Pemanfaatan Sumber Listrik Tenaga Surya Sebagai Catu Daya Perangkap Dan Pengusir Hama Tanaman Padi Berbasis Mikrokontroller

Maratus Sarofah, Fitroh Amaluddin, Amaludin Arifia, Ainur Rochmah

Abstract


Proses budidaya padi yang dilakukan oleh petani selama ini tidak terlepas dari serangan hama yang mengakibatkan gagal panen, berbagai upaya telah dilakukan untuk menanggulangi serangan hama salah satunya penggunaan pestisida yang dapat berdampak pada kesuburan tanah, serta menjaga padi dari serangan burung pada musim panen. Penelitian ini dilakukan guna untuk mengurangi serangan hama pada tanaman padi, serta untuk mengurangi penggunaan pestisida secara berlebihan yang akan berdampak pada kesuburan tanah. Dalam penelitian ini menghasilkan sebuah alat pengusir burung serta perangkap hama pada malam hari dengan bantuan cahaya lampu yang memanfaatkan sumber listrik tenaga surya sebagai suplay energi pada alat ini. Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem alat yang dihasilkan mampu memerangkap beberapa jenis serangga pengganggu pada malam hari dengan bantuan cahaya lampu, banyak sedikitnya jenis serangga yang terperangkap dapat dipengaruhi oleh kondisi cuaca dan tempat, yang mana lampu akan menyala otomatis dengan menggunakan sensor LDR, serta dapat mengusir burung pemakan padi dengan bantuan sensor PIR dan suara burung elang ketika ada burung yang mendekati area persawahan, alat ini hanya dapat menjangkau pergerakan hewan yang melintas didepanya terjauh 7 meter dan tidak dapat menjangkau hewan yang melintas dibelakang-Nya, ke depannya alat ini dapat dikembangkan lagi sesuai dengan kebutuhan pada industry pertanian.

Keyword: LDR, PIR, Tenaga Surya


Full Text:

PDF

References


Adhitya, Nanag Ika. (2018). Prototipe Alat Pengusir Hama Burung Pemakan Padi di Sawah Berbasis Arduino Uno. Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika, 7(3), 67–78.

Aditia, Felix Rizky. (2017). Perancangan Tenaga Surya Lampu Celup Bawah Air (LACUBA) Pada Bagan Apung. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Agust,Tiara Rizkia, Ahmad Aminudin, Andhy Setiawan. (2019). Sistem Cerdas Pengusir Burung Pipit Sebagai Hama Padi Menggunakan Passive Infrared Dan Pembangkit Ultrasonik. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Agustina.(2020). Kontrol Electron Conductivity Larutan Nutrisi Hidroponik Sistem Nutrient Film Technique (NFT) Berbasis IOT Dengan Studi Kasus Tanaman Selada (Lactuca Sativa L.). Tuban : Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.

Alfarisi, Muhammad Salman, Candra Adi Bintang, Sarah Ayatillah. (2018). Desa Exsys (Drone Security With Audio And Expert System) Untuk Mengusir Burung Dan mengidentifikasi Hama Atau Penyakit Padi Guna Menjaga Ketahanan Pangan Dan Peningkatan Kemandirian Pangan Di Indonesia. Semarang: Universitas Negeri Semarang . Journal of Applied Agriculture Science and Technology.

Ardiansyah. (2019). Perancangan Alat Pendeteksi Hewan Pengganggu Tanaman Kebun Menggunakan Sensor Gerak PIR (Passive Infra Red) Berbasis Mikrokontroler. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Arif, Adiba. (2015). Pengaruh Bahan Kimia Terhadap Penggunaan Pestisida Lingkungan. Makassar: Universitas Hasanuddin. JF FIK UINAM Vol.3 No.4.

Gusmanto, Elang Derdian Marindani, Bomo Wibowo Sanjaya. (2016). Rancangan Bangun Sistem Peringatan Dini Dan Pelacakan Pada Kendaraan Sepeda Motor Dengan Menggunakan Mikrokontroller Arduino Uno. Pontianak: Universitas Tanjungpura. Jurnal Elektro.

Hidayanti, Fitria, Fitri Rahmah, Aryadharma Wiryawan. (2020). Desain of Motorcyle Security System with Fingerprint Sensor using Arduino Uno Microcontroller. International Journal of Advanced and Technology. Vol.29, No.5.

Ilham, Hari Andi, Rully Syahta, Finky Anggara, Jamaluddin. (2018). Alat Perangkap Hama Serangga Padi Sawah Menggunakan Cahaya dari Tenaga Surya. Journal of Applied Agricultural Science and Technology, 2(1), 11–19.

Kusni, Muhammad, I Komang Gede Purjana Ariyanto, Rudy Arianto Setiawan, Leonardo Gunawan. (2010). Pembuatan Dan Pengujian Alat Pengusir Burung Dengan Metoda Akustik Di Bandar Udara Juanda Surabaya. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Prasetyo, Adis. (2017). Rancang Bangun Sistem Pengusir Hama Burung Pada Tanaman Padi. Surabaya: Institut Teknologi Sepulu Nopember.

Purnomo, Setyo Dewi, Muhammad Ikhsan Sani, Mia Rosmiati. (2020). Pembangunan Sistem Otomasi Orang-Orangan Sawah Berbasis Arduino. Bandung: Universitas Telkom.

Roji, Fatkhur. (2018). Desain Dan Uji Kinerja Alat Penjejak Matahari Berbasis Arduino Nano Untuk Panel Surya Sebagai Sumber Energi Lampu Perangkap Serangga. Jember: Universitas Jember.

Sudarmono, Joko Waluyo, Wahyu Wilopo. (2017). Perancangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Pembasmi Serangga Pada Tanaman Bawang Merah Di Kabupaten Brebes. Journal of Approtiated Technology for Community Services.

Supriyanto, Arif. (2017). Rancang Bangun Sistem Keamanan Laboratorium TI Menggunakan Sensor Passive Infrared Berbasis Arduino. Jurnal Sains dan Informatika Vol.3 No.2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.