Kota Mekanis

Tjoek Suroso Hadi

Abstract


Abstrak

 

Kota merupakan hasil karya manusia yang secara naluriah menghimpunkan diri mereka ke dalam sebuah kawasan, dan beraktifitas sesuai dengan bidangnya masing-masing. Dari kawasan yang semula kecil, dan perkembangan selanjutnya kota menjadi sebuah kawasan yang sangat luas, sesuai dengan tingkat perkembangan jumlah penduduknya. Dari penduduk kota inilah, sebuah kota dapat tumbuh dan berkembang, serta mampu membuat dinamika kota itu sendiri. Aktifitas penduduk kota dengan berbagai macam ragam latar belakangnya menjadi unik, hal ini disebabkan karena, pertumbuhan dan perkembangan kota tidak akan lepas dari kondisi sosial dan budaya masyarakatnya.

Kesemrawutan kota ditinjau dari kacamata arsitektur, merupakan sebuah tatanan yang tidak baik, dan dianggap kurang manusiawi. Oleh seorang perancang kota , sebuah kota dibuat melalui tahapan dan konsep yang matang,  agar kota menjadi lebih menarik dan berkarakter. Demikian juga dalam pengaturan pengguna masyarakatnya, seringkali masih mewarnai kondisi kota itu sendiri.

Kajian ini lebih mengedepankan pada aspek, fisik perkotaan dan perilaku pengguna  dari masyarakatnya.

Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah memakai pendekatan diskriptip empirik, serta pengalaman penulis dalam menikmati sebuah perkotaan.

 

Kata kunci : Urban Design, dan perilaku pengguna.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.