The Role of Empathy and Self Esteem in Predicting the Internet Altruistic Behavior

Khairani Zikrinawati

Abstract


Internet telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia dan telah mengubah cara individu berinteraksi. Internet dapat menjadi media untuk menyelesaikan permasalahan sosial dan membangun peradaban. Kepedulian antar individu yang diwujudkan dalam perilaku altruisme atau disebut dengan internet altruistic behaviour (IAB) sangat dibutuhkan untuk mencapai harapan tersebut. Penelitian ini merupakan studi empirik dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk menguji pengaruh empati dan self esteem terhadap internet altruistic behavior (IAB). Penelitian melibatkan 218 pengguna internet aktif di Indonesia sebagai sampel. Pengujian dilakukan dengan teknik analisis regresi berganda. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah skala empati, skala self esteem, dan skala internet altruistic behavior. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empati berpengaruh terhadap internet altruistic behaviour (sig 0.000), self esteem juga berpengaruh terhadap internet altruistic behaviour (p < 0.05). Secara simultan, empati dan self esteem juga berpengaruh terhadap internet altruistic behavior (sig 0.000), dengan nilai R square sebesar 0.188. 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/psisula.v6i0.39267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.