Hubungan antara Authoritarian Parenting dengan Impostor Syndrome pada Mahasiswa Peserta MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) Flagship di Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Sabrina Khairunisa, Anisa Fitriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara authoritarian parenting dengan impostor syndrome pada mahasiswa peserta Program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) Flagship di Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah mahasiswa yang pernah atau sedang mengikuti program MBKM Flagship dengan jumlah sampel sebanyak 110 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Peneliti menggunakan dua alat ukur yakni skala Clance Impostor Syndrome Scale (CIPS) dari (Muftiya, dkk. 2024) yang telah diadaptasi ke Bahasa Indonesia dan skala authoritarian parenting dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,886 dan 0,93. Hasil analisis data menggunakan teknik korelasi pearson product moment menunjukkan skor rxy 0,165 dengan taraf signifikansi 0,043 (p<0,05) yang artinya terdapat hubungan positif antara authoritarian parenting dengan impostor syndrome pada mahasiswa peserta program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) Flagship di Universitas Islam Sultan Agung Semarang.


Keywords


Impostor syndrome, Authoritarian parenting, MBKM

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2022). Metode Penelitian Psikologi (V). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Baumrind, D. (2011). Effects of suthoritative parental control. Child Development, 37(4),

–907. http://www.jstor.org/stable/1126611

Bravata, D. M., Watts, S. A., Keefer, A. L., Madhusudhan, D. K., Taylor, K. T., Clark,

D. M., Nelson, R. S., Cokley, K. O., & Hagg, H. K. (2020). Prevalence, Predictors, and Treatment of Impostor Syndrome: a Systematic Review. Journal of General Internal Medicine, 35(4), 1252–1275. https://doi.org/10.1007/s11606-019-05364-1 Chrisman, S. M., Pieper, W. A., Clance, P. R., Holland, C. ., & Cheryl, G.-H. (1995). Validation of the Clance Imposter Phenomenon Scale Validation of the Clance Impostor Phenomenon Scale. Journal of Personality Assessment, January 2015, 37–

https://doi.org/10.1207/s15327752jpa6503

Clance, P. R. (1985). Clance IP Scale. The Impostor Phenomenon: When Success Makes You Feel Like A Fake, 4, 20–22. www.paulineroseclance.com.

Clance, P. R., & Imes, S. A. (1978). The impostor phenomenon in high achieving women: Dynamics and therapeutic intervention. Psychotherapy: Theory, Research, and Practice, 15(3), 241. https://doi.org/10.1088/0022-3727/32/16/312

Habibahn, A. F. (2024). Kemendikbudristek: 725.000 mahasiswa ikuti berbagai program MBKM. Antara Kantor Berita Indonesia. 11-Mei-2025. https://www.antaranews.com/berita/3952740/kemendikbudristek-725000- mahasiswa-ikuti-berbagai-program-mbkm

Hungsie, O. G., & Sahrani, R. (2024). Hubungan Impostor Syndrome dengan Resiliensi Akademik pada Mahasiswa Berprestasi Tinggi. Innovative: Journal Of Social Science Research 4, no.3 (2024): 16164–16173.

Ika. (2020). Psikolog UGM Paparkan Fakta Impostor Syndrome. Universitas Gadjah Mada. 16 Mei 2025. https://ugm.ac.id/id/berita/20226-psikolog-ugm-paparkan- fakta-impostor-syndrom/

Kemendikbud. (2021). Panduan Implementasi Kebijakan Kampus Merdeka (MBKM). 1–

Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun 2021. https://lldikti13.kemdikbud.go.id/wp- content/uploads/2022/07/Panduan-Implementasi-Kebijakan-Merdeka-Belajar- Kampus-Merdeka-MBKM.pdf

Kuncoro, J., Handayani, A., & Suprihatin, T. (2022). Peningkatan Soft Skill Melalui Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ). Proyeksi, 17(1), 112–126. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/article/view/20431/6859

Kusumawardani, S. S., Wulandari, D., Arifin, S., Santoso, B. J., Cahyono, E., Wastutiningsih, S. P., Slamet, A. S., Hertono, G. F., Yuniarti, A., Syam, N. M., Putra, P. H., Rahmawati, A., Fajri, F., Zuliansyah, A., Yulianto, Y., Julyan, B. S., Anggriani, D., & Nabila, S. Z. (2024). Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, Dan Teknologi, 98. https://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2024/06/Buku-Panduan- Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-MBKM-2024.pdf

Muftiya, S. F., Harsono, Y. T., Farida, I. A., & Mantara, A. Y. (2024). Bagaimana pola asuh authoritarian mempengaruhi impostor phenomenon pada mahasiswa baru ? How does authoritarian parenting affect impostor phenomenon in freshmen ?. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(2), 352–369. Muslimah, A. I., Amalia, S. C., Jauharah, N. A., Kurniawati, Y., & Fadhilah, Q. A. (2022). Fenomena ImpostorSsyndrome Pada Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES) Universitas Islam “45” Bekasi. SOUL: Jurnal Ilmiah Psikologi,

(1), 10–22.

Nafisaturrisa, A., & Hidayati, I. A. (2023). Impostor Syndrome Pada Mahasiswa Peserta Program Kampus Merdeka Universitas Muhammadiyah Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Nurfadhilah, A., & Archianti, P. (2024). Dinamika Kecemasan Akademik Pada Mahasiswa Berprestasi Yang Mengalami Impostor Syndrome. Jurnal Psikologi, 17(1), 43–55. https://doi.org/10.35760/psi.2024.v17i1.8769

Nurwadahnia, N., Haslan, M. M., Kurniawansyah, E., & Alqadri, B. (2023). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Untuk Meningkatkan Keterampilan dan Kreativitas Belajar Mahasiswa di Stkip Yapis Dompu. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1984–1990. https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5770

Papalia, D. E., Feldman, R., & Martorell, G. (2015). Menyelami Perkembangan Manusia Experience Human Development (12th-Buku ed., p. 558). Jakarta: Salemba Humanika.

Rohmadani, Z. V., & Winarsih, T. (2019). Impostor Syndrome Sebagai Mediator Hubungan Antara Religiusitas Dengan Kecemasan Yang Dialami Oleh Mahasiswa Baru. Jurnal Psikologi Integratif Prodi Psikologi UIN Sunan Kalijaga, 7(1), 122– 130.

Sakulku, J., & Alexander, J. (2011). The Impostor Phenomenon. International Journal of Behavioral Science, 6, No.1, 7. https://doi.org/ISSN: 1906-4675

Sonnak, C., & Towell, T. (2001). The impostor phenomenon in British university students: Relationships between self-esteem, mental health, parental rearing style and socioeconomic status. Personality and Individual Differences, 31(6), 863–874. https://doi.org/10.1016/S0191-8869(00)00184-7

Thompson, T. (2004). Failure-avoidance: Parenting, the achievement environment of the home and strategies for reduction. Learning and Instruction, 14(1), 3–26. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2003.10.005

Thompson, T., Foreman, P., & Martin, F. (2000). Impostor fears and perfectionistic concern over mistakes. Personality and Individual Differences, 29(4), 629–647. https://doi.org/10.1016/S0191-8869(99)00218-4

Walker, D. L., & Saklofske, D. H. (2023). Development, Factor Structure, and Psychometric Validation of the Impostor Phenomenon Assessment: A Novel Assessment of Impostor Phenomenon. Assessment, 30(7), 2162–2183. https://doi.org/10.1177/10731911221141870

Want, J., & Kleitman, S. (2006). Imposter phenomenon and self-handicapping: Links with parenting styles and self-confidence. Personality and Individual Differences, 40(5), 961–971. https://doi.org/10.1016/j.paid.2005.10.005

Yaffe, Y. (2021). Students’ recollections of parenting styles and impostor phenomenon: The mediating role of social anxiety. Personality and Individual Differences, 172(August 2020), 110598. https://doi.org/10.1016/j.paid.2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/takaya/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat