IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DENGAN TEMA SUARA DEMOKRASI DI SMK SETIA KARYA

Kokom Nurjanah, Halimatun Saadah

Abstract


Kurikulum merdeka menjadikan pelajar harus memiliki jiwa pancasila. Pancasila sebagai dasar filsafat bangsa Indonesia yang memiliki sifat demokrasi sebagai wujud dari nilai-nilai pancasila yang harus diterapkan dalam satuan pendidikan. Penguatan profil pancasila bagi pelajar di implementasikan melalui sebuah projek dengan tema demokrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema suara demokrasi sebagai bagian perencanaan implementasi Kurikulum Merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian melibatkan seluruh siswa SMK Setia Karya pada tahun ajaran 2022/2023. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Data primer berasal dari hasil wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sementara itu, data sekunder yang digunakan berupa Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) dan komponen-komponen yang sudah ditentukan oleh Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian menunjukan bahwa sekitar 85% siswa antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan selama 60 jam pelajaran. Ternyata, Projek Penguatan Pancasila dengan tema demokrasi memberikan ruang kesempatan kepada siswa untuk mempraktikkan budaya demokrasi secara kontekstual dengan lingkungan masyarakat.


References


Hilda, Nanda Ribatul, D. 2022. Studi Literatur: Implementasi Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Matematika Selama Pandemi. 8, 110–119.

Nugraheni Rachmawati, A. M., Nafiah, M., & Nurasiah. 2022. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. 3614–3625.

Prayitno, Budi . 2009. Apakah Demokrasi itu, United Stated States Information Agency, tanpa Tempat.

Rusnaini, Raharjo. 2021. Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. 2021, 27, 230–249. https://doi.org/DOI:http://dx.doi.org/ 10.22146/jkn.67613

Safitri, A., & , Dwi Wulandari, Y. T. H. 2022. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. 6, 7077–7086.

Sufyadi, S., Harjatanaya, T. Y., Adiprima, P., Satria, M. R., Andiarti, A.,& Herutami, I. 2021. Panduan Pengembangan Projek Profil Pelajar Pancasila. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.

Sugeng Pujileksono. 2016. Metode penelitian komunikasi kualitatif. Malang: Malang Trans


Refbacks

  • There are currently no refbacks.