PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MATEMATIKA

Risky Dwiprabowo, Budiono Budiono, Siti Nur Maulida

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran PAKEM pada siswa kelas III SDN Bintara 3 Bekasi. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengikuti model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini mencangkup dua siklus dimana masing-masing siklus mencangkup empat tahap yaitu planning (perencanaan), action (tindakan), observing (pengamatan), dan reflecting (refleksi). waktu penelitian yaitu bulan April-Juni 2022 dengan subjek penelitian sebanyak 25 siswa, teknik pengumpulan data melalui test, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan belajar matematika siswa yang signifikan pada siswa kelas III SDN Bintara 3. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata tes matematika setiap siklus meningkat yaitu pada siklus I mencapai rata-rata kelas 65 dengan presentase siwa yang tuntas sebesar 56%. Dan pada siklus II mencapai rata-rata kelas 85 dengan presentase siswa yang tuntas sebesar 88%. Serta hasil wawancara yang dilakukan penelitian menyimpulkan bahwa melalui penerapan pembelajaran PAKEM dapat meningkatkan kemampuan belajar matematika siswa, dan kegiatan belajar sangat menyenangkan bagi siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan belajar matematika siswa kelas III SDN Bintara 3 dapat ditingkatkan dengan penerapan model pembelajaran PAKEM

References


Anitah Sri, Strategi Pembelajaran SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2017.

Chayo, Teori Belajar & Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Grahamedia, 2015.

Hamdanih, Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pusaka Setia, 2011

Hermawan Raka, dkk, Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2021.

Herumen, Model Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2016.

Sukardi, Metode Penelitian Pendidikan Tindakan Kelas Implementasi dan Pengembangannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2015

Uno B. Hamzah, Mohamad Nurdin, Belajar dengan Pendekatan PAKEM. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.