Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Rapid Application Development (Studi Kasus Puskesmas Lurasik, Kabupaten Timor Tengah Utara)

Rosalinda Hoar Taitoh, Yoseph P.K. Kelen, Krisantus J. Tey Seran

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem informasi pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) bagi pasien di Puskesmas Lurasik yang tepat sesuai prosedur pelayanan KIA. Sistem Informasi ini dibangun dengan menggunakan metode Rapid Application Development (RAD). Pelayanan KIA di Puskesmas Lurasik saat ini meliputi pemberian informasi kegiatan Program KIA, proses pendaftaran pasien, pencatatan hasil pemeriksaan, pencatatan pemberian imunisasi atau vitamin kepada ibu dan anak, dan laporan harian maupun bulanan masih menggunakan pencatatan dalam buku. Pencatatan manual dalam buku ini, menyebabkan terjadinya duplikasi data dan pencatatan manual ini akan bertambah setiap harinya, begitu juga kertas yang dibutuhkan banyak, serta kertas yang digunakan akan rusak karena termakan usia, dan juga memerlukan banyak ruang penyimpanan. Untuk itu dibutuhkan sebuah sistem informasi yang bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses pemantauan dan evaluasi program KIA di Puskesmas Lurasik. Dengan adanya sistem ini, membantu mempercepat proses pelayanan dan pembuatan laporan secara otomatis serta mengetahui hasil perkembangan pelaksanaan program KIA di Puskesmas Lurasik.

Keyword: Sistem Informasi, Puskesmas, KIA, RAD


Full Text:

PDF

References


Ratnasari , et al., "Sistem Informasi Administrasi Pasien Rawat Jalan dan Rawat Inap Berbasis Web Pada Puskesmas Tanjung Raja," JUSIFO (Jurnal Iistem Informasi), 1 (1), 11-20, 2015.

D. Zhang, et al., "Common Mode Circulating Current Control of Interleaved Three-Phase Two-Level Voltage- Source Converters with Discontinuous Space-Vector Modulation," 2009 IEEE Energy Conversion Congress and Exposition, 10 (1), 6-12, 2009.

Pricillia,T, "Perbandingan metode Pengembangan Perangkat Lunak (Waterfall,Prototype, RAD),"Jurnal Bangkit Indonesia, vol. 10, pp. 65-71, 2021.

Muntihana,V, et al., "Berbasis Web Dan Android Pada Klinik Gigi Lisda.,"vamila muntihanaâ€, 2017.

Irna,f, “Metode Penelitian Terapanâ€,2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.