UJI MANOVA PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MINAT BELAJAR

Nailul Amany, Sari Yustiana, Muhamad Afandi

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar kognitif siswa dan minat belajar siswa kelas IV SD Negeri Berahan Kulon.  penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen, dengan desain penelitian Pre-Experimental Design. Sampel diambil menggunakan teknik Nonprobability Sampling atau biasa disebut sampling jenuh yaitu menggunakan semua anggota populasi yang berjumlah 20 siswa. Hasil uji normalitas data menujukkan nilai pretest dan posttest berdistribusi normal. Uji hipotesis berupa uji multivariate menggunakan uji manova menujukkan adanya pengaruh dilihat sig. multivariate 0,000. Pada hasil belajar kognitif sig <0,05 dan minat belajar sig. < 0,05 kedua sig < 0,05. Simpulannya ialah model pembelajaran quantum teaching berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan minat belajar siswa secara bersamaan

 

Kata kunci: quantum teaching, hasil belajar kognitif, dan minat belajar

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.