KURIKULUM MERDEKA BELAJAR SEBAGAI PEMULIHAN PEMBELAJARAN

Yuni Sagita Putri, Meilan Arsanti

Abstract


Saat ini kata “merdeka belajar†tidak asing di masyarakat Indonesia, khususnya dalam dunia pendidikan.Kurikulum merdeka belajar dirancang sebagai upaya Kemendikbudristek untuk mengatasi krisis belajar yang telah lama dihadapi akibat adanya pendemi.Pandemi tersebut mempengaruhi adanya krisis belajar yang ditandai oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dan rendahnya kualitas belajar peserta didik.Tujuan dari kurikulum merdeka yang lain adalah agar pendidikan di Indonesia bisa seperti negara maju, yang mana peserta didik memiliki kebebasan memilih sesuai apa yang diminatinya.Dengan adanya hal tersebut, tujuan dari adanya artikel ini adalah untuk memberikan informasi mengenai kurikulum merdeka belajar yang terapkan sebagai upaya pemulihan pembelajaran di Indonesia saat ini serta implementasinya.Metode penelitiannya, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui penelusuran data online atau internet searching.Internet searching merupakan teknik pengumpulan data melalui bantuan teknologi atau mesin pencari di internet dimana segala informasi dari berbagai era tersedia.Kesimpulannya kurikulum merdeka merupakan salah satu komponen penting dalam dunia pendidikan, karena kurikulum sebagai acuan untuk mengatur agar tujuan pendidikan dapat tercapai.Dalam kurikulum merdeka ini disusun oleh pemerintah sebagai pemangku kebijakan.Akan tetapi, satuan pendidikan dan gurulah yang bertugas mengoperasionalisasikan dan mengimplementasikan kurikulum yang telah disusun pemerintah pusat.Selain itu melihat adanya beberapa kelemahan dalam kurikulum merdeka, maka perlu dilakukan sosialisasi dan penyesuaian terlebih dahulu sebelum kurikulum merdeka menjadi kurikulum nasional.

 

Kata Kunci : kurikulum merdeka belajar, pemulihan pembelajaran, implementasi, internet searching


Refbacks

  • There are currently no refbacks.