Analisis Kepuasan Siswa SMKK Immanuel 1 Pontianak dalam Menggunakan Microsoft Teams Sebagai Media Pembelajaran

Kelly Kirsten Audrey, Afifah Trista Ayunda

Abstract


Microsoft Teams adalah aplikasi dari Microsoft yang memiliki fitur utama yang dapat mengadakan kolaborasi atau rapat secara daring. Siswa di SMKK Immanuel 1 Pontianak menggunakan aplikasi Microsoft Teams sebagai media pembelajaran selama proses pembelajaran jarak jauh. Objektif dari penelitian ini adalah mengetahui kepuasan siswa dalam menggunakan Microsoft Teams dalam menunjang pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif. Teknik perolehan data adalah menggunakan kuesioner yang diisi oleh mahasiswa siswa SMKK Immanuel 1 Pontianak sebagai responden. Sebanyak 54 kuesioner sudah terisi dan yang valid berjumlah 54 kuesioner. Variabel yang digunakan untuk mengetahui kelengkapan fitur dan kemudahan siswa dalam mengikuti pembelajaran daring adalah kelengkapan dan bervariasinya fitur dalam Microsoft Teams, kemudahan siswa dalam mengumpulkan tugas menggunakan Microsoft Teams, melihat kemudahan notifikasi, berdiskusi dan mendengar penjelasan guru. Berdasarkan hasil analisis dan dikategorikan ke kriteris persepsi responden didapatkan hasil akhir 75,34 yang berarti menyatakan bahwa siswa SMKK Immanuel 1 Pontianak sudah puas dengan fitur-fitur yang tersedia memberikan kemudahan dalam mengumpulkan tugas, kemudahan dalam melihat notifikasi, dan kemudahan dalam berdiskusi dan mendengar penjelasan guru, namun cukup sering terjadi gangguan pada sistem Microsoft Teams yang menyebabkan pengumpulan tugas menjadi terhambat.

Keyword: Aplikasi, Microsoft Teams, Media Pembelajaran, Smart School, UI/UX


Full Text:

PDF

References


F. A. Pratama, “Jurnal Ekologi, Masyarakat dan Sains,†2022, doi: 10.55448/ems.

Y. Khadaffi dan W. Kurnia, “Aplikasi Smart School Untuk Meningkatkan Produktivitas Guru di Era New Normal (Studi Kasus : SMAN 1 KRUI),†Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer, vol. 5, no. 2, 2021.

A. Mardhiyyah, S. Sulistyani, A. Wicaksono, dan K. Khoiriyah, “STUDENT LEARNING EXPERIENCE THROUGH MICROSOFT TEAMS DURING THE PANDEMIC ERA,†Premise: Journal of English Education, vol. 11, no. 3, hlm. 691, Okt 2022, doi: 10.24127/pj.v11i3.5865.

W. Budiaji, “skala-pengukuran-dan-jumlah-respon-skala-likertâ€.

S. Syofian, T. Setiyaningsih, dan N. Syamsiah, “OTOMATISASI METODE PENELITIAN SKALA LIKERT BERBASIS WEB.â€

M. Suradji, “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN MATERI,†2021.

Y. Fitriani, “JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing),†2020. [Daring]. Tersedia pada: http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisicomTelp.+62-21-3905050,

A. R. Novianto dan S. Rani, “Pengembangan Desain UI/UX Aplikasi Learning Management System dengan Pendekatan User Centered Design,†2022. [Daring]. Tersedia pada: https://nngroup.com

N. Evans, “Microsoft Teams Supports Authentic Assessment of Learning,†Journal of Teaching and Learning with Technology, vol. 11, no. 1, Des 2022, doi: 10.14434/jotlt.v11i1.34595.

H. Himawan dan M. Yanu, “Buku_InterfaceUSERExperience_MangarasYanuFâ€.

Y. Yanfi dan P. D. Nusantara, “UI/UX design prototype for mobile community-based course,†Procedia Comput Sci, vol. 216, hlm. 431–441, 2023, doi: 10.1016/j.procs.2022.12.155.

B. T. Mahardika, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAGEMENT SISWA BERPRESTASI BERBASIS ANDROID PADA SMK PGRI RAWALUMBU,†2020.

A. Widarma dan S. Rahayu, “PERANCANGAN APLIKASI GAJI KARYAWAN PADA PT. PP LONDON SUMATRA INDONESIA Tbk. GUNUNG MALAYU ESTATE-KABUPATEN ASAHAN.â€

A. Rachmat, B. Hamzah, dan M. Niswar, “Evaluation of Academic Information System Using Delone and Mclean Success Model: A Case Study of Academic Information System Hasanuddin University,†2022.

Jumroni, J. Juwito, dan B. Tiara, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI,†2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.