Peran Regulasi Diri dan Kepercayaan Diri Akademik terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa yang Aktif dalam Organisasi Kampus

GG Amamlansyah, Ruseno Arjanggi

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menguji peran regulasi diri dan kepercayaan diri
akademik terhadap prokrastinasi akademik. Partisipan penelitian ini yaitu 248
mahasiswa yang aktif dalam kegiatan organisasi intra kampus. Alat ukur yang
digukan dalam penelitian ini yaitu skala prokrastinasi akademik, skala regulasi diri,
dan skala kepercayaan diri akademik. Skala prokrastinasi akademik terdiri dari 21
aitem dengan konsistensi internal α=0,847. Skala regulasi diri yang terdiri dari 27
aitem dengan konsistensi internal α=0,882. Skala kepercayaan diri akademik yang
memiiliki 22 aitem dengan internal konsistensi α=0,854. Analisis data pada hipotesis
pertama menggunakan analisis korelasi regresi berganda, hasil penelitian yang telah
dilakukan menunjukan bahwa ada hubungan antara regulasi diri dan kepercayaan
diri aakdemik dengan prokrastinasi akademik dengan R=0,670 dengan F=99,609
dengan signifikansi=0,000 (p<0,5). Analisis kedua dan ketiga menggunakan teknik
analisis data korelasi parsial, hasil korelasi antara regulasi diri dengan prokrastinasi
akademik didapatkan nilai r
= -0,167 dengan signifikan = 0,000 (p<0,05), hasil
tersebut menunjukan bahwa ada hubungan negatif signfikan antara regulasi diri
dengan prokrastinasi akademik. Uji selanjutnya antara kepercayaan diri akademik
dengan prokrastinasi akademik dengan r
x1y
= -0,332 dengan signifikan =0,000
(p<0,05), hal ini menunjukan bahwa ada hubungan negatif signifikan antara
kepercayaan diri akademik dan prokrastinasi akademik. Sumbangan efektif yang
diberikan oleh variabel regulasi diri dan kepercayaan diri akademik sebesar 44,4%.

x2y
Kata Kunci : prokarstinasi akademik, regulasi diri, kepercayaan diri akademik

 


Full Text:

download PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30659/psisula.v3i0.18807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.