EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN PLOTAGON FAN MATH TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 SOWAN LOR

Rizki Ailulia, Ana Visia Eka Putri, Hamidatur Rohmah

Abstract


Numerasi menjadi salah satu fokus utama pada Assesmen Kompetensi Minumum (AKM). Sehingga penyajian meteri numerasi harus menyenangkan dan bermakna agar siswa memahaminya secara utuh. Salah satu media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat digunakan sebagai sarana mengajarkan materi numerasi yang menyenengkan adalah plotagon. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas penggunaan media pembelajaran plotagon fan math terhadap kemampuan numerasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen yang berjenis true eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Metode pengumpulan data menggunakan tes (tertulis dan lisan). Berdasarkan hasil uji t melalui SPSS versi 25 diperoleh nilai sig 0.000 yang artinya nilai tersebut lebih kecil dari 0.005 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan nilai rata-rata pretest 56% dan posttest 75% melalui analisis deskriptif pada SPSS versi 25. Hal tersebut, diketahui sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran plotagon fan math dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas VI SD Negeri 1 Sowan Lor.

 

Kata kunci: Media Pembelajaran, Plotagon, Kemampuan Numerasi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.