Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial Dengan Kecenderungan Nomophobia Pada Siswa Di SMP X

Ria Muji Anggraini, Anisa Fitriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara intensitas penggunaan media sosial dengan kecenderungan nomophobia pada siswa di SMP X. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional dan studi populasi terhadap 197 siswa dengan cluster random sampling sebagai metode dalam pengambilan sampel. Pengumpulan data dilakukan menggunakan dua skala yaitu skala nomophobia dan skala intensitas penggunaan media sosial. Skala nomophobia terdiri dari 32 aitem dengan koefisien reliabilitas 0.898, sedangkan skala intensitas penggunaan media sosial terdiri dari 12 aitem dengan koefisien reliabilitas 0.700. Teknik analisis data menggunakan metode korelasi pearson product moment. Uji hipotesis menghasilkan koefisien korelasi sebesar rxy = 0.615 dengan tingkat signifikansi 0.000 (p<0.05). Hasil tersebut menunjukkan apabila hipotesis diterima dan ada hubungan positif yang signifikan antara intensitas penggunaan media sosial dengan kecenderungan nomophobia pada siswa di SMP X.


Keywords


: Intensitas Penggunaan Media Sosial, Nomophobia

Full Text:

PDF

References


Agnawijaya, A. M., & Hamidah. (2019). Perilaku nomophobia pada mahasiswa di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya. Jurnal Psikologi Klinis Dan Kesehatan Mental, 8(2), 76–88. https://doi.org/http://url.unair.ac.id/3cb97dc0

Aini, S., Puteri, A. D., Yanto, N., & Alini. (2023). Media Sosial Dengan Tingkat Nomophobia Pada Siswa SMA Negeri 1 Kuantan Mudik. Jurnal Kesehatan Terpadu, 2(3), 112–124. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/s-jkt/article/download/17413/12864

Fadhilah, L., Hayati, E. N., & Bashori, K. (2021). Nomophobia di Kalangan Remaja. Jurnal Diversita, 7(1), 21–29. https://doi.org/https://doi.org/10.31289/diversita.v7i1.4487

Fajri, F. V., & Karyani, U. (2021). Nomophobia pada Mahasiswa: Menguji Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Kontrol Diri. Jurnal Psikologi, 17(1), 47–58. https://doi.org/https://doi.org/10.24014/jp.v17i1.12191

Hamdi, M., & Gautama, M. (2024). Nomophobia di Kalangan Siswa Pengguna Smarthpone SMA Negeri 1 Lembah Gumanti. Jurnal Kajian Sosiologi Dan Pendidikan, 7(1), 66–74. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/perspektif.v7i1.564

Jilisha, G., Venkatachalam, J., Menon, V., & Olickal, J. (2019). Nomophobia: A Mixed-Methods Study on Prevalence, Associated Factors, and Perception among College Students in Puducherry, India. Indian Journal of Psychological Medicine, 41(6), 541–548. https://doi.org/10.4103/IJPSYM.IJPSYM_130_19

Kustiawan, W., Nurlita, A., Siregar, A., Aini Siregar, S., Ardianti, I., Rahma Hasibuan, M., & Agustina, S. (2022). Media Sosial Dan Jejaring Sosial. Maktabun: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 2(1), 1–5.

Lestari, R. R., R, Z. Z., Febria, D., & Gustiana, E. (2024). Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial Dengan Tingkat Nomophobia Pada Siswa SMA Negeri 1 Salo Tahun 2024. Jurnal Ners, 8(23), 1694–1700. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/ners

Riyanto, A. (2024). Hootsuite (We are Social): Data Digital Indonesia 2024. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-data-digital-indonesia-2024/

Sari, I. P., Ifdil, I., & Yendi, F. M. (2020). Konsep Nomophobia pada Remaja Generasi Z. Jurnal Riset Tindakan Indonesia (JRTI ), 5(1), 21–26. https://doi.org/10.29210/3003414000

Wijaya, I., Purnamasari, S., & Rinaldi, M. (2024). Harga Diri dan Nomophobia Pada Remaja Perempuan. Jurnal Ilmiah Psikologis, 1(1), 40–47. https://doi.org/10.26486/jdp.v1i1.4202

Yildirim, C., & Correia, A. P. (2015). Exploring the dimensions of nomophobia: Development and validation of a self-reported questionnaire. Computers in Human Behavior, 49, 130–137. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.02.059

Yuniar, D. A. (2023). Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Kecenderungan Nomophobia Mahasiswa. Prosiding, 3, 887–906.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/takaya/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat