MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBUDAYAAN LITERASI DI SEKOLAH

Ani Malikhatur Rizqiyah, Meilan Arsanti

Abstract


Karakter merupakan sesuatu yang melekat erat pada setiap individu manusia. Karakter seseorang tidak serta merta ada dan dibawa sejak lahir, namun terbentuk karena beberapa faktor, yaitu; faktor keluarga, faktor sekolah, dan faktor masyarakat. Dewasa ini, pendidikan karakter menjadi prioritas utama PR pemerintah untuk mewujudkan generasi yang berkualitas. Salah satu cara dalam mewujudkan pendidikan karakter di lingkungan sekolah yang berkualitas yaitu melalui pembudayaan literasi. Tujuan penulisan artikel ini yaitu; untuk mengetahui budaya literasi di sekolah dalam membangun karakter peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, didapatkan bahwa, dalam membangun pendidikan karakter melalui pembudayaan literasi di sekolah seperti; (a) kegiatan mengunjungi perpustakaan, (b) membuat dinding motivasi untuk menyemangati agar gemar membaca dan menulis, (c) membuat lembar literasi bagi setiap siswa, (d) membaca buku sebelum dimulainya kegiatan pembelajaran. Dalam rangka membangun pendidikan karakter, maka budaya literasi sangat penting digerakkan di Sekolah. Melalui kegiatan literasi di sekolah tersebut, karakter yang akan dicapai peserta didik; (1) berakhlak mulia, (2) berpikir kritis, (3) kreatif, serta (4) integritas (tanggung jawab)

 

Kata kunci: Pendidikan karakter, pembudayaan literasi di sekolah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.