Pembelajaran Bahasa Inggris Ramah Anak Dengan Media Podcast Sebagai Bentuk Revitalisasi Pendidikan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses belajar mengajar bahasa Inggris dengan media podcast sebagai salah satu media pengajaran bahasa Inggris ramah anak sebagai bentuk revitalisasi pendidikan. Media podcast merupakan salah satu pilihan yang dapat digunakan untuk mengajarkan bahasa Inggris terutama anak karena memiliki fitur yang lebih interaktif dalam menyajikan pengalaman belajar tidak hanya ketrampilan menyimak dan berbicara tetapi juga aspek bahasa lainya seperti tata bahasa, pelafalan dan kosa kata sehingga merangsang dan memotivasi anak untuk belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah etnografi terhadap anak usia dini di PAUD Mutiara Hati Lenteng Agung Jakarta Selatan. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan dan wawancara kemudian data tersebut dianalisis dan dinarasikan secara sistematis. Penemuan penelitian ini adalah pertama, kreativitas guru dalam mengembangkan teknik pengajaran yang menarik dan menyenangkan bagi anak dengan penggunaan media podcast.  Kedua, pengunaan media podcast meningkatkan minat belajar bahasa Inggris anak. Ketiga, Pembelajaran bahasa Inggris ramah anak dengan media podcast sebagai bentuk revitalisasi pendidikan
Â
Kata kunci: Podcast, Pembelajaran, Bahasa Inggris, Anak-Anak
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amalia, Nur,Mufudah.(2021). Tren Podcast sebagai Media dalam Pengajaran Bahasa Kedua:Sebuah Kajian Pustaka. Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Vol. 7 No. 2 Bulan September 2021, Hal. 168 – 176
Bachtiar, M. (2020). “Pembelajaran Berbasis Ramah Anak Taman Kanak-Kanak Di
Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumbaâ€. Jurnal Instruksional 1, (2), 131
Bongey, S. B., Cizadlo, G., & Kalnbach, L. (2006). Explorations in course-casting :
podcasts in higher education. https://doi.org/10.1108/10650740610714107
Copley, Jonathan. (2007). Audio and video podcast of lectures for campus-based student: production and evaluation of student use. Innovation in Education and
Teaching International, 44 (4): 387 – 399
Fadilah, E., Yudhapramesti, P., & Aristi, N. (2017). Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio. Jurnal Kajian Jurnalisme, 1(1), 90–104. https://doi.org/10.24198/kj.v1i1.10562
Hutabarat, P. M. (2020). Pengembangan Podcast sebagai Media Suplemen Pembelajaran Berbasis Digital pada Perguruan Tinggi. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(2). https://doi.org/10.7454/jsht.v2i2.85
Kusuma, S,. Nisrina, U., & Herri, M. (2020). An Exploration of Indonesian University Students’ Perception of the Use of Podcast for Learning of English as a Foreign Language. 10
Meng, P. (2005). Podcasting & Vodcasting: A White Paper. University of Missouri
Roopnarine J.L dkk. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Berbagai Pendekatan, Jakarta. Kencana Pranada Media Group
Samad, Ahmad & Diana. (2017). The Use Of Podcast In Improving Students’ Speaking Skill. Journal of English Language and Education. 3, (2): 97 – 111.
Sudarna. 2014. Pendidikan Anak Usia Dini
Berkarakter. Melejitkan Kepribadian anak
Secara Utuh (Kecerdasan Emosi, Spirit, dan Sosial), Yokyakarta. Genius Publisher.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian
Kuantitatif dan Researh and Development, Bandung: Alfabet
Taniredja, T., Faridli, E.M dan Harmianto, S. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.