ANALISIS KEBUTUHAN SISTEM PENGELOLAAN DATA WAJIB PAJAK MENGGUNAKAN METODE PENDEKATAN PIECES

Jodi Setiawan, Muhammad Leandri Dalafranka

Abstract


Abstract
Banyak perusahaan, instansi dan organisasi yang belum memanfatkan sebuah sistem yang efisien dalam aktivitas kerjanya. Hal ini juga masih belum diterapkan secara penuh di setiap divisi terutama pada divisi bagian pendataan dan penagihan UPTB Pengelolaan Pendapatan Daerah Palembang I, Proses pengolahan data Wajib Pajak perlu konfirmasi kebagian loket dan bapenda siapa saja yang sudah membayar pajak dari surat pemberitahuan sebelumnya dan ini memakan banyak waktu karna proses yang masih manual belum terintegerasi dalam satu sistem yang utuh antara bagian bapenda, penagihan dan loket. Apabila aktivitas penagihan mengalami permasalahan maka akan berdampak dengan kegiatan internal dan eksternal instansi bukan hanya kegiatan namun juga berdampak pada pelayanan masyarakat dan hubungan kinerja instansi, maka dilakukan analisis menggunakan pendekatan PIECES untuk mengetahui kekurangan pada proses pengelolaan data wajib pajak di UPTB Pengelolaan Pendapatan Daerah Palembang I. Pada penelitian ini akan mempelajari dan menganalisis kebutuhan sistem pengelolaan data wajib pajak pada UPTB Pengelolaan Pendapatan Daerah Palembang I. Dari hasil analisis yang didapat peneliti menggunakan Analisis PIECES yaitu ditinjau dari aspek Performance, Information, Economy, Control, Efficiency and Service. Dari hasil analisis terdapat kelemahan dan kekurangan dari sistem yang sedang berjalan, maka peneliti memberikan spesifikasi rekomendasi sistem baru sesuai dengan analisis PIECES yang telah dilakukan.

Kata kunci: Analisis, sistem, wajib pajak, metode pieces

 


Full Text:

PDF

References


K. P. Utomo and Daryoto, “Analisis Sistem Proses Pengelolaan Surat Masuk Dan Keluar Di Pemerintah Kota Bekasi (Studi Kasus Pada Bagian Bina Ekonomi, Pembangunan Dan Bina Ketahanan Pangan Sekretariat Daerah Kota Bekasi),†J. Adm. dan Kesekretarisan, vol. 3, no. 1, pp. 10–19, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.stiks-tarakanita.ac.id/index.php/JAK/article/view/133.

N. Z. dan I. Kanedi, “Sistem Administrasi Pelayanan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu,†J. media infotama, vol. 7, 2011.

dan A. R. S. Dewi, R. R. Marchada, “Analisa PIECES Penerapan Digital Monitoring Informasi Penyewaan Ruko Pasar 8 pada PT. Alam Sutera Realty, Tbk,†SENTIKA, vol. 2, 2016.

Utama Yadi, “Sistem Informasi Berbasis Web Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya,†J. Sist. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 359–370, 2011, [Online]. Available: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/article/view/738.

Nugraha, “Analisis Sistem Informasi Pelayanan Desa XYZ Menggunakan Kerangka Kerja PIECES,†J. Nas. JMII, vol. 2, 2017.

S. SYAHABIAH, “Sistem Informasi Administrasi Pasien Pada Klinik Su’Adah Palembang Berbasis Web,†2016, [Online]. Available: http://repository.radenfatah.ac.id/10840/.

R. Hardi, “Menggunakan Kerangka Pieces ( Studi Kasus Perpustakaan Stitek Bontang ),†J. Ilm. Teknol. Inf. Terap., vol. I, no. 3, pp. 15–21, 2015.

E. Susena, E. Utami, and A. Sunyoto, “Perencanaan Strategis Sistem Informasi Smart Campus Untuk Meningkatkan Pelayanan di Politeknik Indonusa Surakarta,†J. Sainstech Politek. Indonusa Surakarta, vol. 1, no. 3, pp. 1–17, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.