Developing Measures of Social Phenomena: The Influence of Peer Conformity on College Students in Indonesia.

Asshafa Putri Kirani

Abstract


Pengukuran konformitas teman sebaya dapat dilakukan dengan mengamati perubahan dalam sikap, perilaku, atau kepercayaan individu setelah mereka berinteraksi dengan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konformitas teman sebaya pada mahasiswa dengan menggunakan teori konformitas dari Baron dan Byrne, Santrock, serta Myers. Metode yang digunakan adalah random sampling dengan jumlah responden sebanyak 351 orang. Instrumen penelitian berupa skala Likert yang mencakup aspek perubahan sikap, perilaku dan kepercayaan terhadap standar kelompok, tekanan kelompok dan interaksi antar teman sebaya. Sebelum melakukan uji validitas, instrumen terdiri dari 77 item. Uji validitas dilakukan dengan teknik Content Validity Index (CVI) Aiken, yang menghasilkan 71 item valid dan moderately valid untuk diuji cobakan. Analisis reliabilitas menggunakan formula Cronbach’s Alpha dengan menggunakan uji aiteman30 dan diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,863. Nilai indeks reliabilitas dari 71 item berkisar antara -0,392-0,48, sedangkan nilai indeks validitas berkisar antara 0,67-1. Namun terdapat 8 item dengan indeks reliabilitas negatif, sehingga total item yang dianalisis menjadi 63. Selanjutnya, dihitung Standar Error of Measurement (SEM) yang nilainya sebesar 6,610. Maka dapat disimpulkan bahwa keseluruhan item-item dalam instrumen penelitian ini dapat dinyatakan valid dan reliabel untuk mengukur konformitas teman sebaya pada mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (1995). Reliabilitas dan Validitas Aitem (1st ed.). Buletin Psikologi.

Baron, R. A. ., & Byrne, D. (2005). Psikologi Sosial (10th ed.). Erlangga.

Baron, R. A., & Byrne, D. (2004). Psikologi Sosial (R. Djuwita (ed.); 10th ed.). Erlangga.

Brown, J. D. (2004). Rethinking Internal Consistency in Cronbach’s Alpha.

Cochran, W. G. (1977). Sampling Techniques (J. Wiley & Sons (eds.); 3rd ed.).

Desmita. (2005). Psikologi Perkembangan. PT. Remaja Rosdakarya.

Ernayanti, D., & Marheni, A. (2019). Peran konformitas teman sebaya dan self monitoring terhadap impulsive buying pada remaja madya putri di Denpasar Ni Made Desi Ernayanti dan Adijanti Marheni. Jurnal Psikologi Udayana, 000, 226–236.

Guilford, J. P. (1956). Fundamental Statistics in Psychology and Education. Mc Graw-Hill Book Co. Inc.

Kartini, H. (2016). Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya dan Intensitas Bermain Game Online dengan Intensi Berperilaku Agresif Pada Siswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(4), 482–489. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i4.4232

Lewis R, A. (1985). AIKEN three coeffiecient (p. 134). Educational and Psychological Measurement.

Monks, F. J., Knoers, A. M. P., & Haditono, S. R. (2011). Psikologi Perkembangan, Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Gadjah Mada University Press.

Myers, D. G. (2002). Social Psychology (7th ed.). Mc. Graw-Hill Companies.

Myers, D. G. (2012). Psikologi Sosial. Salemba Humanika.

Pitoewas, B. (2018). Pengaruh Lingkungan Sosial Dan Sikap Remaja Terhadap Perubahan Tata Nilai. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 8–18. https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n1.2018.pp8-18

Santrock, J. W. (2007). Remaja (B. Widyasinta & N. I. Sallama (eds.); 11th ed.). Erlangga.

Santrock, J. W. (2008). Psikologi Pendidikan (2nd ed.). Kencana Prenada.

Santrock, J. W. (2011). Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup). Erlangga.

Sears, D. O. (2004). Psikologi Sosial (M. Adryanto (ed.); 5th ed.). PT. Gelora Aksara Pratama.

Sugiyono. (2016). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF, DAN R&D. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/psisula.v6i0.39220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.