RANCANG BANGUN APLIKASI UNTUK INFORMASI PERAWATAN TANAMAN MENGGUNAKAN METODE WATERFALL

Nurul Fatimah Az Zulaicha, Firyal Marsha Adella, Akmalia Fatimah, Badie'ah Badie'ah

Abstract


Pelestarian lingkungan hidup perkotaan seperti lahan hijau semakin sulit ditemukan, terutama di kota-kota besar. Sehingga, polusi udara lazim di daerah perkotaan, dengan banyaknya pabrik beroperasi dan kendaraan yang sangat padat. Di sisi lain terdapat permasalahan yang sama pentingnya yaitu penanganan kesehatan mental yang tidak efektif. Tujuan: Untuk mengurangi polusi udara dan memangkas kasus kesehatan mental yang penanganannya tidak efektif. Metode: Pembuatan aplikasi menggunakan metode sekuensial linier (waterfall). Metode waterfall merupakan metode pengembangan perangkat lunak yang sistematik dan sekuensial.Aplikasi berbasis website dengan judul “Tanduranâ€, berisi berbagai informasi mengenai tanaman serta berbagai cara untuk perawatannya.Dengan website ini diharapkan semakin banyak orang yang menyukai tanaman, melestarikannya dan dapat merawat tanaman dengan baik. Serta dapat menjadikannya sebagai hobi dan kegiatan yang dapat mengurangi stres psikologis, sehingga permasalahan kesehatan mental dapat berkurang. Selain itu, dengan banyaknya tanaman yang ditanam, juga diharapkan dapat mengurangi permasalahan polusi udara yang semakin meningkat.

Kata Kunci: Polusi Udara, Kesehatan Mental, Perawatan Tanaman, Aplikasi Berbasis Website, Waterfall



Full Text:

PDF

References


Putri SE, Ayodya BP. PENGADAAN PENGHIJAUAN DAN EDUKASI PENTINGNYA MELAKUKAN PENGHIJAUAN DI JALAN PANGERAN DIPONEGORO NO. 41 RT 03 RW 05 TAMANAN KECAMATAN TULUNGAGUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG. In: Seminar Patriot Mengabdi. 2022. p. 107–12.

Egerer M, Lin B, Kingsley J, Marsh P, Diekmann L, Ossola A. Gardening can relieve human stress and boost nature connection during the COVID-19 pandemic. Urban For urban Green. 2022;68:127483.

Amalia N, Rachman O, Rahayu DP. PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PERTANIAN BERBASIS KECERDASAN BUATAN (E-TANDUR) DALAM MENUNJANG PERTUMBUHAN PERTANIAN MASYARAKAT DAERAH KABUPATEN BANDUNG DENGAN METODE GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM (GIS) DAN INTERNET OF THINGS (IOT). J Inform dan Rekayasa Elektron. 2022;5(1):121–30.

Setiyani L. Desain Sistem: Use Case Diagram. In: Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK). 2021. p. 246–60.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.