Bahan Ajar Digital Kerajaan Kuningan untuk Meningkatkan Literasi Sejarah

Nur Amalia, Leo Agung S

Abstract


Pembelajaran merupakan suatu proses interaksi antara siswa dengan guru. Di abad 21 ini guru dan siswa dituntut untuk lebih menggunakan media digital di dalam proses pembelajaran sehingga akan memudahkan dalam proses pembelajaran dan pembelajaran lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan literasi sejarah agar dapat digunakan dan berfungsi dengan baik di dalam pengembangan bahan ajar digital. Siswa akan lebih memahami materi sejarah dan meningkatkan pemahaman tentang pembelajaran sejarah. Di samping itu pula, setiap model pembelajaran selalu mempunyai tahapan-tahapan (sintaks) oleh

dalam penerapnnya oleh guru. Antara sintaks yang satu dengan sintaks yang lain juga mempunyai perbedaan. Perbedaan-perbedaan ini berlangsung di antara pembukaan dan penutup yang harus dipahami oleh guru supaya model-model pembelajaran dapat dilaksanakan dengan berhasil. Literasi sejarah itu sangat penting di dalam bahan ajar ini karena literasi sejarah berpengaruh di dalam peningkatan kualitas siswa jika siswa kurang pemahaman literasi sejarahnya maka pelajaran sejarah lama kelamaan akan menghilang. Literasi sejarah menjadi sebuah tantangan untuk guru agar literasi sejarah dapat berkembang dengan baik dan literasi sejarah dapat berfungsi dengan baik di lingkungan sekolah. Banyak tantangan yang harus dihadapi oleh guru terhadap literasi sejarah diantaranya yaitu potensi guru yang masih rendah terhadap  pengembangan literasi sejarah, waktu yang diberikan sedikit di dalam pembahasan tentang literasi sejarah. Kemudian minat dan motivasi guru tentang literasi sejarah sangat sedikit.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.