Kajian Pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Pada Area Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Studi Kasus : Kota Nanga Bulik Kabupaten Lamandau

Aprimeno Sabdey, Soedarsono ., M Faiqun Niam

Abstract


ABSTRAK

Nanga Bulik sebagai ibukota Kabupten Lamandau, tidak terlepas dari persoalan sampah perkotaan Lokasi TPA ini dilihat dari pola ruang menurut kepmenhut no.529 tahun 2012 tentang penunjukan kawasan hutan di kalimantan tengah, masuk dalam Area Penggunaan Lain (APL) dan hampir seperempat bagian masuk dalam Kawasan Hutan (lebih tepatnya Kawasan Hutan Produksi) yang nota benenya hanya boleh digunakan untuk kegiatan budidaya kehutanan. Selain itu Kementrian PU melalui Satker PPSP Provinsi Kalimantan Tengah Ditjen Cipta Karya menghimbau pengelola TPA untuk tidak menanam pepohonan di dalam area TPA yang bisa menghambat sinar matahari masuk ke TPA dalam rangka mempercepat proses penguapan.

Selain itu, untuk mengurangi pencemaran bau ke masayarakat yang berada disekitarnya, diperlukan green buffer berupa pepohonan yang mengeliling TPA. Kalau buffer ini ditanam di dalam area TPA, maka luasan yang ada akan semakin berkurang. Oleh karena itulah diperlukan kebijakan yang mengarah pada kerjasama dengan masyarakat pemilik lahan disekitar RTH untuk tetap mempertahankan pepohonan di lahan miliknya atau perlu terobosan-terobosan lain untuk mengatasi persoalan ini.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan signifikansi dari rencana pembangunan RTH di TPA Sampah ini bagi pembangunan RTH Kota Nanga Bulik secara umum dan Mengetahui strategi yang harus dilakukan dalam pembangunan RTH di TPA Sampah Kota Nanga Bulik.

Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi rasional, persepsi abstrak, persepsi visual, tangible dan keyakinan/jaminan secara serentak atau bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja jalur pedestrian. Hal ini diketahui dari hasil uji F, dimana nilai F-hitung lebih besar daripada F-Tabel serta nilai signifikansi uji F yang kurang dari nilai taraf keberartian (5 %). Secara parsial masing - masing variabel berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja jalur pedestrian. Variabel yang paling berpengaruh terhadap kinerja jalur pedestrian adalah variabel persepsi visual dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,327.

 
 

Kata kunci: Ruang Terbuka Hijau, kinerja jalur pedestrian, SPSS, Uji Regresi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.