Game Platformer 2d Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Dengan Implementasi Algoritma A-Star Dalam Mencari Jalur Terdekat Pada Pergerakan Npc (None-Player Character)

Achmad Sa’ad Hamdi, Alfian Nurlifa, Imron Rosyidi, Zaebi Agustia Hidayatullah

Abstract


Pada dasarnya game dibuat hanya untuk melepas penat dan sebagai sarana hiburan semata, namun seiring dengan perkembangan zaman, game tidak lagi menjadi ajang melepas penat, namun dapat dijadikan sebagai sarana edukatif dalam membantu proses belajar dan mengajar menjadi menyenangkan. Game yang saat ini masih ada dan dikembangkan adalah game aliran platformer, dimana pemain diharuskan untuk melewati berbagai macam rintangan yang ada untuk mencapai skor tertinggi, Tujuan dalam penelitian ini tidak lain yaitu membantu para guru untuk menjadikan game sebagai salah satu alternatif media pembelajaran matematika dan menerapkan Algoritma A* pada NPC sehingga musuh dapat menggunakan rute terpendek dalam mencari Karakter. Proses pembuatan game ini menggunakan software Construct 2, sehingga output dari game ini adalah berbasis web.

Keyword: Game, A Star, Construct 2, Edukasi, Media Pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Agustin, R. D. (2017). Kerangka Analisis Komponen Konsep dan Desain Game. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 3(2).

Clark, D. (2003). Games and e-learning. Epic Group.

Ginting, Budi Serasi, Hermansyah Sembiring (2013). Perancangan Game Become a King Berbasis Artificial Intelligence. Jurnal Kaputama, Vol.7 No.1:26-27.

Kent, S. L. (2010). The Ultimate History of Video Games, Volume 1: From Pong to Pokemon and Beyond... the Story Behind the Craze That Touched Our Lives and Changed the World (Vol. 1). Crown.

Kristanto, Andri. (2017) Kecerdasan buatan, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mahafi, A. G., & Hermawan, G. (2013). Game Edukasi Penyakit Malaria dan Cara Pencegahannya. TEKNIK INFORMATIKA, 2.

Ramadhani Aristama, (2008), Menggerakkan Karakter Game menggunakan Algoritma Breadth-First Searct (BFS) dan Algoritma A*(A Star). Jurnal Institut Teknologi Bandung

Rifai, Wafda Adita. 2015. Pengembangan Game Edukasi Lingkungan Berbasis Android. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rogers, S. (2014). Level Up! The guide to great video game design. John Wiley & Sons.

Sulaeman, F. S., & Permana, R. (2020). Pembuatan Game Platformer 2D Puzzle Logika Berbasis Android Menggunakan Metode Assets Workflow. Media Jurnal Informatika, 10(2), 17-20.

Widiyanto, W. (2017). Aplikasi Sistem Pakar Pendeteksi Kerusakan Pada Smartphone Menggunakan Metode Dempster Shafer. Jurnal Bangkit Indonesia, 6(2).

Yuliana, A., & Surya, I. (2012). Implementasi Algoritma A Star pada Pemecahan Puzzle 8. Jurnal Teknik Informatika (Politeknik Caltek Riau), 1(2), 1-8.

Hardiyanti, H., Mustami, M. K., & Mu'nisa, A. (2020). Pengembangan Game Puzzle Berbasis Construct 2 sebagai Media Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Kelas XI di SMA Negeri 1 Selayar. Biolearning Journal, 7(1), 6-11.

Ridoi, M. (2018). Cara mudah membuat game edukasi dengan Construct 2: tutorial sederhana Construct 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.