Menumbuhkan Karakter Ingin Tahu Pada Siswa Dengan Metode Pembelajaran Sains Kimia Tentang Bahan Tambahan Makanan

Noviana Dewi, Purwati Purwati

Abstract


Berdasarkan data UNESCO minat baca anak-anak Indonesia masih sangat rendah dengan persentase 0,01 persen yang artinya dari 10.000 anak  hanya satu orang yang senang membaca. Gerakan literasi akan berhasil bila anak memiliki karakter ingin tahu yang ilmiah. Karakter ingin tahu berperan penting dan memberikan dampak positif dalam proses pembelajaran. Rasa penasaran menjadi motivasi internal yang sangat kuat untuk mendapatkan dan mengetahui sesuatu. Proses pembelajaran akan berhasil bila terlebih dahulu menumbuhkan karakter ingin tahu sehingga belajar menjadi pengalaman yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran sains kimia tentang bahan tambahan makanan dalam menumbuhkan karakter ingin tahu siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 99 siswa SMP N X di Surakarta yang diperoleh dari dua tingkat kelas yaitu kelas VII dan kelas VIII pada masing-masing kelas diambil 10 siswa secara acak. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Data pada penelitian ini diperoleh dengan menggunakan open ended kuisioner dan lembar observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif yaitu dengan display data, penarikan kesimpulan dan hasilnya diverifikasi dengan teori karakter ingin tahu dengan metode bracketing dan divalidasi dengan audit trail. Hasilnya faktor karakter ingin tahu meliputi bertanya, menjawab pertanyaan, merespon dengan ekspresi tertentu, menunjukkan perhatian, menunjukkan antusiasme, aktif dalam kegiatan, dan terlibat dalam diskusi mengenai suatu masalah. Berdasarkan aspek-aspek tersebut diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran sains kimia tentang bahan tambahan makanan menumbuhkan karakter ingin tahu pada siswa yang ditunjukkan dengan munculnya aspek-aspek karakter ingin tahu.
 
Kata kunci:  karakter ingin tahu, Bahan Tambahan Makanan, Sains

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.