Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Impulsive Buying Pada Siswa SMA Negeri 1 Pecangaan Jepara

Fitria Prasetyaningsih, Rohmatun Rohmatun

Abstract


Penelitian ini bertujuan menguji hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan impulsive buying pada siswa. Populasi yang diambil adalah siswa kelas XI SMA N 1 Pecangaan dikota Jepara dengan jumlah sampelnya adalah 206 subjek yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala dukungan sosial teman sebaya dengan jumlah aitem 38 dengan reliabilitasnya 0,960 dan skala impulsive buying dengan aitem berjumlah 23 yang memiliki reliabilitas sebesar 0,868. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara dukungan sosial teman sebaya dengan impulsive buying. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi pearson product moment memperoleh nilai rxy = 0,842 dengan signifikansi 0,000 (p < 0,01). Artinya semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya yang diperoleh makan semakin tinggi pula impulsive buying remaja. Demikian juga sebaliknya. Berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan impulsive buying yang berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima.


Keywords


Dukungan Sosial Teman Sebaya, Impulsive Buying

Full Text:

PDF

References


Anin, Rasimin, & Nuryati. (2008). Hubungan self monitoring dengan impulsive buying terhadap produk fashion pada remaja. Jurnal Psikologi, 35(2), 181–193.

Bearden, Netemeyer, & Teel. (1989). Measurement of consumer susceptibility to interpersonal influence. Journal of Consumer Research, 15(4), 473–481. https://doi.org/https://doi.org/10.1086/209186

Ekasari, A., & Yuliyana, S. (2012). Kontrol Diri dan Dukungan Teman Sebaya dengan Coping Stress pada Remaja. Jurnal Soul: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 5(2), 55–66.

Febrianty, F. R. (2019). Hubungan antara konformitas teman sebaya dengan impulse buying pada mahasiswa yang membeli produk fashion. Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Firmansyah, D., & Saepuloh, D. (2022). Social learning theory: cognitive and behavioral approaches. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(3), 297–324. https://journal.formosapublisher.org/index.php/jiph/index

Hendayani, N., & Abdullah, S. M. (2018). Dukungan teman sebaya dan kematangan karier mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 6(1), 28. https://doi.org/10.22219/jipt.v6i1.5189

Hurlock, E. B. (2011). Psikologi perkembangan : suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (Edisi 5). Jakarta: Erlangga.

Jihadi, N. F. A. (2022). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan problem focused coping pada mahasiswa organisasi di fakultas psikologi. Skripsi Sultan Agung Islamic University.

Kurniasari, A. F. (2020). Hubungan kontrol diri dan teman sebaya. Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/83283

Maimunah, S. (2020). Pengaruh dukungan sosial dan efikasi diri terhadap penyesuaian diri. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(2), 275.

https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i2.4911

Malik, M. A., Purwaningrum, E. K., Mariskha, S. E., Psikologi, P., & Psikologi, F. (2024). Pengaruh kontrol diri terhadap perilaku impulsive buying dengan gender sebagai variabel moderator pada karyawan generasi z. Costing: Journal of Economic, Business and Accounting, 7(6), 5851–5860.

Mufidah. (2017). Hubungan antara dukungan sosial terhadap resiliensi pada mahasiswa bidikmisi dengan mediasi efikasi diri. Jurnal Sains Psikologi, 6(2), 68–74.

Nisrima, S., Yunus, M., & Hayati, E. (2016). Pembinaan perilaku sosial remaja penghuni yayasan islam media kasih kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah, 1(1), 192–204.

Park, H. J., & Dhandra, T. K. (2016). Relation between dispositional mindfulness and impulsive buying tendency: Role of trait emotional intelligence. Personality and Individual Differences, 105(10), 208–212. https://doi.org/10.1016/j.paid.2016.09.061

Rampala, S. D. (2024). Stres akademik dan perilaku impulsive buying pada mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Cenderawasih Jayapura. Innovative: Journal Of Social Science Research: Journal Of Social Science Research, 4(2), 5466–5476.

Rensi, & Sugiarti, L. R. (2010). Dukungan sosial, konsep diri, dan prestasi belajar siswa

SMP Kristen Yski Semarang. Jurnal Psikologi, 3(2), 148–153.

Rona, E. F. (2017). Impulsive buying pada remaja ditinjau dari kontrol diri dan jenis kelamin di SMA N 1 Semarang. Skripsi Universitas Islam Sultan Agung Semarang. http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/9672

Saputro, Y. A., & Sugiarti, R. (2021). Dukungan sosial teman sebaya dan konsep diri terhadap penyesuaian diri pada siswa SMA kelas X. Philanthropy: Journal of Psychology, 5(1), 59–72. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v5i1.3270

Sari, M. (2019). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan konsep diri peserta didik kelas VIII D di SMP Negeri 9 Bandar Lampung tahun ajaran 2019/2020. In Skripsi Repository Raden Intan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Supriyati, S. (2023). Pengaruh dukungan sosial dan harga diri terhadap resiliensi mahasiswa perantau. Jurnal Psikologi Malahayati, 5(1), 15–21. https://doi.org/10.33024/jpm.v5i1.8896

Suratno, S., Rosmiati, R., & Siswono, E. (2021). Pengaruh online shop, lingkungan teman sebaya dan literasi keuangan terhadap pembelian implusif mahasiswa jurusan PIPS fkip Universitas Jambi. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1), 61–

https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.414

Taylor, S. E. (2012). Health psychology (tenth edit). New York: McGraw-Hill.

Triani, A. (2012). Pengaruh persepsi penerimaan teman sebaya terhadap kesepian pada remaja. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 1(1), 128–134. https://doi.org/10.21009/jppp.011.18

Verplanken, B., & Herabadi, A. (2001). Individual differences in impulse buying tendency: Feeling and no thinking. European Journal of Personality, 15(1 SUPPL.). https://doi.org/10.1002/per.423

Widiantoro, D., Nugroho, S., & Arief, Y. (2019). Hubungan antara dukungan sosial dari dosen Dengan motivasi menyelesaikan skripsi pada mahasiswa. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.33367/psi.v4i1.649


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/takaya/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat