MATHEMATICS SMART MODULE, DIGITALISASI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR DI ERA SOCIETY 5.0

Rida Fironika Kusumadewi, Sarnely Uge, Setyo Wuri Kartika Nugraheni

Abstract


Era Society 5.0 mempengaruhi segala aspek, termasuk pendidikan. Upaya pembaharuan media pembelajaran berbasis teknologi menjadi urgensi saat ini. Didukung dengan program pemerintah mandiri belajar dan pembelajaran daring, sehingga siswa dituntut untuk belajar mandiri. Siswa akan mengalami kesulitan dalam mehamami materi matematika. Adanya inovasi digitalisasi media pembelajaran yang mudah diakses akan mendukung keberhasilan pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan “Mathematics Smart Modul†materi pecahan kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah metode R&D (Research and Development) model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil penelitian ini adalah Menghasilkan Produk Mathematics Smart Modul yang divalidasi oleh tiga validator, validator pertama memperoleh presentase 85% validator kedua memperoleh presentase 77,5% dan validator ketiga memperoleh presentase sebesar 82,5%, sehingga dari ketiga validator diperoleh rata-rata 81,66% dengan kategori “Sangat layakâ€. Produk Mathematics Smart Modul dinyatakan memenuhi kriteria “sangat layak†sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran matematika khususnya materi pecahan kelas V di Sekolah Dasar.

References


Apriadi, H. (2021). Video Animasi Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 173. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3621

Ariadi. (2012). Penerapan Aplikasi QR Code Reader Dan QR Code Generator Secara Mobile Untuk Mengelola Benda Cagar Budaya Kota Salatiga. Jurnal Sistem Informasi, 2(1), 65.

Asmara, A.S., & Junaedi, I., (2018). Paradigm Trends in Mathematics Education. Journal of Education and Culture, 8(3), 309-314. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p309-314.

Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Nugroho, P. (2019). Supporting technology 4.0: Ethoconstructivist multimedia for elementary schools. International Journal of Online and Biomedical Engineering (iJOE), 15(14), 54-66. https://doi.org/10.3991/ijoe.v15i14.11365

Bikoir, T., Astuti, I., & Suratman, D., (2022). Analysis Of E-Module Design Development Needs on Grade Vi Elementary School Math Learning. Jurnal Scientia, 10(02). 323-331. https://doi.org/10.35337/scientia.Vol10.pp323-331

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer Science & Business Media, LLC.

Cahyadi, R.A.H (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education JournaL, 3(1). 233-236. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Dey, S., Roy, A., & Das, S. (2016). Home automation using Internet of Thing. In 2016 IEEE 7th Annual Ubiquitous Computing, Electronics & Mobile Communication Conference (UEMCON), 1–6, DOI:10.1109/UEMCON.2016.7777826

Ernest, P., Skovsmose, O., Bendegem, J., Bicudo, M., Miarga, R., Kvasz, R., & Moeller, R. (2016). The Philosophy of Mathematics Education. Hamburg: Springer Open.

Fahma, M.A., & Purwaningrum, J.P. (2016). Teori Piaget dalam Pembelajaran Matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science, and Technology, 6 (1), 31-42. http://doi.org/10.30651/must.v6i1.6966

Faruqi, A. U. (2019). Future Service in Industry 5.0. Jurnal Sistem Cerdas, 2(1), 67–79. https://doi.org/10.37396/jsc.v2i1.21

Fatmawati, N.I., (2019). Literasi Digital, Mendidik Anak Di Era Digital Bagi Orang Tua Milenial. Madani: Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan 11(2), 119-138. https://doi.org/10.52166/madani.v11i2.1602

Faulinda, E.N., Aghni R.N.A. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0. Edcomtech Volume 5(1), 61-66. pISSN: 2548-9879 eISSN: 2599-2139

Feriyanti, N., Hidayat, S. Asmawati, L (2019). Pengembangan e-Modul Matematika untuk Siswa SD. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 1-12.

Ferreira, C. M., & Serpa, S. (2018). Society 5.0 and Social Development. Management and Organizational Studies (5), 26–31. https://doi.org/10.5430/mos.v5n4p26

Kusumaningrum, D.A., Marpanaji, E. (2014). Pengembangan E-Learning dengan Pendekatan Teori Kognitif Multimedia Pembelajaran di Jurusan Tkj SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(1), 28–39. http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/index

Gladden, M. E. (2019). Who will be the Members of Society 5.0? Towards an Anthropology of Technologically Posthumanized Future Societies. Social Science, 8(5), 148. https://doi.org/10.3390/socsci8050148

Heliany, I. (2019). Wonderful Digital Tourism Indonesia dan Peran Revolusi Industri dalam Menghadapi Era Ekonomi Digital 5.0. Destinesia: Jurnal Hospitaliti Dan Pariwisata, 1(1), 21–35. http://ojs.stiami.ac.id/

Irawan, R.E., (2014). Aplikasi Citizen Journalism di Era Konvergensi Media. Humaniora 5(2). 812-861.

