Pembelajaran Bahasa Inggris Ramah Anak Dengan Media Podcast Sebagai Bentuk Revitalisasi Pendidikan

Venti Mawarni, Cikal Vadin, Utami Kusuma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses belajar mengajar bahasa Inggris dengan media podcast sebagai salah satu media pengajaran bahasa Inggris ramah anak sebagai bentuk revitalisasi pendidikan. Media podcast merupakan salah satu pilihan yang dapat digunakan untuk mengajarkan bahasa Inggris terutama anak karena memiliki fitur yang lebih interaktif dalam menyajikan pengalaman belajar tidak hanya ketrampilan menyimak dan berbicara tetapi juga aspek bahasa lainya seperti tata bahasa, pelafalan dan kosa kata sehingga merangsang dan memotivasi anak untuk belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah etnografi terhadap anak usia dini di PAUD Mutiara Hati Lenteng Agung Jakarta Selatan. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan dan wawancara kemudian data tersebut dianalisis dan dinarasikan secara sistematis. Penemuan penelitian ini adalah pertama, kreativitas guru dalam mengembangkan teknik pengajaran yang menarik dan menyenangkan bagi anak dengan penggunaan media podcast.  Kedua, pengunaan media podcast meningkatkan  minat belajar bahasa Inggris anak. Ketiga, Pembelajaran bahasa Inggris ramah anak dengan media  podcast sebagai bentuk revitalisasi pendidikan

 

Kata kunci: Podcast, Pembelajaran, Bahasa Inggris, Anak-Anak


References


Amalia, Nur,Mufudah.(2021). Tren Podcast sebagai Media dalam Pengajaran Bahasa Kedua:Sebuah Kajian Pustaka. Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Vol. 7 No. 2 Bulan September 2021, Hal. 168 – 176

Bachtiar, M. (2020). “Pembelajaran Berbasis Ramah Anak Taman Kanak-Kanak Di

Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumbaâ€. Jurnal Instruksional 1, (2), 131

Bongey, S. B., Cizadlo, G., & Kalnbach, L. (2006). Explorations in course-casting :

podcasts in higher education. https://doi.org/10.1108/10650740610714107

Copley, Jonathan. (2007). Audio and video podcast of lectures for campus-based student: production and evaluation of student use. Innovation in Education and

Teaching International, 44 (4): 387 – 399

Fadilah, E., Yudhapramesti, P., & Aristi, N. (2017). Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio. Jurnal Kajian Jurnalisme, 1(1), 90–104. https://doi.org/10.24198/kj.v1i1.10562

Hutabarat, P. M. (2020). Pengembangan Podcast sebagai Media Suplemen Pembelajaran Berbasis Digital pada Perguruan Tinggi. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(2). https://doi.org/10.7454/jsht.v2i2.85

Kusuma, S,. Nisrina, U., & Herri, M. (2020). An Exploration of Indonesian University Students’ Perception of the Use of Podcast for Learning of English as a Foreign Language. 10

Meng, P. (2005). Podcasting & Vodcasting: A White Paper. University of Missouri

Roopnarine J.L dkk. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Berbagai Pendekatan, Jakarta. Kencana Pranada Media Group

Samad, Ahmad & Diana. (2017). The Use Of Podcast In Improving Students’ Speaking Skill. Journal of English Language and Education. 3, (2): 97 – 111.

Sudarna. 2014. Pendidikan Anak Usia Dini

Berkarakter. Melejitkan Kepribadian anak

Secara Utuh (Kecerdasan Emosi, Spirit, dan Sosial), Yokyakarta. Genius Publisher.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian

Kuantitatif dan Researh and Development, Bandung: Alfabet

Taniredja, T., Faridli, E.M dan Harmianto, S. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.