SISTEM PENGAMANAN DOKUMEN PENGAJUAN HAK PATEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE STEGANOGRAFI LINE SHIFTING

Ahmad Saifurrohman, Bagus Satrio Waluyo Poetro, Moch Taufik

Abstract


Dokumen digital merupakan salah satu jenis data yang mudah dikirim dan diduplikasi melalui internet, sehingga rawan terkena serangan. Kemudahan ini bisa dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindakan yang dapat merugikan hak cipta dokumen tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan teknik yang dapat menyembunyikan data dalam media sebagai watermark tanpa mengurangi atau merubah informasi yang adapada dokumen tersebut, teknik ini disebut steganografi. Dengan steganografi, data tersebut tidak terlihat oleh pihak yang tidak berwenang dan tidak menimbulkan kecurigaan terkait dengan keberadaan data tersebut. Saat melakukan uji sistem menggunakan white box, program ini tidak memiliki error saat dijalankan. Dengan percobaan pada lima kasus uji, hanya satu percobaan yang mengalami kegagalan saat di deocde ulang. Yaitu pengujian terhadap dokumen pdf hanya memiliki satu halaman dan pesan disisipkan sebanyak 35 karakter. Dalam penerapan steganografi line shifting untuk dokumen, masih ada karakter yang bukan merupakan karakter pesan yang tercetak pada saat proses decode.

Keyword: Dokumen digital, Steganografi, Line Shifting.


Full Text:

PDF

References


N. Ratama dan Munawaroh, “Implementasi Metode Kriptografi dengan Menggunakan Algoritma RC4 dan Steganografi Least Significant Bit Dalam Mengamankan Data Berbasis Android,†Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 6, no. 2, hlm. 1272–1281, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i2.3902.

D. Riansyah, A. Wijaya, S. Kom, H. Suroyo, S. Si, dan M. Kom, “IMPLEMENTASI PENGAMANAN DOKUMEN MENGGUNAKAN METODE STEGANOGRAFI LINE-SHIFTING.â€

I. Adiniarti, “Implementasi Steganografi Pada Media Teks Dengan Metode Line-Shift Coding dan Metode Centroid,†2009.

I. M. Yusup, Carudin, dan I. Purnamasari, “Implementasi Algoritma Caesar Cipher Dan Steganografi Least Significant Bit Untuk File Dokumen,†Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 6, no. 3, Des 2020, doi: 10.28932/jutisi.v6i3.2817.

S. Abdurrahman dan A. Prapanca, “Pengamanan File Dokumen Ujian Dengan Image Steganography Metode Lsb,†Journal of Informatics and Computer Science, vol. 03, 2021.

E. Nirmala, “Penerapan Steganografi File Gambar Menggunakan Metode Least Significant Bit (LSB) dan Algoritma Kriptografi Advanced Encryption Standard (AES) Berbasis Android,†Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol. 5, no. 1, hlm. 36, 2020, doi: 10.32493/informatika.v5i1.4646.

D. Riansyah dkk., “Implementasi Pengamanan Dokumen Menggunakan Metode Steganografi Line-,†eprints.binadarma.ac.id, hlm. 1–8, 2022, [Daring]. Available: http://eprints.binadarma.ac.id/10610/1/if025_penelitian_s1.pdf

M. Gilvy Langgawan Putra, M. Ihsan Alfani Putera, P. Studi Informatika, dan J. Matematika dan Teknologi Informasi Institut Teknologi Kalimantan, “ANALISIS PERBANDINGAN METODE SOAP DAN REST YANG DIGUNAKAN PADA FRAMEWORK FLASK UNTUK MEMBANGUN WEB SERVICE,†2019. Diakses: Des 29, 2022. [Daring]. Available: http://www.ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/scan/article/view/1480/1213


Refbacks

  • There are currently no refbacks.