SMA Negeri 1 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII dan sampel penelitian yang digunakan sebanyak 136 siswa, yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Metode pengambilan data menggunakan tiga skala yang terdiri dari skala stres akademik sebanyak 20 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,838 skala optimisme sebanyak 15 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,862, dan hardiness dengaan 17 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,941. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda , untuk menguji hipotesis pertama, diperoleh nilai korelasi R = 0,251 dan Fhitung = 4.468 dan nilai signifikansi sebesar 0,013 (p>0,05) artinya ada hubungan yang signifikan antara optimism dan hardiness dengan stress akademik, yang menunjukkan hipotesis pertama diterima. Hipotesis kedua dan ketiga diuji dengan menggunakan analisis statistic non parametrik Spearman. . Berdasarkan hasil analisis hipotesis kedua diperoleh nilai r = -0,217 dengan taraf signifikansi 0,11 (p < 0,05) menujukkan adanya hubugan negatif yang signifikan antara optimisme dan stres akademik. Hipotesis ketiga dengan skor r = -0,126 dengan taraf signifikansi 0,143 (p > 0,05). Artinya, hipotesis ketiga ditolak yakni tidak terdapat hubungan antara hardiness dan stres akademik

Keywords


Stres Akademik, Optimisme dan Hardiness

Full Text:

PDF

References


Amanah, S., Jauhari, R., & Sutja, A. (2023). Analisis tingkat stress akademik pada siswa kelas vii smp negeri 19 kota jambi. Jurnal pendidikan tambusai, 7(1), 4578–4581.

Aqidatul, A. & H. (2024). Hubungan antara hardiness dengan stres akademik pada siswa kelas x di sman 8 makassar. Universitas negeri makassar, 3, 762–770. Http://repository.uin-suska.ac.id/21610/

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jurnal ihsan : jurnal pendidikan islam, 1(2), 1–9. Https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep stres akademik siswa. Jurnal konseling dan pendidikan, 5(3), 143–148. Https://doi.org/10.29210/119800

Dwi, S. (2023). Analisis perbandingan implementasi kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka di sd negeri 6 pangkalpinang. Edois: international journal of islamic education, 1, 59–72. Https://doi.org/10.32923/edois.v1i02.3691

Gustama, D. (2024). Hubungan hardiness dan optimisme dengan stress akademik mahasiswa uin sumatera utara medan. Jurnal pendidikan dan ilmu sosial, 2(1), 28–39.

Hasanah, U. (2019). Hubungan hardiness dengan emotion focused coping pada anak dan remaja yang sedang berhadapan dengan hukum (abh). https://doi.org/10.33367/psi.v4i1.676

Jannah, F.-. (2022). Hubungan kepribadian hardiness dengan stres akademik pada mahasiswa kedokteran universitas malahayati selama pandemi covid 19. 9.

Kemendikbudristek. (2022). Buku saku: tanya jawab kurikulum merdeka. Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi, kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi, 9–46. Http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/25344

Kinanthi Putri, P., & Hanurawan, f. (2022). The relationship between hardiness and academic stress in xii grade students of x senior high school. Kne social sciences, 2022(icopsy), 283–294. Https://doi.org/10.18502/kss.v7i18.12394

Kurniawan, W. (2019). Relantionship between think positive towards the optimism of psychology student learning in islamic university of riau. Jurnal nathiqiyah, 2(1), 127. Https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/nathiqiyyah/article/view/54

Padilah, H. N., & Purwantini, l. (2025). Pengaruh optimisme terhadap kecemasan akademik pada mahasiswa semester 1-5. 2(2), 428–438.

Pratama, R., & Febriani, E. A. (2024). Kendala-kendala dalam pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar pancasila (p5) tema kearifan lokal di sma negeri 2 kinali. Naradidik: journal of education & pedagogy, 3(2), 366–376.

Putri, H. Dan, & Venty. (2025). Tingkat stres akademik siswa santi witya serong school thailand. 4(2), 50–60. Https://doi.org/10.36420/dawa

Widhiarso, W. (2012). Hasil uji statistik dan penulisan butir yang kurang tepat ketika mendapat pertanyaan apa penyebab hasil uji statistik yang dilakukan tidak signifikan, saya seringkali merasa. 1–5.

Wildani, dkk. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik. 143. Https://doi.org/10.35134/jpsy165.v13i2.84

Zwagery, R. V., & Leza, N. M. (2021). Hubungan hardiness dengan student engagement pada siswa smp negeri 1 banjarbaru. Jurnal psikologi : media ilmiah psikologi, 19(2), 22–27. Https://ejournal.45mataram.ac.id/index.php/swarna/article/view/120/75


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/takaya/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat