Pengembangan Sistem Monitoring Manajemen Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung Berbasis REST API

Hisnan Faudan Azmia, Imam Much Ibnu Subroto, Suryani Alifah

Abstract


Penelitian ini menerapkan teknologi web services dengan metode REST API pada Sistem Monitoring Manajemen Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung untuk mengintegrasikan sistem yang berbeda platform dari unit yang berbeda sehingga kebutuhan informasi yang lengkap. Pengujian menunjukkan bahwa teknologi REST API berhasil merealisasikan interoperabilitas antara Sistem Monitoring Manajemen YBWSA dengan dua sistem lainnya yang berbeda platform. Pengujian REST API dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan memasukan parameter sesuai dengan desain dari API Endpoint, dari pengujian tersebut REST API dapat mengembalikan data sesuai dengan parameter yang digunakan, kemudian jika data yang dicari maka akan mengembalikan HTTP Status Code ‘404’ (Not Found) dan jika parameter tidak sesuai maka REST API mengembalikan data dalam kondisi default atau tanpa parameter, dan pengujian kecepatan dari pengujian yang dilakukan terjadi perbedaan ketika menggunakan parameter dengan tidak menggunakan parameter misalkan pada API Endpoint /unissula/penelitian yang dilakukan sebanyak 10 kali yang masing-masing dalam satuan milisecond (ms). Untuk rata-rata kecepatan tanpa menggunakan parameter adalah 106, 2 milisecond, sedangkan dengan menggunakan parameter “judul=learning&kdProdi=55201†adalah 80 milisecond. Kecepatan request dari REST API dipengaruhi beberapa hal yaitu, penggunaan query, ukuran dari database, optimalisasi database seperti penggunaan query, index dalam tabel dan kecepatan jaringan internet.

Kata Kunci : Interoperabilitas, REST API, Web Services


Full Text:

PDF

References


B. Cooksey, An Introduction To API’S. Zapier.Inc, 2014.

D. H. Setiabudi dan I. K. Julistiono, “Pengujian Penggunaan Simple Object Access Protocol (SOAP) pada Remote Procedure Call (RPC),†J. Tek. Elektro Univ. Kristen Petra, vol. 5, no. 1, hal. 38–44, 2005.

S. Abeysinghe, RESTful PHP Web Services. Packt Pub., 2008.

S. Cirani, G. Ferrari, M. Picone, dan L. Veltri, Internet of Things Architectures, Protocols and Standards. Wiley, 2018.

L. Richardson dan S. Ruby, RESTful Web Services. O’Reilly Media, 2008.

R. Anthus dan D. Prawira, “Rancang Bangun Sistem Informasi Peringatan Dini Kejadian Luar Biasa Menggunakan Model Interoperabilitas Dan Arsitektur Rest,†J. Komput. dan Apl., vol. 08, no. 01, hal. 122–131, 2020.

W. G. Wardhana, I. Arwani, dan B. Rahayudi, “Implementasi Teknologi Restful Web Service Dalam Pengembangan Sistem Informasi Perekaman Prestasi Mahasiswa Berbasis Website ( Studi Kasus : Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya ),†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 4, no. 2, hal. 680–689, 2020.

M. D. Rafiqi, E. Subyantoro, dan D. K. W, “Implementasi Arsitektur Microservice Pada Aplikasi Online Travel Tourinc,†no. 1, hal. 1–10, 2020.

F. Al Isfahani, F. Nugraha, R. Mubarok, dan A. Rahmatulloh, “Implementasi Web Service untuk Aplikasi Pemantau Coronavirus Disease 2019,†Innov. Res. Informatics ( Innov. ), vol. 2, no. 1, hal. 33–39, 2019.

F. Salamun, P. Studi, T. Informatika, dan U. P. Bandung, “Implementasi Web Service pada Aplikasi Mobile untuk Mendukung Sistem Informasi di Bandung N-Max Community,†hal. 8–9, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.