Pengembangan Lintasan Belajar Pokok Bahasan Segitiga dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Kelas VII di MTs Negeri 1 Padangsidimpuan

Nur Indah Simamora

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan desain lintasan belajar melalui pendekatan pendidikan matematika realistik pokok bahasan segitiga di MTs Negeri 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian design research tipe validation study yang bertujuan mengembangkan lintasan belajar dengan kerja sama antara peneliti dengan tenaga pendidik agar kualitas pembelajaran meningkat. Penelitin ini menggunkn model Gravemeijer & Cobb design research terdiri dari tiga fase, yakni: preliminary design, experiment, dan retrospective analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lintasan belajar melalui pendekatan pendidikan matematika realistik dikatakan sangat valid dan sangat praktis. Kevalidan lintasan belajar ditunjukkan dengan nilai 0,86 dari analisis 3 validator. Kepraktisan lintasan belajar ditunjukkan dengan nilai 0,85 dari angket respon siswa dan terlaksananya seluruh komponen. Lintasan belajar yang dihasilkan pada penelitian ini berupa aktivitas-aktivitas yang dilakukan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran, dimana tujuan pembelajarannya yaitu untuk memahami pengertian segitiga, ketidaksamaan segitiga, jenis-jenis segitiga, sifatsifat segitiga serta keliling dan luas segitiga.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.