Irwandani, I., Latifah, S., Asyhari, A., Muzannur, M., & Widayanti, W. (2017). Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio’13: Pengembangan pada Materi Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 221. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1862

Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(1), 1- 136. https://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jpkm/article/view/54

Kenedi, A. K., Helsa, Y., Ariani, Y., Zainil, M., & Hendri, S. (2019). Mathematical Connection of Elementary School Students to Solve Mathematical Problems. Journal on MathematicsEducation, 10(1), 69-80. ISSN 2087-8885E-ISSN 2407-0610

Kinjal, H. (2014). A Survey on QR Codes: in context of Research and Application. International Journal Emerg. Technol. Adv. Eng., 4(3), 258–252. DOI:10.3991/ijim. v13i11.10976

Kintoko, Sujadi, I., & Dewi, R. S. S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputer dengan Lectora Authoring Tools pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP/MTS. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(2), 167-178. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/

Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. (2020). Media Pembelajaran Matematika Konkret Versus Digital: Systematic Literature Review di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 131– 140. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.131-140

Maharani, A. (2021). Computational Thinking dalam Pembelajaran Matematika Menghadap Era Society 5.0. Euclid, Lembaga Penelitian Universitas Swadaya Gunug Jati (UGJ), 7(2), 77-147. http://dx.doi.org/10.33603/e.v7i2.3364

Mahmudah, W, A., & Susilawati. (2021). Meningkatkan Kognitif Anak Kelompok B dalam Berhitung Melalui Media Benda Konkret di TK ABA KAliloka Kab. Brebes Jawa Tengah. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 3(4), 120-126. https://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/191

Magen-Nagar, N., Shachar, H., & Argaman, O. (2019). Changing The Learning Environment: Teachers and Students’ Collaboration In Creating Digital Games. Journal of Information Technology Education: Innovations in Practice, 18, 61-85. https://doi.org/10.28945/4405

Mashuri, D. K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jpgsd, 8(5), 893 - 903.

Muhtadi, D., Wahyudin, Kartasasmita, B.G., & Prahmana, R.C.I. (2018). The Integration of technology in teaching mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 943(1), 1742-6596. doi :10.1088/1742-6596/943/1/012020

Misbah, M., Sasmita, F. D., Dinata, P. A. C., Deta, U. A., & Muhammad, N. (2021, February). The validity of introduction to nuclear physics e-module as a teaching material during covid-19 pandemic. In Journal of Physics: Conference Series, 1796 (1), doi:10.1088/1742-6596/1796/1/012070

Muhroji & Husna, Y. (2018). Penggunaan Modul Pada Pembelajaran Tematik di SDN 1 Jimbung Klaten. JPPD, 5(1), 1-9. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.6457

Mustakim, S., Walanda, D. K., & Gonggo, S. T. (2013). Penggunaan Qr Code dalam Pembelajaran Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur pada Kelas X SMA Labschool Untad. Jurnal Untad, 2 (2), 215–221. ISSN 2302-6030

Nuraini, A., & Suryanti. (2022). Pengembangan Media Flashcard Berbarcode Materi Pengaruh Kalor terhadap Perubahan Suhu dan Wujud Benda untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD, 10 (2), 302-316.

Novita, R., Prahmana, R. C. I., Fajri, N., & Putra, M. (2018). Penyebab Kesulitan Belajar Geometri Dimensi Tiga. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 18- 29. http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.16836

Nurfadhillah, S., Wahidah, A.R., Rahma, G., Ramdhan, F., & Maharani, S.C. Penggunaan Media dalam Pembelajaran Matematika Dan Manfaatnya Di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains, 289-298. https://doi.org/10.36088/edisi.v3i2.1353

Oktavia, R. (2019). Bahan Ajar Berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematics (Stem) untuk Mendukung Pembelajaran IPA Terpadu. Semesta: Journal of Science Education andTeaching, 2(1), 32-36, http://semesta.ppj.unp.ac.id/index.php/semesta

Oktaviara, R. A., & Pahlevi, T. (2019). Pengembangan E-modul Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Pengolah Kata Kelas X OTKP 3 SMKN 2 Blitar. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP),7(3). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/JPAPUNESA/index

Papadakis, s., Kalogiannakis, M., & Zaranis, N. (2016). Improving Mathematics Teaching in Kindergarten with Realistic Mathematical Education. Early Child. Educ. J, 45(3), 369–378, 2016.

Permana, I., Zulhijatiningsih, Z., & Kurniasih, S. (2021). Efektivitas E-Modul Sistem Pencernaan Berbasis Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(1), 36-47. DOI: 10.24815/jipi.v5i1.18372

Pepin, B., Gueudet, G., & Trouche, L. (2017). Refining teacher design capacity: Mathematics teachers’ interactions with digital curriculum resources. ZDM, 49(5), 799-812. DOI 10.1007/s11858-017-0870-8

Prahmana, R. C. I., Zulkardi, & Hartono, Y. (2012). Learning multiplication using Indonesian traditional game in third grade. Journal on Mathematics Education, 3(2), 115-132. p-ISSN: 2087-8885 | e-ISSN: 2407-0610

Pujiastuti, H., Haryadi, R. & Solihati, E. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kontekstual Pada Materi Aljabar, Jurnal Aksioma, 10(1), 63-72. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3392

Salgues, B. (2018). Society 5.0: industry of the future, technologies, methods and tools. John Wiley & Sons

Setiawan, Innatesari, Sebtiawan, & Sudarmin. (2017). The Development of Local Wisdom-Based Natural Science Module to Improve Science Literation of Students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 6 (1), 33. OI: 10.15294/jpii.v6i1.9595

Setiyani, Putri, D.P., Ferdianto, F., & Fauji, SH. (2020). Designing A Digital Teaching Module Based on Mathematical Communication In Relation And Function. Journal on Mathematics Education, 11(2), 223-236. http://doi.org/10.22342/jme.11.2.7320.223-236

Swanzen, R. (2018). Facing the Generation Chasm: The Parenting and Teaching of Generation Y and Z, International Jornal Child, Youth Family Study, 9, 127–128. DOI:10.18357/ijcyfs92201818216

Simanjuntak, H., Endaryono, B.T., & Balyan. (2020). Peran Teknologi Informasi dalam Proses Kegiatan Belajar. Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 04(1), 1-10.

Siagian, H., Pangaribuan, J.J., & Silaban, P.J. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1363-1369. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.528

Sidiq, R., & Najuah. (2020). Development of Android-Based Interactive E-Modules in Teaching and Learning Strategies Courses. Journal of History education, 9(1). https://doi.org/10.51601/ijersc.v2i6.194

Schoenfeld, A.H. (2014). Reflections on curricular change. In L. Yeping and G. Lappan (Eds.) Mathematics Curriculum in School Education, 49-72. https://doi.org/10.1007/978-94-007-7560-2_4

Suastika, I. K. & Rahmawati, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(2), 58-61. p-ISSN: 2477-5967 e-ISSN: 2477-8443

Suherman, Musnaini, Hadion Wijoyo, Irjus Indrawan. Industry 4.0 vs Society 5.0. Banyumas: CV. Pena Persada, 2020.

Supardi, A. A., Gusmania, Y. & Amelia, F. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis Kontruktivisme pada Materi Logaritma. Jurnal Aksioma, 10(1). 80-92. e-ISSN 2579-7646

Sukmawati & Jamaluddin, S. D. (2020). Implementasi Pemanfaatan Aplikasi QR Code dalam Proses Pembelajaran PPKn. Jurnal Kreatif Online, 1(2), 195- 201. ISSN 2354-614X

Sung, W., Ahn, J., & Black, J. B. (2017). Introducing computational thinking to young learners: Practicing computational perspectives through embodiment in mathematics education. Technology, Knowledge and Learning, 22(3), 443–463. DOI 10.1007/s10758-017-9328-x

Wulandari, R., Santoso, Ardianti, S.D., (2021). Tantangan Digitalisasi Pendidikan bagi Orang Tua dan Anak di Tengah Pandemi Covid-19 di Desa Bendanpete. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3839 - 3851. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1312

Widyatiningtyas, R., Kusumah, Y. S., Sumarmo, U., & Sabandar, J. (2015). The Impact of ProblemBased Learning Approach to Senior High School Students’ Mathematics Critical Thinking Ability. IndoMS-JME, 6(2), 107- 116. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme.

Wulansari, E. W., Kantun, S., & Suharso, P., (2018). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal Untuk Peserta didik Kelas XI IPS Man 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial,12(1), 1-7. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.6463

Yani, Anwar, & Vahlia. (2022). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pendekatan Kontesktual Disertai Qr Code Pada Materi Logaritma. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 224-234.: https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4703

Zhou, M., Xiang, Dajing., & Zhan, J. (2014). Fuzzy Gamma Modules Based on Fuzzy Binary Operations. Journal of Multiple Valued Logic & Soft Computing, 23, 589–61, ISBN: 1542-3980


Refbacks

  • There are currently no refbacks.