Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Quarter Life Crisis (QLC) Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Aziz. (2020). Hubungan antara intensitas penggunaan media sosial dan tingkat depresi pada mahasiswa. Acta Psychologia, 2(2), 92-107.
Alkatiri & Aprianty. (2024). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial pada Quarter life crisis pada Dewasa Awal. Jurnal Psikologi, 1(2), 7-7.
Anggraeni & Hijrianti. (2023). Peran dukungan sosial dalam menghadapi fase quarter life crisis dewasa awal penyandang disabilitas fisik. Cognicia, 11(1), 15-23.
Arikunto. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aristawati, Meiyuntariningsih, C. & P. (2021). Emotional Intelligence Dan Stres Pada Mahasiswa Yang Mengalami Quarter-Life Crisis. Psikologi Konseling 2 (1).
Arsita. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Adaptabilitas Karyawan Frontline Yang Bekerja di BPR. Doctoral dissertation, Universitas Airlangga.
Artiningsih, & Savira. (2021). Hubungan Loneliness Dan Quarter Life Crisis Pada Dewasa Awal. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(5).
Artiningsih, R. A., & Savira, S. I. (2021). Hubungan Loneliness Dan Quarter Life Crisis Pada Dewasa Awal. Charater: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(5).
Azizi. (2023). Hubungan Kecerdasan Emosi dengan Quarter life crisis pada Mahasiswa Psikolog. Universitas Medan Area (Doctoral Dissertation, Universitas Medan Area).
Azwar, S. (2018). Reliabilitas dan Validitas.
Bar-On R. (2006). The Bar-On model of emotional-social intelligence (ESI).
Psicothema, 18, 13–25.
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al- Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
Duara, Jones, & Madil. (2021). Forced Adulthood’: An Aspect of ‘Quarterlife Crisis’ Suffered by Young English and Assamese Adults. Qualitative Studies, 6(1):11–37.
Fadhilah, F. (2021). Perbedaan Quarterlife Crisis Berdasarkan Demografi Pada Mahasiswa di Kota Makassar.
Fatchurrahmi & Urbayatun. (2022). Peran Kecerdasan Emosi terhadap Quarter life crisis pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan,
(2), 102-113.
Fatchurrahmi, R., & Urbayatun, S. (2022). Peran Kecerdasan Emosi terhadap Quarter Life Crisis pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 13(2), 102–113. https://doi.org/10.26740/jptt.v13n2.p102-113
Fernández-Berrocal, P., & Extremera, N. (2006). Emotional intelligence: A theoretical and empirical review of its first 15 years of history. Psicothema, 18(SUPPL.1), 7–12.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23 (Edisi 8). In Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro (Vol. 96).
Golemen. (2009). Kecerdasan emosional : mengapa ei lebih penting daripada IQ. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Herawati, I., & Hidayat, A. (2020). Quarterlife Crisis Pada Masa Dewasa Awal di Pekanbaru. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 5(2), 145–156. https://doi.org/10.33367/psi.v5i2.1036
Issom, F. L. (2019). Kerja Pada Pengajar Muda Di Gerakan. 8(April), 1–11. Maryati, I. (2008). Hubungan antara kecerdasan emosi dan keyakinan diri (self-
efficacy) dengan kreativitas siswa akselerasi. Universitas Muhammdiyah Surakarta, 132.
Murithi. (2019). Psychological Factors Contributing to Quarterlife Crisis Among University Students from A Kenyan University. International Journal for Advanced Research.Vol.5(3).
Nugsria, Pratitis, & A. (2023). Quarter life crisis pada dewasa awal: Bagaimana peranan kecerdasan emosi. Journal of Psychological Research, 3(1), 1-10.
Nugsria, A., Pratitis, N. T., & Arifiana, I. Y. (2023). Quarter life crisis pada dewasa awal: Bagaimana peranan kecerdasan emosi? INNER: Journal of Psychological Research, 3(1), 1–10.
Papalia, & M. (2021). Experience Human Development. McgrawHill Higher Education.
Pratiwi. (2022). Analisis Penyebab Ketidaklengkapan Pengisian Informed Consent di RSUD dr. Abdoer Rahem Situbondo. Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 3(3),.
Robinson. (2018). Manajemen Strategi.
Sharma & Shivani. (2012). Emotional Intelligence A Predictor of Teacher’s Success. Nternational Journal of Social Science & Interdisciplinary Research. Vol.1 Issue 12.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Suri, A., & Kochhar, M. (2021). Understanding emotionally intelligent spouses: Role of emotional intelligence in marital adjustment. The International Journal of Indian Psychology, 9(3), 786–809. https://doi.org/10.25215/0903.075
Syachri, Handoko, Pratama, & Ramadon. (2022). Hubungan Konformitas Peer Group dengan Quarter life crisis Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta. Indonesian Journal of Society Studies, 2(2), 61-75.
Syifa’ussurur, Husna, Mustaqim, & Fahmi. (2021). Menemuken berbagai alternatif intervensi dalam menghadapi quarter life crisis: Sebuah kajian literatur [discovering various alternative intervention towards quarter life crisis: a literature study]. Journal of Contemporary Islamic Counselling, 1(1), 53-64.
Veda & Rahayu. (2023). Pengaruh Emotional Intelligence terhadap Quarter-Life Crisis pada Generasi Z Usia 22-25 Tahun. Jurnal Psikohumanika, 15(1), 62- 72.
Wedhasmara. (2007). Langkah-Langkah Perencanaan Strategis Sistem Informasi dengan Menggunakan Metode Ward dan Peppard. Jurnal Sistem Informasi (JSI), VOL. 1, NO. 1.
Widaad,Setiyowati, & Rahman. (2023). Hubungan Dukungan Sosial dan Regulasi Emosi dengan Quarter life crisis Mahasiswa. Jurnal Konseling Inovatif, 3(3), 203-216.
Yanti, B. A. (2021). Analisis Motivasi Belajar SIswa pada Pembelajaran Fisika Melalui Teknik Self Instruction di Kelas VII SMPS Darussa’adah Teupin Raya Kab. Pidie. In repository.ar-raniry.ac.id (Vol. 14, Issue 1). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Yolanda & Primanita. (2023). Hubungan Self Awareness dan Quarter life crisis pada Mahasiswa Akhir Psikologi UNP. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4503-4509.
Zahara. (2024). Social support and quarter-life crisis: Study on students with divorced parents. In Families Mental Health and Challenges in the 21st Century. Routledge Pp. 188-193
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Proyeksi by https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/takaya/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.