PENGEMBANGAN KOMIK RAMAH ANAK UNTUK PEMBELAJARAN LITERASI DIGITAL DI SEKOLAH DASAR

Maria Ulfa, Febbyanti Wahyu Cahyautami, Evi Faujiah

Abstract


Abstrak

 

Perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) di abad 4.0 seperti saaat ini tidak dapat dibendung lagi. Perkembangan TIK yang kian masih menyebabkan setiap orang dapat mengakses internet. Tetapi akses internet di Indonesia tidak diimbangi dengan kemampuan literasi digital yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komik yang ramah anak untuk pembelajaran literasi digital di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan pendekatan deskriptif. Adapun penelitian ini mengadopsi model pengembangan intruksional 4D Models. Keempat tahap tersebut adalah Define (pendefenisian), Design (perancangan), Development (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Data kualitatif diperoleh dari observasi, angket validasi yang terdiri dari ahli materi, media, dan grafis, serta angket respons siswa dan guru. Hasil dari penelitian ini yaitu komik ramah anak untuk pembelajaran literasi digital di sekolah dasar. Dengan adanya komik ramah anak ini diharapkan mampu dijadikan bahan pembelajaran literasi digital untuk para siswa sekolah dasar agar dapat memanfaatkan perkembangan TIK secara bijaksana.

Kata Kunci: Komik Ramah Anak dan Literasi Digital.


References


Direktorat Statistik Keuangan, T. I. (2020). Telecommunication Statistics in Indonesia 2020 . Indonesia: Badan Pusat Statistik.

Gani, A. G. (2015). Pengenalan Teknologi Internet serta Dampaknya. JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 71-86.

Devega, E. (2017). Teknologi Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos. Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika .

Direktorat Statistik Keuangan, Teknologi Informasi, dan Pariwisata. (2022). Telecommunication Statistics in Indonesia 2021. Indonesia: Badan Pusat Statistik.

Marhamah, F. d. (2021). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Pencegahan Informasi Hoaks pada Remaja di SMANegeri 7 Kota Lhokseumawe. Jurnal Pekommas, 6(2), 77-84.

Munawaroh, I. (2010). MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan UNY, 3(1).

Western Sydney University. (2022). What is digital literacy? Western Sydney University. Sydney: Western Sydney University.

Fatmawati, N. I., & Sholikin, A. (2019). LITERASI DIGITAL, MENDIDIK ANAK DI ERA DIGITAL BAGI ORANG TUA MILENIAL. MADANI: Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2), 119-138.

Soedarso, N. (2015). KOMIK: KARYA SASTRA BERGAMBAR. HUMANIORA, 6(4), 496-506.

Sari, T. P., & Mitsalia, A. A. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERSONAL SOSIAL ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TKIT AL MUKMIN. PROFESI (Profesional Islam), 13(2).

Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. 1(1).

Fauzi, & Marhamah. (2021). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Pencegahan Informasi Hoaks pada Remaja di SMANegeri 7 Kota Lhokseumawe. Jurnal Pekommas, 6(2).

Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, & Ramadhan, S. (2019). LITERASI BACA TULIS DAN INOVASI KURIKULUM BAHASA. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(1), 108-118.

Ulfa, M., & Oktaviana, E. (2021). Peningkatan Kemampuan Berliterasi melalui Model DiscoveryLearningBerbantuan Media Pohon Literasi. JURNAL BASICEDU, 5(6), 5204-5212.

Roese, V. 2018. You won’t believe how co-dependent they are: Or: Media hype and the interaction of news media, social media, and the user. In Vasterman P. (Ed.), From Media Hype to Twitter Storm: News Explosions and Their Impact on Issues, Crises, and Public Opinion (pp. 313-332). Amsterdam: Amsterdam University Press http://www.jstor.org/stable/j.ctt21215m0.19

Thiagarajan, Semmel dan Semmel. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children A Source Book. Indiana: ERIC.

Tresnawati, D., Satria, E., & Adinugraha, Y. (2016). PENGEMBANGAN APLIKASI KOMIK HADITS BERBASIS MULTIMEDIA. Jurnal Algoritma, 13(1), 99-105. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.13-1.99


Refbacks

  • There are currently no refbacks.