Kekerasan Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di Slb X Dalam Perspektif Guru

Firnanda May Triana, Ratna Supradewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kekerasan terhadap anak di sekolah luar biasa x. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini menggunakan 2 responden diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling. Analisis yang dilakukan adalah menggunakan model metode interpretasi oleh Creswell. Setelah peneliti melakukan wawancara secara mendalam dengan kedua subjek penelitian yang telah dipilih. Peneliti menemukan lima hal yang menjadi dasar perilaku yang kurang sesuai atau menyimpang di Sekolah Luar Biasa X. Menurut subjek kekerasan dianggap sebagai bagian dari proses belajar mengajar dan dapat membantu subjek dalam mengkondisikan kelas. Adapun subjek memaknai perilaku kekerasan terhadap anak-anak berkebutuhan khusus karena subjek tidak memiliki kesiapan ketika mengajar, subjek tidak memiliki kualifikasi mengajar anak-anak berkebutuhan khusus, semua subjek tidak memberikan pelayanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan, semua subjek merasa frustasi, semua subjek kesulitan mengatur emosi. Pernyataan tersebut yang menjadi gambaran guru melakukan dan memaknai kekerasan.


Keywords


Kekerasan terhadap anak, Anak Berkebutuhan Khusus, Perspektif Guru

Full Text:

PDF

References


Hadi, A., Asrori, & Rusman. (2019). Penelitian kualitatif studi fenomenologi, case study, grounded theory, etnografi, biografi.

Layyinah, A., Rahmawati, D., Febriana, A. N., Armadana, G. A., & Sartinah, E. P. (2023). Pengertian anak berkebutuhan khusus dan klasifikasi anak berkebutuhan khusus. Endangsartinah@unesa.Ac.Id Program S1 Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, April.

Miller, S. R., & Glick, S. L. (2002). Impact of child abuse and neglect on the development of the child. Journal of Child and Family Studies, 11(2), 199-211.

Raco, J. R. (2010). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik, dan keunggulannya. PT Grasindo, 146.

Ratnaningtyas, E. M., Ramli, Syafruddin, Saputra, E., Suliwati, D., Nugroho, B. T. A., Karimuddin, Aminy, M. H., Saputra, N., Khaidir, & Jahja, A. S. (2022). Metodologi penelitian kualitatif in metodologi penelitian kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Yulianto, M. J. (2014). Konsepsi disabilitas dan pendidikan inklusif. https://doi.org/10.14421/Ijds.010102


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/takaya/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat