Hubungan Antara Kelekatan Pada Orang Tua Dan Komunikasi Interpersonal Dalam Keluarga Dengan Perilaku Asertif Pada Mahasiswa S1 Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Galih Yoka Saputro, Joko Kuncoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kelekatan dan komunikasi interpersonal terhadap perilaku asertif pada mahasiswa S1 Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang Angkatan 2021-2023. Sampel penelitian berjumlah 133 mahasiswa. Sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tiga skala. Skala Perilaku Asertif terdiri dari 24 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,857. Skala kelekatan terdiri dari 18 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,921. Skala komunikasi interpersonal terdiri dari 10 aitem dengan koefisien reliabilitas 0,883 Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara kelekatan dan komunikasi interpersonal dengan R = 0,429 dengan Fhitung = 14,635 dan taraf signifikansi 0,000 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kelekatan pada orang tua dan komunikasi interpersonal dalam keluarga dengan perilaku asertif pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Keywords


Kelekatan, Komunikasi Interpersonal, Perilaku Asertif

Full Text:

PDF

References


Agusdwitanti, H., & Tambunan, S. M. (2015). Kelekatan dan intimasi pada dewasa awal. Jurnal Psikologi, 8(1), 18–24. https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/psiko/article/view/1286

Andharini, D., & Kustanti, E. R. (2020). Hubungan antara kelekatan aman orangtua-anak dengan perilaku prososial pada siswa smp negeri 27 semarang. Jurnal Empati, 9(1), 72–79. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/empati.2020.26924

Anfajaya, M. A., & Indrawati, E. S. (2016). Hubungan antara konsep diri dengan perilaku asertif pada mahasiswa organisatoris fakultas hukum universitas diponegoro semarang. Jurnal Empati, 5(3), 529–532. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/empati.2016.15396

Ardianto. (2016). Pengaruh komunikasi positif dalam keluarga dan komunikasi interpersonal guru terhadap perilaku asertif siswa. Journal of Islamic Education Policy, 1(2), 77–94.

Choirunissa, R., & Ediati, A. (2018). Hubungan antara komunikasi interpersonal remaja orangtua dengan regulasi emosi pada siswa smk. Jurnal Empati, 7(3), 1068–1075. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/empati.2018.21856

Dewirahmadanirwati, D. (2019). Peranan komunikasi interpersonal dilingkungan keluarga dalam membentuk pola komunikasi anak dengan lingkungan sosialnya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 3(3), 31–37. https://e-journal.sastra-unes.com/index.php/JIPS/article/view/381

Ginting, B. O., & Masykur, A. M. (2014). Hubungan antara harga diri dengan asertivitas pada siswa kelas xi sma kesatrian 2 semarang. Jurnal Empati, 3(4), 94–105. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/empati.2014.7564

Purnama, R. A., & Wahyuni, S. (2017). Kelekatan (attachment) pada ibu dan ayah dengan kompetensi sosial pada remaja. Jurnal Psikologi, 13(1), 30–40. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/jp.v13i1.2762

Ragita, S. P., & Fardana, N. A. (2021). Pengaruh keterlibatan ayah dalam pengasuhan terhadap kematangan emosi pada remaja. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental, 1(1)., 417–424. https://doi.org/https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i1.24951

Agusdwitanti, H., & Tambunan, S. M. (2015). Kelekatan dan intimasi pada dewasa awal. Jurnal Psikologi, 8(1), 18–24. https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/psiko/article/view/1286

Andharini, D., & Kustanti, E. R. (2020). Hubungan antara kelekatan aman orangtua-anak dengan perilaku prososial pada siswa smp negeri 27 semarang. Jurnal Empati, 9(1), 72–79. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/empati.2020.26924

Anfajaya, M. A., & Indrawati, E. S. (2016). Hubungan antara konsep diri dengan perilaku asertif pada mahasiswa organisatoris fakultas hukum universitas diponegoro semarang. Jurnal Empati, 5(3), 529–532. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/empati.2016.15396

Ardianto. (2016). Pengaruh komunikasi positif dalam keluarga dan komunikasi interpersonal guru terhadap perilaku asertif siswa. Journal of Islamic Education Policy, 1(2), 77–94.

Choirunissa, R., & Ediati, A. (2018). Hubungan antara komunikasi interpersonal remaja orangtua dengan regulasi emosi pada siswa smk. Jurnal Empati, 7(3), 1068–1075. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/empati.2018.21856

Dewirahmadanirwati, D. (2019). Peranan komunikasi interpersonal dilingkungan keluarga dalam membentuk pola komunikasi anak dengan lingkungan sosialnya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 3(3), 31–37. https://e-journal.sastra-unes.com/index.php/JIPS/article/view/381

Ginting, B. O., & Masykur, A. M. (2014). Hubungan antara harga diri dengan asertivitas pada siswa kelas xi sma kesatrian 2 semarang. Jurnal Empati, 3(4), 94–105. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/empati.2014.7564

Purnama, R. A., & Wahyuni, S. (2017). Kelekatan (attachment) pada ibu dan ayah dengan kompetensi sosial pada remaja. Jurnal Psikologi, 13(1), 30–40. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/jp.v13i1.2762

Ragita, S. P., & Fardana, N. A. (2021). Pengaruh keterlibatan ayah dalam pengasuhan terhadap kematangan emosi pada remaja. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental, 1(1)., 417–424. https://doi.org/https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i1.24951


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/takaya/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat