Penerimaan Diri Orang Tua Yang Memiliki Anak Autis Di SLB X Demak

Atika Khusna, Ratna Supradewi

Abstract


Latar belakang dalam penelitian ini adalah masih adanya orangtua yang kurang bisa menerima penerimaan diri anaknya yang autis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan penerimaan diri orang tua yang memiliki anak autis. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomonologi. Narasumber penelitian ini adalah ibu yang mempunyai anak autis. Jumlah narasumber penelitian ini adalah tiga orang, yaitu ibu-ibu yang mempunyai anak autis di SLB X Demak. Pengambilan data dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap orang tua dengan anak autis mengalami fase yang berbeda-beda dalam tahap menuju penerimaan diri sehingga dapat dikatakan bahwa proses penerimaan diri bersifat subjektif. Gambaran penerimaan diri ditunjukkan dengan menghargai anak, mengenal dan memenuhi kebutuhan anak, mampu mengenali keunikan karakter yang dimiliki oleh anak, mencintai anak tanpa syarat. Sikap penerimaan diri orang tua yang mempunyai anak autis ini yakni pasrah, mengembalikan semua pada Allah, ikhlas, sabar, selalu berusaha, dan selalu melibatkan Allah dalam segala usahanya dengan melakukan terapi dan memperhatikan anak.            Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ketiga narasumber dapat menerima kondisi anak mereka yang didiagnosa autis. Beberapa tahap dilalui oleh ketiga narasumber dalam proses pencapaian penerimaan diri, yakni penolakan, kemarahan, tawar menawar, depresi, penerimaan diri. Namun ketiga narasumber melalui tahapan yang berbeda-beda.

Keywords


penerimaan diri orang tua, autis

Full Text:

PDF

References


Chodidjah, S., & Kusumasari, A. P. (2018). Pengalaman Ibu Merawat Anak Usia Sekolah Dengan Autis. Jurnal Keperawatan Indonesia, 21(2), 94–100. https://doi.org/10.7454/jki.v21i2.54.

Indiarti, P. T., & Rahayu, P. P. (2020). Penerimaan Ibu Yang Memiliki Anak Autis.

Jurnal Psikologi Perseptual, 5(1), 34. https://doi.org/10.24176/perseptual.v5i1.5087

Kahija, Y. La. (2019). Penelitian Fenomenologis: Jalan Memahami Pengalaman Hidup.

Bandung: Kanisius.

Luthfi, M., & Gani, A. (2022). Penerimaan Diri Pada Tokoh Utama Film “ Sound Of Metal .” 5, 1–4.

Mansur, M., Masyasari, R., Binti Awad, F., & Asriyanti, A. (2022). Self Acceptance in Parents of Children with Autism. KnE Social Sciences, 2022, 453–461. https://doi.org/10.18502/kss.v7i8.10764.

Mulyani, R. R. (2021). Profil Self Acceptance Orang tua Anak Berkebutuhan Khusus di Yayasan Tiji Salsabila Kota Padang. 2(3), 115–119.

Munisa, M., Lubis, S. I. A., & Nofianti, R. (2022). Penerimaan Orang Tua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (Tunadaksa). Warta Dharmawangsa, 16(3), 358–364. https://doi.org/10.46576/wdw.v16i3.2230

Nugraheni, S. A. (2012). Menguak Belantara Autisme. Buletin Psikologi, 20(1–2), 9–17. https://jurnal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/view/11944

Nurfadhillah, S., Nur Syariah, E., Mahromiyati, M., Nurkamilah, S., Anggestin, T., Ashabul Humayah Manjaya, R., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). Analisis Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) Di Sekolah Inklusi Sdn Cipondoh 3 Kota. Bintang : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(3), 459–465. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Pancawati. (2017). Penerimaan Diri Dan Dukungan Orangtua. Program Studi Psikologi, 1(1), 23–27.

Rachmayanti, S., & Zulkaida, A. (2017). Penerimaan diri orangtua terhadap anak autisme dan peranannya dalam terapi autisme. Jurnal Psikologi , 1, 1-11. Jurnal Psikologi , 1, 1-11., 7–17.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif. Alfabeta.

Sulistyorini, L. (2018). Autis, dukungan keluarga, Hubungan Dukungan Sosial Keluarga Dengan Penerimaan Diri Ibu Anak Autis Di Sdlb-B Dan Autis. Jurnal Keperawatan Malang, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.36916/jkm.v3i1.55

Triyanto, P. D. (2016). Pelatihan Keterampilan Pengasuhan Autis untuk Menurunkan Stress Pengasuhan pada Ibu dengan Anak Autis. 176–186.

Veryawan, A. S. I. L., Sri Inda Lestari, Indah, & Veryawan. (2023). Perilaku Anak Autis : Perkembangan Dan Penangan. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(1), 150–155. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.1980


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/takaya/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat