Hubungan Antara Self Disclosure Dengan Stres Akademik Pada Siswa SMA Negeri 2 Brebes
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara self disclosure dan stres akademik pada siswa SMA Negeri 2 Brebes. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Siswa SMA N 2 Brebes kelas XI dengan jumlah sampel sebanyak 196 responden. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Pengambilan data menggunakan dua alat ukur yakni skala stres akademik yang terdiri dari 32 aitem dengan koefisiensi reliabilitas rx= 0,953. dan skala self disclosure yang terdiri dari 30 aitem dengan koefisien reliabilitas rx= 0,959. Berdasarkan hasil uji product moment diperoleh koefisien korelasi rxy sebesar -0,419 dengan taraf signifikansi 0,000 (p <0,01). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang sangat signifikan antara self disclosure dengan stres akademik pada siswa SMA Negeri 2 Brebes. Sumbangan efektif variabel self disclosure pada stres akademik sebesar 17,5%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Activeminds.org. (2021). Student mental health surve (September 2020). Washington.
Amin, F., & Khan, M. F. (2020). Online reputation and stres: Discovering the dark of social media. FIIB Business Review. SAGE Publications Sage UK: London, England.
Aryani, F. (2016). Stres belajar suatu pendekatan dan intervensi konseling. http://eprints.unm.ac.id/2478/1/Buku - Stres Belajar.pdf
Devito, J. A. (2011). Komunikasi antar manusia. Tanggerang Selatan: Karisma Publish-ing Group.
Fadhlunnida, F., Karmiyati, D., & Hidayati, D. S. (2019). Hubungan pengungkapan diri dan stres remaja penyintas gempa bumi Kota Palu. Cognicia, 7(4), 419-433. Doi: https://eprints.umm.ac.id/id/eprint/3966
Gainau, M. B. (2015). Perkembangan remaja dan problematikanya. PT Kanisius.
Nasution. (2007). Perilaku pada remaja. program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara: Medan. doi: https://www.researchgate.net/publication/42321569_Perilaku_Merokok_Pada_Remaja
Nugroho, D. A. (2013). Self disclosure terhadap pasangan melalui Media Facebook ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Online Psikologi. 01(02). Malang: Universi-tas Muhammadiyah Malang.
Pinakesti, A. R. A. (2016). Self disclosure dan stres pada mahasiswa. Fakultas Psikologi. Psikologi. Universitas Muhammadiyah Malang: Malang
Rime, B. (2016). Self Diclosure. Dalam H. S. Friedman (Ed.), Encyclopedia Of Mental Health 2(4), 66-74. Waltham, MA: Academic Press.
Sarafino, E. P., & T. W. Smith. (2012). Health psychology: Biopsychosocial interactions (7th ed). New Jersey: John Willey & Sons, Inc
Sarwono, S.W. (2018). Psikologi Remaja (Edisi ke 1). Depok: Rajawali Pers.
Setianingsih, E. S. (2015). Keterbukaan diri siswa (self disclosure). Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(2), 46.64. doi:https://doi.org/10.26877/empati.v2i2/%20Oktober.2276
Shadi, M., Peyman, N., Taghipour, A., & Tehrani, H. (2018). Predictors of the academic stress and its determinants among students based on the theory of planned behavior. Journal of Fundamentals of Mental Health, 20(1), 87-98.
Shorer, M. & Leibovich, L. (2020). Young children’s emotional stres reactions during the COVID-19 outbreak and their associations with parental emotion regulation and parental playfulness. Early Child Development and Care, 0(0), 1-11. https://doi.org/10.1080/03004430.2020.1806830
Siantury, P. D., & Hadiyati, F. N. R. H. (2019). Hubungan antara self disclosure dengan alienasi pada mahasiswa tahun pertama Suku Batak. Jurnal EMPATI, 8(1), 277-283. https://doi.org/10.14710/empati.2019.23604
So’imah, D. (2010). Hubungan adversity quotient dan self efficacy dengan toleransi terhadap stres pada mahasiswa. Skripsi. Univesitas Sebelas Maret. Surakarta.
Suryaningsih, D. & Wahyudin, A. (2019). Pengaruh tiga dimensi kecerdasan dan locus of control terhadap perilaku Etis. Eeaj 8, 8(3), 967–982. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.35726
Sutri, Y., Nilawati, I., & Rismayan. (2021). Penerapan terapi pengungkapan diri pada remaja yang mengalami stres. Muhammadiyah Bengkulu Jurnal Onkologi Klinik, 9(1), 11–16. https://doi.org/10.36085/jkmb. v9i1.1464
Wheeless, L, R. (1976). Self-disclosure and interpersonal solidarity: Measurement, validation, and relationships. Human Communication Research, 3(1), 47-61.
Zhang, R. (2017). The stress-buffering effect of self-disclosure on Facebook: An exami-nation of stressful life events, social support, and mental ealth among college students. Computer in Human Behavioral. 75 (2) 527-53.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Proyeksi by https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/takaya/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.