Deteksi Ketersediaan Tempat Parkir menggunakan Mask R-CNN (Studi Kasus : Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Sultan Agung)

Ahmad Ayudhawara, Bagus Satrio Waluyo Poetro, Muhammad Qomaruddin

Abstract


Tempat parkir merupakan sarana yang dibutuhkan hampir oleh setiap orang, dan lagi jumlah pemilik kendaraan bermotor di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Hal tersebut dapat menjadi suatu permasalahan untuk pengguna kendaraan untuk dapat menemukan lahan parkir yang semakin sedikit. Di zaman sekarang ini sudah banyak metode yang digunakan untuk dapat memudahkan sistem perparkiran, salah satunya dengan menggunakan ilmu citra digital. Sistem ini menggunakan metode deteksi objek pada citra digital yaitu Mask R-CNN dimana metode tersebut dapat mendeteksi banyak objek pada satu frame dengan hasil keluaran yang lebih lengkap. Sistem ini dibangun agar memudahkan pengguna kendaraan mobil untuk mencari lahan parkir yang masih kosong. Pengujian sistem ini menggunakan tiga sampel video dengan tempat dan kondisi yang berbeda. Hasil pengujian menunjukkan untuk rata-rata akurasi ketersediaan tempat parkir sebesar 96%, namun akurasi untuk deteksi objek kendaraan masih belum bagus.

Keyword: mask r-cnn, parkir, deteksi objek.


Full Text:

PDF

References


B. P. Statistik, “Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis (Unit), 2018-2020,†2020. https://www.bps.go.id/indicator/17/57/1/jumlah-kendaraan-bermotor.html.

Yusnita R; Norbaya F; Basharuddin N, “Intelligent Parking Space Detection System Based on Image Processing,†Int. J. Innov. Manag. Technol., vol. Vol. 3, No, 2018.

E. Odemakinde, “Everything about Mask R-CNN: A Beginner’s Guide,†viso.ai, 2021. https://viso.ai/deep-learning/mask-r-cnn/.

COCO, “What is COCO?,†cocodataset.org. https://cocodataset.org/#home.

W. Abdulla, “Mask R-CNN for object detection and instance segmentation on Keras and TensorFlow,†Github, 2017. github.com/matterport/Mask_RCNN.

NVIDIA Developer, “About CUDA,†NVIDIA. https://developer.nvidia.com/about-cuda.

Kukil, “Intersection over Union (IoU) in Object Detection and Segmentation,†LearnOpenCV, 2022. https://learnopencv.com/intersection-over-union-iou-in-object-detection-and-segmentation/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.