Hubungan antara Dukungan Emosional Keluarga dan Ketahanan Mental dengan Kesejahteraan Psikologis pada Mahasiswa Baru
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara dukungan emosional keluarga dan ketahanan mental dengan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa baru. Populasi 2.629 mahasiswa baru Universitas X angkatan 2024, dengan sampel berjumlah 347 yang diperoleh melalui cluster random sampling. Skala yang digunakan sebagai alat ukur, yaitu skala kesejahteraan psikologis (39 butir, koefisien reliabilitas 0,912), skala dukungan emosional keluarga (30 butir, koefisien reliabilitas 0,950), dan skala ketahanan mental (36 butir, koefisien reliabilitas 0,907). Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai R = 0.828, p = 0.001 (p<0.05) dan F hitung = 216.766 > F tabel = 3.041. Selain itu, didapat = 0,329 dengan p = 0.001 (p < 0.05) dan = 0,706 dengan p = 0.001 (p < 0.05). Hal ini menunjukkan bahwa dukungan emosional keluarga dan ketahanan mental secara bersama-sama dan parsial dapat beruhubungan dengan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa baru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adrian, D. (2024). Resiliensi muslim ditinjau dari perspektif psikologi tasawuf. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(5), 322–329. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i5.569
Agraprana, P. R., & Nurcahyo, F. A. (2024). Faktor-faktor yang meningkatkan kesejahteraan psikologis pada peserta didik selama pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(1), 679–689. https://doi.org/10.5281/zenodo.10469972.
Akbar, M. F., Rohman, U., Ismail, S., Utami, N. S. P., & Elsyafitri, S. (2024). Resiliensi psikologis dalam cobaan: kajian dari surat al-baqarah ayat 286 dan implikasinya dalam kehidupan. Journal of Psychology Students, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.15575/jops.v3i1.31945
Amelina, R., Nugraha, A., & Rahimsyah, A. P. (2024). Pengaruh resiliensi terhadap kesejahteraan psikologis mahasiswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(2), 148–160. https://doi.org/10.26877/empati.v11i2.17507
Barbayannis, G., Bandari, M., Zheng, X., Baquerizo, H., Pecor, K. W., & Ming, X. (2022). Academic stress and mental well-being in college students: Correlations, affected groups, and COVID-19. Frontiers in Psychology, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.886344
Binarta, A., & Tiarti, S. (2024). Studi korelasi resiliensi dan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa tingkat akhir di Jakarta. Journal of Social and Economics Research, 6(2), 257–265. https://doi.org/10.54783/jser.v6i2.653
Connor, K. M., & Davidson, J. R. T. (2003a). Development of a new resilience scale: the connor-davidson resilience scale (CD-RISC). Journal Depression and Anxiety, 18(2), 76–82. https://doi.org/10.1002/da.10113
Connor, K. M., & Davidson, J. R. T. (2003b). Development of a new Resilience scale: The Connor-Davidson Resilience scale (CD-RISC). Depression and Anxiety, 18(2), 76–82. https://doi.org/10.1002/da.10113
Darussalam, A. (2017). Wawasan hadis tentang silaturahmi. Jurnal Tahdis, 8(2), 116–132. https://api.core.ac.uk/oai/oai:journal.uin-alauddin.ac.id:article/7222
Gunawan, A., & Bintari, D. R. (2021). Kesejahteraan psikologis, stres, dan regulasi emosi pada mahasiswa baru selama pandemi COVID -19. Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 10(1), 51–64. https://doi.org/10.21009/jppp.101.07
Hakim Maulana, R. Y. A. H. (2023). Konsep kebahagiaan perspektif filsuf muslim (al-farabi dan al-kindi). Gunung Djati Conference Series, 19, 828–839. https://conferences.uinsgd.ac.id/gdcs
Hamonangan, H., Simarmata, N. I. P., & Butarbutar, F. (2022). Dukungan sosial teman sebaya dan psychological well-being mahasiswa selama pandemi covid-19. Jurnal Psikologi Universitas Hkbp Nommensen, 8(1), 3–4. https://doi.org/https://doi.org/10.36655/psikologi.v8i1
Hasiolan, M. I. S. (2015). Efek dukungan emosional keluarga pada harga diri remaja: pilot study. Jurnal Keperawatan Indonesia, 18(2), 67–71. https://doi.org/https://doi.org/10.7454/jki.v18i2.400
Hermanita, H. (2022). Konsep keluarga dalam islam. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 67–75. http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/Jurpen%0AKONSEP
Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). Analisis tugas perkembangan mahasiswa fakultas ilmu pendidikan universitas negeri gorontalo. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling Teori Dan Praktik), 2(1), 73–114. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v2n1.p73-80
Jiménez, L., Canavan, J., Baena, S., Herrera, D., Lloyd, A., Schima, J., & Jean Grasmeijer, A. (2024). Mapping key actors in family support. A European perspective. Children and Youth Services Review, 161(107618), 1–10.
https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2024.107618
Kinanthi, M. R., Grasiaswaty, N., & Tresnawaty, Y. (2020). Resiliensi pada mahasiswa di Jakarta: Menilik peran komunitas. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 9(2), 249–268. https://doi.org/10.30996/persona.v9i2.3449
Latipun, & Sefrina, F. (2020). Hubungan dukungan keluarga dan keberfungsian sosial pada pasien hipertensi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 4(2), 140–160. https://doi.org/10.22219/jipt.v4i2.3609
Mirza, R. (2017). Memaksimalkan dukungan keluarga guna meningkatkan kualitas hidup pasien diabetes mellitus. Jurnal JUMANTIK, 2(2), 12–30. https://doi.org/10.30829/jumantik.v2i2.1122
Missasi, V., & Izzati, I. D. C. (2019). Faktor – faktor yang mempengaruhi resiliensi. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 433–441. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/snmpuad/article/view/3455
Murni, S. W. D., Yunita, R., & Aini Isnawati, I. (2023). Hubungan dukungan emosional keluarga dengan psychological well-being pada pasien pasca stroke di puskesmas ketapang kota Probolinggo. Jurnal Ilmu Kesehatan, 1(10), 59–67. https://journal-mandiracendikia.com/jikmc
Nuruddaroini, M. A. S., & Midi, H. S. (2021). Integrasi konsep kebahagiaan perspektif psychological well being dan sa’adah (Studi komparasi antara konsep Barat dan Islam). Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 3, 83–87.
http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/712
Oetomo, P. F., Yuwanto, L., & Rahaju, S. (2019). Faktor penentu penyesuaian diri pada mahasiswa baru emerging adulthood tahun pertama dan tahun kedua. Jurnal Ilmiah Psikologi MIND SET, 8(2), 67–77. https://doi.org/10.35814/mindset.v8i02.325
Palup, A. D. H., & Chusairi, A. (2023). Literature review : pengaruh dukungan sosial terhadap kesejahteraan psikologis pada mahasiswa [Universitas Airlangga]. https://repository.unair.ac.id/128560/%0Ahttps://repository.unair.ac.id/128560/1/Achmad Chusairi_111911133140_Alifa Desti H.P.pdf
Pratiwi, Z. R., Karimulloh, K., & Kumalasari, D. (2021). Dukungan orang tua dan resiliensi akademik mahasiswa dalam perspektif islam. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(2), 175–185. https://doi.org/10.15575/ath.v6i2.14808
Ramadhani, T., Djunaedi, D., & Sismiati S., A. (2016). Kesejahteraan psikologis (Psychological well-being) siswa yang orang tuanya bercerai (Studi deskriptif yang dilakukan pada siswa di SMK negeri 26 pembangunan Jakarta). Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 108–115. https://doi.org/10.21009/insight.051.16
Refnandes, R., Yeni, F., Welly, W., & Afdila, F. (2024). Stres dan kesejahteraan psikologis mahasiswa baru keperawatan. Jik Jurnal Ilmu Kesehatan, 8(2), 314–320. https://doi.org/10.33757/jik.v8i2.1166
