Efektivitas Iklan Televisi Smartfren Versi "Super 4G Kuota" di Kalangan Mahasiswa di Kota Semarang dengan Pendekatan Emphaty, Persuasion, Impact, dan Communication (EPIC Model)

Indra Bayu Adji

Abstract


Abstrak

Latar belakang masalah ini adalah iklan Smartfren versi “Super 4G Kuota†yang rilis pada tanggal 22 Februari 2019. Iklan ini menampilkan Youtuber Indonesia Atta Halilintar dan tarian seperti dalam game online serta jari thanos yang menjentikkan jari berbentuk love. Iklan ini juga menawarkan harga kuota yang tergolong murah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas iklan televisi Smartfren versi “Super 4G Kuota†di kalangan mahasiswa di Kota Semarang dengan pendekatan EPIC Model. Paradigma dalam penelitian ini menggunakan paradigma positivistik. Tipe penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner pada sampel 100 responden yang pernah melihat iklan Smartfren dan merupakan mahasiswa di Kota Semarang. Teori yang digunakan adalah EPIC Model dari AC Nielsen yang mengukur efektivitas iklan mencakup empat dimensi kritis yaitu, Emphaty, Persuasion, Impact dan Communication. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan Smartfren versi “Super 4G Kuota’ terbukti efektif diukur dengan EPIC Model dengan mendapatkan skor 3,805 untuk Emphaty, 3,705 untuk Persuasion, 3,66 untuk Impact dan 3,955 untuk Communication.

 

Kata kunci: Emphaty, Persuasion, Impact, Communication, Efektivitas Iklan

 

Abstract

The background of this study is the advertisement of Smartfren for “Super 4G Kuota†released on February 22, 2019. This advertisement displayed Indonesia Youtuber, Atta Halilintar, dance as in online game, and Thanos’ fingers flicking shaped love. This advertisement also offered relatively cheap quota. This study aims to determine the effectiveness of Smartfren “Super 4G Kuota†television advertisement among university students in Semarang by approaches of EPIC Model. The paradigm used in this study was positivistic paradigm. The type research was quantitative. The data collection technique was done by using questionnaire on the samples of 100 respondents who had watched Smartfren advertisement and were university students in Semarang. The theory used was EPIC Model from AC Nielsen that measured the advertisement effectiveness and covered four critical dimensions. They were Emphaty, Persuasion, Impact and Communication. The results of this study indicate that Smartfren “Super 4G Kuota†advertisement was proven effective measured by EPIC Model with scores 3,805 for Emphaty, 3,705 for Persuasion, 3,66 for Impact, and 3,955 for Communication.

 

Keywords: Emphaty, Persuasion, Impact, Communication, Advertisement Effectiveness


Full Text:

PDF

References


Anwar, Y. (2011). Pengantar Sosiologi Hukum. Jakarta: Gramedia Widiarsana.

Azwar, S. (2011). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Bungin, B. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia Group.

Cannon, J. P., Perreault Jr, W. D., & McCarthy, E. J. (2008). Pemasaran Dasar. Jakarta: Salemba Empat.

Enterprise, J. (2014). SPSS Untuk Pemula. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Ginting, D. (2017). Komunikasi Cerdas. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Hadi, S. (2015). Statistik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hovland, C. I. (2007). Definisi Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Istanti, K. Z. (2010). Stude Teks Sastra Melayu dan Jawa. Yogyakarta: Elmatera.

Julianto, A. (2016). Mengolah Data Penelitian Bisnis dengan SPSS. Medan: Lembaga Penelitian dan Penulisan Aqli.

Komputer, W. (2011). Mengolah Data Statistik Penelitian dengan SPSS 18. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Kriyantono, R. (2014). Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kurniawan, R., & Yuniarto, B. (2016). Analisis Regresi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Liliweri, A. (2011). Komunikasi: Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Prenadamedia Group.

Morissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Group.

Nofrion. (2016). Komunikasi Pendidikan: Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia group.

Purwanto, D. (2011). Komunikasi Bisnis. Jakarta: Erlangga.

Rangkuti, F. (2009). Mengukur Efektivitas Program Promosi dan Analisis Kasus Menggunakan SPSS. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sufren, & Natanael, Y. (2014). Belajar Otodidak SPSS Pasti Bisa. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Tri, S. W. (2017). Statistika Ekonomi Konsep, Teori dan Penerapan. Malang: Tim UB Press.

Dewi Rosa Indah. 2017. Analisis Efektifitas Iklan Media Televisi Menggunakan EPIC Model (Studi Kasus Produk A Mild di Kota Langsa). Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi. 1(2): 137 – 149.

Agatha Indah Febrianti dan Sampurno Wibowo. 2018. Efektivitas Iklan dan Event Berdasarkan Metode Epic Model (Studi Kasus Pada Radio Play99ers 100 Fm Bandung 2018). e-Proceeding of Applied Science. 4(3): 942.

Faela Sufa dan Bambang Munas. 2012. Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Pesan Iklan, Frekuensi Penayangan Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Televisi Mie Sedap (Survei Pemirsa Iklan Mie Sedap Pada Mahasiswa Kost di sekitar Kampus Undip Tembalang). Diponegoro Journal of Management. 1(1): 226 - 233.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.