Pengaruh Pembelajaran Outdoor terhadap Keterampilan Sosial Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perlakuan pembelajaran outdoor terhadap keterampilan sosial anak usia dini pada siswa PAUD Kharisma Kabupaten Tegal. Sampel penelitian sebanyak 17 siswa PAUD Kharisma yang berusia 4-6 Tahun. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan Pre test-Post test Control Group Design. Alat ukur yang digunakan adalah skala keterampilan sosial anak yang dibuat berdasarkan aspek-aspek keterampilan sosial anak Caldarella dan Marell, yaitu aspek hubungan teman sebaya, manajemen diri, kemampuan akademik, kepatuhan, dan perilaku assertive. Skala keterampilan sosial anak memiliki reliabilitas 0.726 dan terdiri dari 18 aitem. Teknik analisis yang digunakan adalah kuantitatif dengan statistik non parametik yaitu uji wilcoxon, untuk mengetahui perbedaan skor antar kelompok yang diberi perlakuan dan tidak diberi perlakuan menggunakan gain score. Hasil uji wilcoxon memperoleh Asymp.Sign sebesar 0.017 (< 0.05), artinya terdapat pengaruh pembelajaran outdoor terhadap keterampilan sosial anak usia dini.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30659/psisula.v6i0.39231
Refbacks
- There are currently no refbacks.