Riding, S., Thevenon, O., Adema, W., & Dirwan, G. (2021). Looking beyond COVID-19: Strengthening family support services across the OECD. Employment, Labour and Social Affairs Policy Briefs, 260, 1–57. https://doi.org/Sophie Riding, Olivier Thévenon, Willem Adema, Gráinne Dirwan https://dx.doi.org/10.1787/86738ab2-en
Rutter, M. (2006). Implications of resilience concepts for scientific understanding. Annals of the New York Academy of Sciences, 1094(1), 1–12. https://doi.org/10.1196/annals.1376.002
Ryff, C. D. (2013). Psychological well-being revisited: Advances in the science and practice of eudaimonia. Psychotherapy and Psychosomatics, 83(1), 10–28. https://doi.org/10.1159/000353263
Ryff, C. D., & Keyes, C. L. M. (1995). The structure of psychological well-being revisited. Journal of Personality and Social Psychology, 69(4), 719–727. https://doi.org/10.1037/0022-3514.69.4.719
Ryff, C. D., & Singer, B. (1996). Psychological well-being: Meaning, measurement, and implications for psychotherapy research. Psychotherapy and Psychosomatics, 65(1), 14–23. https://doi.org/10.1159/000289026
Sharp, P., Oliffe, J. L., Kealy, D., M Rice, S., Seidler, Z. E., & Ogrodniczuk, J. S. (2023). Social support buffers young men’s resilient coping to psychological distress. Early Interv Psychiatry, 17(8), 784–791. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/eip.13371
Sofia, N., & Sari, E. P. (2018). Indikator Kebahagiaan (Al-Sa’adah) dalam Perspektif Alquran dan Hadis. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 23(2), 91–108. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol23.iss2.art2
Synder, C. R., & Lopez, S. . (2007). Positive Psychology: The Scientific and Practical Explorations of Human Strengths. Sage Publication.
Wahidah, E. Y. (2018). Resiliensi perspektif al quran. Jurnal Islam Nusantara, 2(1), 105–120. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v2i1.73
Wahyuni. T dkk. (2021). Buku ajar keperawatan keluarga dilengkapi riset dan praktik (R. Awahita (ed.); Digital). CV Jejak. https//askepbukukeperawatankeluarga.com
Widiyastuti, & Hardita, K. (2024). Dukungan sosial keluarga dan kesejahteraan psikologis di kalangan mahasiswa Indonesia. Journal of Islamic and Muhammadiyah Studies, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.21070/jims.v6i1.1597
Adrian, D. (2024). Resiliensi muslim ditinjau dari perspektif psikologi tasawuf. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(5), 322–329. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i5.569
Agraprana, P. R., & Nurcahyo, F. A. (2024). Faktor-faktor yang meningkatkan kesejahteraan psikologis pada peserta didik selama pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(1), 679–689. https://doi.org/10.5281/zenodo.10469972.
Akbar, M. F., Rohman, U., Ismail, S., Utami, N. S. P., & Elsyafitri, S. (2024). Resiliensi psikologis dalam cobaan: kajian dari surat al-baqarah ayat 286 dan implikasinya dalam kehidupan. Journal of Psychology Students, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.15575/jops.v3i1.31945
Amelina, R., Nugraha, A., & Rahimsyah, A. P. (2024). Pengaruh resiliensi terhadap kesejahteraan psikologis mahasiswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(2), 148–160. https://doi.org/10.26877/empati.v11i2.17507
Barbayannis, G., Bandari, M., Zheng, X., Baquerizo, H., Pecor, K. W., & Ming, X. (2022). Academic stress and mental well-being in college students: Correlations, affected groups, and COVID-19. Frontiers in Psychology, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.886344
Binarta, A., & Tiarti, S. (2024). Studi korelasi resiliensi dan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa tingkat akhir di Jakarta. Journal of Social and Economics Research, 6(2), 257–265. https://doi.org/10.54783/jser.v6i2.653
Connor, K. M., & Davidson, J. R. T. (2003a). Development of a new resilience scale: the connor-davidson resilience scale (CD-RISC). Journal Depression and Anxiety, 18(2), 76–82. https://doi.org/10.1002/da.10113
Connor, K. M., & Davidson, J. R. T. (2003b). Development of a new Resilience scale: The Connor-Davidson Resilience scale (CD-RISC). Depression and Anxiety, 18(2), 76–82. https://doi.org/10.1002/da.10113
Darussalam, A. (2017). Wawasan hadis tentang silaturahmi. Jurnal Tahdis, 8(2), 116–132. https://api.core.ac.uk/oai/oai:journal.uin-alauddin.ac.id:article/7222
Gunawan, A., & Bintari, D. R. (2021). Kesejahteraan psikologis, stres, dan regulasi emosi pada mahasiswa baru selama pandemi COVID -19. Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 10(1), 51–64. https://doi.org/10.21009/jppp.101.07
Hakim Maulana, R. Y. A. H. (2023). Konsep kebahagiaan perspektif filsuf muslim (al-farabi dan al-kindi). Gunung Djati Conference Series, 19, 828–839. https://conferences.uinsgd.ac.id/gdcs
Hamonangan, H., Simarmata, N. I. P., & Butarbutar, F. (2022). Dukungan sosial teman sebaya dan psychological well-being mahasiswa selama pandemi covid-19. Jurnal Psikologi Universitas Hkbp Nommensen, 8(1), 3–4. https://doi.org/https://doi.org/10.36655/psikologi.v8i1
Hasiolan, M. I. S. (2015). Efek dukungan emosional keluarga pada harga diri remaja: pilot study. Jurnal Keperawatan Indonesia, 18(2), 67–71. https://doi.org/https://doi.org/10.7454/jki.v18i2.400
Hermanita, H. (2022). Konsep keluarga dalam islam. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 67–75. http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/Jurpen%0AKONSEP
Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). Analisis tugas perkembangan mahasiswa fakultas ilmu pendidikan universitas negeri gorontalo. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling Teori Dan Praktik), 2(1), 73–114. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v2n1.p73-80
Jiménez, L., Canavan, J., Baena, S., Herrera, D., Lloyd, A., Schima, J., & Jean Grasmeijer, A. (2024). Mapping key actors in family support. A European perspective. Children and Youth Services Review, 161(107618), 1–10. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2024.107618
Kinanthi, M. R., Grasiaswaty, N., & Tresnawaty, Y. (2020). Resiliensi pada mahasiswa di Jakarta: Menilik peran komunitas. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 9(2), 249–268. https://doi.org/10.30996/persona.v9i2.3449
Latipun, & Sefrina, F. (2020). Hubungan dukungan keluarga dan keberfungsian sosial pada pasien hipertensi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 4(2), 140–160. https://doi.org/10.22219/jipt.v4i2.3609
Mirza, R. (2017). Memaksimalkan dukungan keluarga guna meningkatkan kualitas hidup pasien diabetes mellitus. Jurnal JUMANTIK, 2(2), 12–30. https://doi.org/10.30829/jumantik.v2i2.1122
Missasi, V., & Izzati, I. D. C. (2019). Faktor – faktor yang mempengaruhi resiliensi. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 433–441. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/snmpuad/article/view/3455
Murni, S. W. D., Yunita, R., & Aini Isnawati, I. (2023). Hubungan dukungan emosional keluarga dengan psychological well-being pada pasien pasca stroke di puskesmas ketapang kota Probolinggo. Jurnal Ilmu Kesehatan, 1(10), 59–67. https://journal-mandiracendikia.com/jikmc
Nuruddaroini, M. A. S., & Midi, H. S. (2021). Integrasi konsep kebahagiaan perspektif psychological well being dan sa’adah (Studi komparasi antara konsep Barat dan Islam). Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 3, 83–87. http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/712
Oetomo, P. F., Yuwanto, L., & Rahaju, S. (2019). Faktor penentu penyesuaian diri pada mahasiswa baru emerging adulthood tahun pertama dan tahun kedua. Jurnal Ilmiah Psikologi MIND SET, 8(2), 67–77. https://doi.org/10.35814/mindset.v8i02.325
Palup, A. D. H., & Chusairi, A. (2023). Literature review : pengaruh dukungan sosial terhadap kesejahteraan psikologis pada mahasiswa [Universitas Airlangga]. https://repository.unair.ac.id/128560/%0Ahttps://repository.unair.ac.i
d/128560/1/Achmad Chusairi_111911133140_Alifa Desti H.P.pdf
Pratiwi, Z. R., Karimulloh, K., & Kumalasari, D. (2021). Dukungan orang tua dan resiliensi akademik mahasiswa dalam perspektif islam. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 6(2), 175–185. https://doi.org/10.15575/ath.v6i2.14808
Ramadhani, T., Djunaedi, D., & Sismiati S., A. (2016). Kesejahteraan psikologis (Psychological well-being) siswa yang orang tuanya bercerai (Studi deskriptif yang dilakukan pada siswa di SMK negeri 26 pembangunan Jakarta). Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 108–115. https://doi.org/10.21009/insight.051.16
Refnandes, R., Yeni, F., Welly, W., & Afdila, F. (2024). Stres dan kesejahteraan psikologis mahasiswa baru keperawatan. Jik Jurnal Ilmu Kesehatan, 8(2), 314–320. https://doi.org/10.33757/jik.v8i2.1166
Riding, S., Thevenon, O., Adema, W., & Dirwan, G. (2021). Looking beyond COVID-19: Strengthening family support services across the OECD. Employment, Labour and Social Affairs Policy Briefs, 260, 1–57. https://doi.org/Sophie Riding, Olivier Thévenon, Willem Adema, Gráinne Dirwan https://dx.doi.org/10.1787/86738ab2-en
Rutter, M. (2006). Implications of resilience concepts for scientific understanding. Annals of the New York Academy of Sciences, 1094(1), 1–12. https://doi.org/10.1196/annals.1376.002
Ryff, C. D. (2013). Psychological well-being revisited: Advances in the science and practice of eudaimonia. Psychotherapy and Psychosomatics, 83(1), 10–28. https://doi.org/10.1159/000353263
Ryff, C. D., & Keyes, C. L. M. (1995). The structure of psychological well-being revisited. Journal of Personality and Social Psychology, 69(4), 719–727. https://doi.org/10.1037/0022-3514.69.4.719
Ryff, C. D., & Singer, B. (1996). Psychological well-being: Meaning, measurement, and implications for psychotherapy research. Psychotherapy and Psychosomatics, 65(1), 14–23. https://doi.org/10.1159/000289026
Sharp, P., Oliffe, J. L., Kealy, D., M Rice, S., Seidler, Z. E., & Ogrodniczuk, J. S. (2023). Social support buffers young men’s resilient coping to psychological distress. Early Interv Psychiatry, 17(8), 784–791. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/eip.13371
Sofia, N., & Sari, E. P. (2018). Indikator Kebahagiaan (Al-Sa’adah) dalam Perspektif Alquran dan Hadis. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 23(2), 91–108. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol23.iss2.art2
Synder, C. R., & Lopez, S. . (2007). Positive Psychology: The Scientific and Practical Explorations of Human Strengths. Sage Publication.
Wahidah, E. Y. (2018). Resiliensi perspektif al quran. Jurnal Islam Nusantara, 2(1), 105–120. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v2i1.73
Wahyuni. T dkk. (2021). Buku ajar keperawatan keluarga dilengkapi riset dan praktik (R. Awahita (ed.); Digital). CV Jejak. https//askepbukukeperawatankeluarga.com
Widiyastuti, & Hardita, K. (2024). Dukungan sosial keluarga dan kesejahteraan psikologis di kalangan mahasiswa Indonesia. Journal of Islamic and Muhammadiyah Studies, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.21070/jims.v6i1.1597
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Proyeksi by https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/takaya/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.