Penerapan Algoritma Fisher Yates Shuffle Pada Game Edukasi Belajar Matematika

Ainun Najib, Bagus Satrio Waliyo Poetro, Sri Mulyono

Abstract


Algoritma Fihser Yathes Shuffle merupakan sebuah algoritma yang digunakan untuk menghasilkan suatu permutasi acak dari satu set yang terbatas. Algoritma ini digunakan ke dalam game berjudul Belajar Matematika yang merupakan game edukasi bertema perhitungan dasar matematika. Dalam game edukasi belajar matematika, pemain harus mampu memnjawab soal pilihan ganda dengan benar. Pengimplementasian algoritma fisher yates shuffle pada game belajar matematika digunakan untuk mengacak soal dan jawaban pada soal matematika pilihan ganda. Pengujian dilakukan dengan metode black box testing. Hasil pengujian menunjukan bahwa algoritma fisher yates shuffle dapat mengasilkan pengacakan pada soal dan jawaban pada game matematika pilihan ganda tersebut.

Keyword: Game Edukasi, Pengacakan, Soal Pilihan Ganda, Algoritma Fisher Yates Shuffle.


Full Text:

PDF

References


Yusfrizal. Penerapan Algoritma Fisher-Yates Shuffle Pada Game Mencocokkan Gambar Monumen Dunia. J Tek Inform Kaputama. 2020;4(2):162–70.

Maulana A, Fauziah F, Komalasari RT. Penerapan Algoritma Fisher-Yates Untuk Mengacak Soal Penerimaan Forum Studi Mahasiswa Informatika Universitas Nasional. JIPI (Jurnal Ilm Penelit dan Pembelajaran Inform. 2020;5(2):104.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.