Hubungan Antara Kontrol Diri dan Jenis Kelamin dengan Pengungkapan Diri pada Siswa Pengguna TikTok di SMA X

Eksa Ayu Amanda, Agustin Handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kontrol diri dan jenis kelamin dengan pengungkapan diri pada pengguna TikTok di SMA X. Sampel dalam penelitian ini melibatkan 98 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Pengambilan data menggunakan dua skala, yaitu skala pengungkapan diri dengan koefisien reliabilitas 0,926 dan skala kontrol diri dengan koefisien reliabilitas 0,962. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment dan uji T - Tes. Hasil uji hipotesis menggunakan korelasi product moment menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara kontrol diri dan pengungkapan diri dengan koefisien korelasi (rxy) sebesar -0,271 dengan taraf signifikansi 0,004 (p<0,01), sehingga hipotesis pertama diterima. Uji T - Tes perbedaan pengungkapan diri siswa antara responden laki-laki dan perempuan menunjukkan signifikansi sebesar 0,150 (p>0,05). Artinya  tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pengungkapan diri siswa laki-laki dan perempuan, sehingga hipotesis kedua ditolak


Keywords


Pengungkapan Diri, Kontrol Diri, Jenis Kelamin, TikTok

Full Text:

PDF

References


Devito, J. A. (2011). Komunikasi antar manusia. Pamulang-Tangerang: Karisma Publishing Group.

Devito, J. A. (2016). The interpersonal communication book. In Pearson Education Limited. England: Pearson.

Divaliani, E. S., & Nurhakim, T. F. (2024). Persepsi generasi z terhadap fitur postingan ulang pada aplikasi tiktok. Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 74–84. https://doi.org/10.31602/jm.v7i1.14680

Dwi, N. A. (2021). Pengaruh self control terhadap slf disclosure pada mahasiswa psikologi pengguna instagram. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Gayatri, N. K. O. C., & Bajirani, M. P. D. (2024). Faktor-faktor yang memengaruhi pengungkapan diri remaja di media sosial. Psyche: Jurnal Psikologi, 6(1), 29–46. https://doi.org/10.36269/psyche.v6i1.2349

Josefsson, T., Ivarsson, A., Gustafsson, H., Stenling, A., Lindwall, M., Tornberg, R., & Böröy, J. (2019). Effects of Mindfulness-Acceptance-Commitment (MAC) on Sport-Specific Dispositional Mindfulness, Emotion Regulation, and Self-Rated Athletic Performance in a Multiple-Sport Population: an RCT Study. Mindfulness, 10(8), 1518–1529. https://doi.org/10.1007/s12671-019-01098-7

Moekahar, F., & Hastuti, R. A. (2022). Self-disclosure: Hidden talent remaja di tiktok. Koneksi, 6(2), 456–465. https://doi.org/10.24912/kn.v6i2.20261

Paramithasari, P. P., & Dewi, E. K. (2013). Hubungan antara kontrol diri dengan pengungkapan diri di jejaring sosial pada siswa sma kesatrian 1 semarang. Jurnal EMPATI, 2(4), 376–385.

Parapat, R. W. (2023). Penggunaan media sosial tik-tok terhadap pengungkapan diri (self disclosure) remaja di sibuhuan kecamatan barumun kabupaten padang lawas. Anwarul, 3(6), 1354–1369. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i6.1699

Sari, I. A., & Kustanti, E. R. (2020). Hubungan antara kontrol diri dengan pengungkapan diri pada remaja pengguna media sosial instagram. Jurnal EMPATI, 9(1), 52–57. https://doi.org/10.14710/empati.2020.26921

Tangney, J. P., Baumeister, R. F., & Boone, A. L. (2004). High self‐control predicts good adjustment, less pathology, better grades, and interpersonal success. Journal of Personality, 2(April 2004), 54.

Wearesocial.com. (2024). Digital 2024: 5 billion social media users. https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024-5-billion-social-media-users/

Wheeless, L. R., & Grotz, J. (1976). Conceptualization and measurement of reported self‐disclosure. Human Communication Research, 2(4), 338–346. https://doi.org/10.1111/j.1468-2958.1976.tb00494.x

Widiyawati, T. L., & Wulandari, D. A. (2021). Pengungkapan diri melalui media sosial dan komunikasi interpersonal ditinjau dari jenis kelamin pada siswa (self-disclosure through social media and interpersonal communication review of gender of students). Psimphoni, 2(1), 48. https://doi.org/10.30595/psimphoni.v2i1.11521


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/takaya/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat