Hubungan Antara Determinasi Diri Dan Pola Asuh Otoriter Dengan Pengambilan Keputusan Karir Siswa SMA Institut Indonesia

Larantika Dewi, Agustin Handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara determinasi diri dan pola asuh otoriter dengan pengambilan keputusan karir siswa SMA Institut Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI  SMA Institut Indonesia, Semarang. Sampel penelitian ini sebanyak 109 siswa. Sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tiga skala, yakni skala pengambilan keputusan karir, skala determinasi diri, dan skala pola asuh otoriter. Analisis data pada hipotesis pertama dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, yang menunjukkan hasil bahwa ada hubungan signifikan antara determinasi diri dan pola asuh otoriter dengan pengambilan keputusan karir siswa SMA Institut Indonesia memperoleh R sebesar 0,281 dan Fhitung sebesar 20,703 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 (p<0,01). hasil uji korelasi parsial antara determinasi diri terhadap pengambilan keputusan karir memiliki korelasi nilai sebesar rx1y=0,207 dan taraf signifikansi bernilai 0,032 (p<0,05), artinya terdapat hubungan positif dan signifikan antara pengambilan keputusan karir dengan determinasi diri. Hasil uji korelasi parsial antara pengambilan keputusan karir dengan pola asuh otoriter menunjukkan korelasi parsial dengan nilai rx2y=-0,416 dan signifikansi 0,000 (p<0,01), artinya terdapat korelasi negatif yang signifikan antara pengambilan keputusan karir dengan pola asuh otoriter. Berdasarkan pengujian tersebut ditemukan bahwa hipotesis satu, dua, dan tiga diterima

Keywords


determinasi diri, pola asuh otoriter, pengambilan keputusan karir

Full Text:

PDF

References


Arjanggi, R., & Suprihatin, T. (2023). Kesulitan pengambilan keputusan karir pada siswa berprestasi rendah. Journal of Islamic and Contemporary Psychology (JICOP), 3(1s), 131–143. https://doi.org/10.25299/jicop.v3i1s.12353

Fadilla, P. F., & Abdullah, S. M. (2019). Faktor pengambilan keputusan karier pada siswa sma ditinjau dari social cognitive theory. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 8(2), 108. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v8i2.3049

Fajriani, F., Suherman, U., & Budiamin, A. (2023). Pengambilan keputusan karir: suatu tinjauan literatur. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 13(1), 50. https://doi.org/10.25273/counsellia.v13i1.15197

Field, S., Hoffman, A., & Posch, M. (1997). Self-determination during adolescence. A Developmental Perspective, 18(5), 285–293.

Firdaus, S. A., & Kustanti, E. R. (2019). Hubungan antara pola asuh otoriter dengan pengambilan keputusan karier pada siswa smk teuku umar semarang. Jurnal EMPATI, 8(1), 212–220. https://doi.org/10.14710/empati.2019.23596

Gati, I., & Saka, N. (2001). High school students’ career-related decision-making difficulties. Journal of Counseling & Development, 79(3), 331–340. https://doi.org/doi.org/10.1002/j.1556-6676.2001.tb01978.x

Gati, I., Ryzhik, T., & Vertsberger, D. (2013). Preparing young veterans for civilian life: the effects of a workshop on career decision-making difficulties and self-efficacy. Journal of Vocational Behavior, 83(3), 373–385. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2013.06.001

Gradiyanto, G., & Indrawati, E. S. (2023). Hubungan antara pola asuh otoriter dengan pengambilan keputusan karier pada siswa kelas xii smk hidayah semarang. Jurnal EMPATI, 12(2), 133–143. https://doi.org/10.14710/empati.2023.28609

Gunarsa, S. D. (2008). Psikologi perkembangan anak dan remaja. In Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Himpunan Psikologi Indonesia. (2020). Psikologi indonesia. Jakarta: Himpunan Psikologi Indonesia.

Hurlock, E. B. (1996). Psikologi perkembangan: suatu pendekatan epanjang rentang kehidupan. In Jakarta: Erlangga.

Krumboltz, J. D., Mitchell, A. M., & Jones, G. B. (1976). A social learning theory of career selection. The Counseling Psychologist, 6(1), 71–81. https://doi.org/10.1177/001100007600600

Mamahit, H. C. (2014). Hubungan antara determinasi diri dan kemampuan pengambilan keputusan karir siswa sma. Jurnal Psiko-Edukasi, 12(2), 90–100. http://ojs.atmajaya.ac.id/index.php/fkip/article/view/297

Mataram, S. (2017). Psikologi pengasuhan : mengasuh tumbuh kembang anak dengan ilmu.

Mubarik, A., Setiyowati, E., & Karsih. (2014). Pengambilan keputusan karir siswa smk bina sejahtera 1 bogor. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 1–6.

Pratama, Hendri dan Primanita, R. Y. (2023). Hubungan antara determinasi diri dengan pengambilan keputusan karir pada siswa di sman 1 kota sungai penuh. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 1932–1938.

Santrock, J. W. (2003). Adolescence: perkembangan remaja edisi 6 (6th ed.). Jakarta: Erlangga.

Siti, H. (2010). Pengembangan peserta didik. Bandung: PT Refika Aditama.

Sultonah, N., Nada, S. Q., & Aini, D. K. (2024). Pola asuh strict parenting dan implikasinya pada tingkat kemandirian mahasiswa uin walisongo semarang. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(8), 156–172.

Sutisna, I. (2021). Mengenal model pola asuh baumrind. UNG Repository, 32.

Vahartiningsih, P., & Nastiti, D. (2023). Hubungan antara dukungan sosial orang tua dan determinasi diri terhadap pengambilan keputusan karir pada siswa sma. Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Dan Konseling Islam, 6(3), 529–542.

Winkel, W. S., & Hastuti, M. M. S. (2004). Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/takaya/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat