Sistem Informasi Geografis Pemetaan Sekolah Dasar di Kabupaten Timor Tengah Utara Berbasis Web

Yudith Botha, Yoseph P.K, Risald Risald

Abstract


Persebaran sekolah dasar yang banyak di Kabupaten Timor Tengah Utara membuat masyarakat kesulitan mencari informasi tentang sekolah-sekolah tersebut serta sulit menemukan rute perjalanan yang tepat. Sistem informasi geografis ini dibuat dengan tujuan untuk membantu Dinas Pendidikan Kabupaten Timor Tengah Utara agar memudahkan masyarakat umum dalam mencari lokasi sekolah dasar berdasarkan kecamatan sampai kelurahan/desa, informasi tentang sekolah, guru, menemukan rute perjalanan menuju lokasi sekolah, foto sekolah yang dapat diakses melalui website. Metode yang digunakan adalah metode waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah Sistem Informasi Geografis Pemetaan Sekolah Dasar di Kabupaten Timor Tengah Utara Berbasis Web yang berisi informasi tentang sekolah dasar, rute perjalanan, serta peta persebaran sekolah. Sehingga dengan adanya sistem informasi geografis yang dibuat oleh penulis, dapat mempermudah masyarakat mencari informasi sekolah dasar, peta penyebaran sekolah dasar dan pemetaannya, beserta rute perjalanan menuju lokasi sekolah dalam satu website.

Keyword: Pemetaan, Sekolah, Sistem Informasi Geografis, Waterfall, Website


Full Text:

PDF

References


Irwansyah, E. (2013). Sistem Informasi Geografis. Yogyakarta : Digibooks.

Daryanto. (1997). Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Bunafit, N. (2004). Pemrograman Web Dinamis dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta : Gava Media.

Soeherman, B & Pinontoan, M. (2008). Designing Information System. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo

Husaini, M. A. (2017). Sistem Informasi Geografis (SIG) Pemetaan Sekolah Berbasis Web DI Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar. ANTIVIRUS: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 11 (1).

Irwansyah, E. (2013). Sistem Informasi Geografis. Yogyakarta : Digibooks.

Nazir. (1988). Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Prahasta, E. (2002). Sistem Informasi Geografis : Konsep-Konsep Dasar. Bandung : Penerbit Informatika.

Putra, S.H. (2020). Penerapan Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Untuk Pengembangan Pariwisata Pada Kabupaten Langkat. InfoTekjar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan, 5 (1).

Renaldi, R. (2020). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Sekolah Menengah Atas / Sederajad di Kota Surakarta Menggunakan Leaflet Javascript Library Berbasis Website. Emitor : Jurnal Teknik Elektro, 20 (02).

Annugerah, A. (2016). Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Pemetaan Lokasi Oleh-Oleh Khas Samarinda. Jurnal Informatika Mulawarman, 11 (2).

Anonim. (2021). Kabupaten Timor Tengah Utara. Wikipedia Indonesia. Diakses 20 11, 2021, dari Wikipedia Ensiklopedia Bebas.

Pressman, Roger S. (2002).Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta : Andi.

Ghozali, M. F. (2020). Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis Untuk Pemetaan Sekolah SMA/SMK di Kota Malang Berbasis Web. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, 4 (2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.