Psychological Impact Of Learning Loss On Social Emotional Aspects Of Students Post Covid-19 Pandemic Period
Abstract
Penutupan sekolah yang disebabkan oleh hadirnya pandemi Covid-19 menyebabkan pembelajaran menjadi tidak maksimal dan kemudian menghasilkan sebuah fenomena yang disebut learning loss. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak psikologis pada aspek sosial emosional pelajar yang muncul pasca pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologi yang bertujuan untuk mendapatkan temuan berdasarkan pengalaman hidup subjek. Pengambilan data menggunakan metode wawancara terhadap empat informan. Informan dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria mahasiswa angkatan 2020. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitan ini adalah teknik analisis Giorgi dimana peneliti terlebih dahulu mengembangkang sikap fenomenologis, membaca transkrip berulang kali, membuat unit makna, mentransformasikan unit – unit makna kedalam deskripsi secara psikologis, dan membuat sinstesis untuk deskriptif psikologis. Peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dalam memastikan keabsahan data yang diperoleh dalam penelitian ini. Temuan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terdapat enam dampak psikologis pada aspek sosial emosional mahasiswa pasca pandemi Covid-19 yang dihasilkan oleh fenomena learning loss yaitu : (1) Kurangnya interaksi dengan pengajar; (2) Kurangnya hubungan interpersonal dengan kawan sebaya; (3) Penurunan kepercayaan diri; (4) Penurunan inisiatif; (5) Demotivasi belajar; (6) Munculnya individualitas.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30659/psisula.v6i0.39266
Refbacks
- There are currently no refbacks.