ASPEK MORAL TOKOH UTAMA NOVEL AKI KARYA IDRUS DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI PADA TEKS ULASAN

Lutfiana Raditya Eka Hermawan, Desyarini Puspita Dewi

Abstract


Penelitian ini menitikberatkan pada aspek moral dalam novel Aki karya Idrus. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aspek moral yang terkandung dalam novel Aki karya Idrus, serta mendeskripsikan implementasi aspek moral yang terkandung dalam novel Aki karya Idrus pada pembelajaran di SMP N 3 ULUJAMI. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan menggunakan analisis isi. Penelitian ini merupakan penelitian  pustaka. Sumber data penelitian ini novel Aki karya Idrus. Hasil penelitian dan pembahasan, bahwa novel Aki karya Idrus mengandung aspek moral yang dapat diimplementasikan sebagai bahan pembelejaran sastra di SMP.  Aspek moral diperoleh dengan menganalisis wujud-wujud aspek yang terkandung dalam novel yang dikaji. Nilai-nilai tersebut diwujudkan dalam berbagai perilaku dalam sifat tokoh pada rangkain cerita novel. Aspek moral yang terkandung pada novel yang dikaji meliputi tiga jenis, yaitu: (1) hubungan manusia dengan Tuhan, (2) hubungan manusia dengan diri sendiri dan (3) hubungan manusia dengan sesama. Aspek moral pada novel ini lebih mengarah pada aspek yang dianggap baik dan dianggap buruk oleh masyarakat melalui kisah tokoh yang mengarahkan pembaca untuk mengidentifikasi baik dan buruknya secara sosial.

Kata Kunci: aspek moral, implementasi, novel


References


Amir, Hamzah. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan Research & Development.. Malang: Literasi Nusantara Abadi.

Ginanjar, Nurhayati. 2012. Pengkajian Prosa Fiksi Teori dan Praktik. Surakarta.

Idrus, 2011. Aki. Jakarta Timur. PT. Balai Pustaka cetakan kedua belas.

Mardia, Lita. 2021. Aspek Moral Dalam Novel Complicated Karya Theresia: Tinjauan sosiologi sastra. Universitas PGRI Palembang.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Nopianti, Sri Dewi. 2017. Nilai Moral dalam Novel Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin. Ciamis : Universitas Galuh Jawa Barat.

Nugroho, Dimas Permady Anjar. 2016. Aspek Moral Dalam Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurgiantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sugiyono. 2017. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Susana, Elya. 2018. Moral Value in Charlotte Bronte’s Novel Jane Eyre. AICLL The 1st Annual International Conference on Language and Literature

Zuriah, Nurul. 2011. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.