Hubungan Antara Agresivitas, Religiusitas, Dan Perilaku Prososial Pada Anak-Anak Yayasan Komusitas Harapan Kota Semarang

Badikh Salsabil Hasim, Retno Anggraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara agresivitas, religiusitas, dan perilaku prososial pada anak-anak Yayasan Komunitas Harapan Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif  dengan melibatkan 60 responden yang berusia 7-14 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Data dikumpulkan menggunakan skala perilaku prososial terdiri dari 18 item yang memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,811, skala agresivitas terdiri dari 17 item yang memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,841, dan skala religiusitas terdiri dari 17 item yang memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,821. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik regresi berganda. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa model yang dibangun memiliki nilai R Square (R²) sebesar 0,441, yang mengindikasikan bahwa 44,1% variasi dalam perilaku prososial dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen, dengan kontribusi efektivitas parsial religiusitas lebih besar (15,76%) dibandingkan agresivitas (10,11%). Nilai R sebesar 0,664 menandakan adanya hubungan yang cukup kuat antara variabel independen dan dependen. Uji F menunjukkan nilai sebesar 22,510, dengan signifikansi yang signifikan (p < 0,05), menyiratkan bahwa model secara keseluruhan dapat diterima. Analisis koefisien, variabel agresivitas memiliki koefisien tidak terstandarisasi sebesar -0,315 dengan nilai signifikansi 0,030, menunjukkan pengaruh negatif yang signifikan terhadap perilaku prososial. Sebaliknya, variabel religiusitas menunjukkan koefisien tidak terstandarisasi sebesar 0,451 dengan nilai signifikansi 0,008, yang berarti memiliki pengaruh positif yang signifikan. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya religiusitas dalam meningkatkan perilaku prososial, sementara agresivitas cenderung menurunkannya.


Keywords


Agresivitas, Religiusitas, Perilaku Prososial.

Full Text:

PDF

References


Birkan, U., & Ozkan. (2021). Religiosity/Spirituality, Affective Moral Reasoning, and Generative Altruism: a Study on Students in Muslim Societies. Psycho-Educational Research Reviews |, 10(2), 163–175. https://www.journals.lapub.co.uk/index.php/PERR

Clark, E. M., Ma, L., Williams, B. R., Ghosh, D., Park, C. L., Schulz, E., Woodard, N., & Knott, C. L. (2023). A longitudinal study of social, religious, and spiritual capital and physical and emotional functioning in a national sample of African–Americans. Journal of Community Psychology, 51(3), 978–997. https://doi.org/10.1002/jcop.22936

Desvianti, E. (2023). Menurunkan Perilaku Agresif Siswa Taman Kanak-kanak Melalui Aktivitas Bermain Peran Prososial. Generasi Emas, 6(1), 58–67. https://doi.org/10.25299/ge.2023.vol6(1).11424

Hantono, D., & Pramitasari, D. (2018). Aspek Perilaku Manusia Sebagai Makhluk Individu dan Sosial. National Academic Journal of Architecture, 5(2), 85–93.

Lestari, S. S., & Witri, T. M. (2019). Hubungan Antara Religiusitas dan Kecerdasan Emosional Terhadap Komunikasi Sosial. Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau, 7(1), 1–17. https://journal.uir.ac.id/index.php/Medium/article/view/3785%0Ahttps://journal.uir.ac.id/index.php/Medium/article/download/3785/1983

Mumtahanah, S., & Casmini, C. (2024). Peta Hasil Intervensi Perilaku Agresif Anak Pada Masa Taman Kanak - Kanak Sampai Sekolah Dasar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 619–630. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i1.1399

Nurhayati. (2016). PERILAKU AGRESIVITAS DALAM BERINTERAKSI DENGAN TEMAN SEBAYA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Jurnal, 66, 37–39.

Putra. (2021). HUBUNGAN ANTARA TINGKAT STRES DENGAN AGRESIVITAS PADA CAREGIVER LANSIA.

Rahayu, F. (2021). Pengaruh Empati Terhadap Perilaku Prososial. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Rika, S., Elan, E., & Edi Hendri, M. (2018). Mengurangi Perilaku Agresif Anak Usia Dini Melalui Bermain Peran. Jurnal PAUD Agapedia, 7(1), 208–213. https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/view/63950

Romiyati, A. (2023). Hubungan Empati Dengan Perilaku Prososial Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling Universitas Jambi. Bimbingan Dan Konseling, 7, 1–51. https://repository.unja.ac.id/43899/%0Ahttps://repository.unja.ac.id/43899/7/skripsi full asri.pdf

Sera Lapanda, Sofia, A., & Drupadi, R. (2022). Hubungan Empati dengan Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1–7. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol4.no2.a5817


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/takaya/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat