VALIDITAS ISI MODUL ‘SKEMA’ UNTUK MENINGKATKAN STRATEGI KOPING MENGHADAPI STIGMA PADA KLIEN REHABILITASI PENYALAHGUNAAN NARKOBA

Farras Shopy Humairoh, Nurul Hafizah, Siti Raudhoh, Beny Rahim

Abstract


Stigma terhadap klien rehabilitasi penyalahgunaan narkoba masih merajalela sehingga berdampak pada gaya kopingnya yang cederung kurang tepat dalam menyikapi dampak penyalahgunaan narkoba, yaitu relapse. Belum terdapatnya panduan edukasi khusus terkait hal tersebut melatarbelakangi penyusunan modul psikoedukasi strategi koping dalam menghadapi stigma terhadap klien rehabilitasi penyalahgunaan narkoba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas isi dari Modul Psikoedukasi ‘SkeMa’ untuk Klien Rehabilitasi Penyalahgunaan Narkoba dalam Menghadapi Stigma. Penelitian ini menggunakan studi deskriptif uji validitas isi modul dengan model 3D (Define, Design and Develop). Data penelitian diperoleh melalui prosedur judgement pemberian skor rating oleh ahli atau validator yang ditentukan secara purposive yaitu psikolog bidang peminatan klinis dan konselor adiksi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif aiken’s V untuk menilai kesesuaian isi dengan konstruk yang diukur. Penelitian ini menunjukkan hasil validasi isi modul dengan rentang skor yang bergerak pada angka 0,66 – 0,91. Berdasarkan hasil uji validitas modul SkeMa dapat disimpulkan valid untuk digunakan dengan beberapa saran dan perbaikan dari validator. Kriteria tersebut dinilai berdasarkan isi materi, penyajian, bahasa serta kemudahan dalam pelaksanaan psikoedukasi dalam meningkatkan strategi koping klien penyalahgunaan narkoba.

The stigma towards drug abuse rehabilitation clients is a common issue that still often results in an impact on their coping styles, which tend to be less appropriate in responding to impact of drug use. Due to the lack of specific educational guidance on this matter, psychoeducational modules have been prepared to help clients overcome stigma. This research aims to test the validity of the content of the 'SkeMa' Psychoeducational Module for Drug Abuse Rehabilitation Clients in Facing Stigma. This research uses a descriptive study to test the validity of the module content with using a 3D model (Define, Design and Develop). Research data was collected through a judgment procedure by clinical psychologists and addiction counselors who rated the module content. Data was analyzed using Aiken's V descriptive analysis to assess content suitability for the measured construct. The research validated the module content with a score range between 0.66 – 0.91. After validating the SkeMa Module, it can be concluded that it is valid for use with some suggestions and improvements from validator. The criteria are based on content, presentation, language, and ease of implementing psychoeducation for improving client’s coping strategies for drug abuse.


Keywords


Content validity; module; coping strategies; stigma; drug abuse rehabilitation

Full Text:

PDF

References


Agusti, S., & Primanita, R. Y. (2020). Hubungan Self-Acceptance Dengan Meaning in Life Pada Mantan Pengguna Napza di Sumatera Barat. Jurnal Riset Psikologi, 2020(4).

Ahern, J., Stuber, J., & Galea, S. (2007). Stigma, Discrimination And The Health Of Illicit Drug Users. Drug And Alcohol Dependence, 88(2–3), 188–196. https://doi.org/10.1016/j.drugalcdep.2006.10.014

Aminah, S. (2018). Pentingnya mengembangkan keterampilan mendengarkan efektif dalam konseling. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 108-114

Andika, F., Rahmi, N., & Yulianti, Y. (2022). Pengaruh Peran Konselor Adiksi dan Peran Keluarga Terhadap Pemulihan Klien Korban Penyalahgunaan Narkotika di Kecamatan Baitussalam Aceh Besar. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 8(2), 676-683.

Anggraeni, S., Handayani, E., & Noorhidayah, N. (2022). Faktor-Faktor Yang Melatarbelakangi Penggunaan Napza Di Kelurahan Landasan Ulin Tengah. Prosiding Penelitian Dosen Uniska Mab, (1).

Apriani, T. (2023). Strategi Konselor Dalam Mencegah Terjadinya Relapse Bagi Pengguna Narkoba.

Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 4(3), 299–304. https://doi.org/10.59141/jist.v4i3.592 Azwar, S. (2022). Metode Penelitian Psikologi Edisi II. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2021). Reliabilitas dan Validitas Edisi IV. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Du, Y., Chen, Y., Jia, L., Bing, M., Wang, Y., & Tan, H. (2023). Social Exclusion and Drug Rehabilitation Relapse: Mediating Role of Negative Coping Styles. Academic Journal of Science and Technology.

Elahinezhad, M., Ebrahimi Moghadam, H., & Davari, R. (2023). Structural Equation Modeling of Schema with Readiness of Addiction with the Mediator Variables Stress Coping Strategies and Cognitive Regulation of Emotion in Addicts with Drug Rehabilitation. Journal of Community Health Research. https://doi.org/10.18502/jchr.v12i8.13151.

Erica, S. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 110-122.

Firmansyah, B. (2021). Strategi Pembimbing Kemasyarakatan Membangun Hubungan Baik (Rapport) Dengan Klien Anak Untuk Kepentingan Penelitian Kemasyarakatan (Studi Kasus: BAPAS Kelas I Malang). NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(2), 20-30.

Khairiah, Y. (2019). Faktor Psikologis yang Mempengaruhi Kekambuhan pada Pengguna Narkoba di Balai Rehabilitasi Sosial Korban Penyalahgunaan Napza Insyaf Medan Sumatera Utara. (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).

Lahagu, A. (2021). Peran Konselor Adiksi Dalam Menangani Korban Penyalahgunaan Napza Di Pusat Rehabilitasi Narkoba Galilea Palangkaraya.Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 5(2).

Larimer, E. M., Palmer, S. R & Marlatt, G. A. (1999). Relapse prevention, an overview of marlatt’s cognitive-behavioral model. Alcohol Research & Health, 23(2),151-160.

Lazarus & Foklman. (1984). Stress, Appraisal, And Coping.

Mamesah, M., Fitriyani, H., Marjo, H. K., & Sasmita, K. (2019, April). Need Analysis in Developing Drug Abuse Prevention Module for High School Guidance Curriculum Services. In International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2018) (pp. 266-269). Atlantis Press.

Marziah, M., & Sari, H. (2018). Gambaran Tingkat Stres Dan Mekanisme Koping Residen Yang Mengikuti Rehabilitasi Napza Di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan, 3(2).

Muliati, E., & Soetikno, N. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Self Efficacy Pada Pecandu Narkoba Di Masa Rehabilitasi. Prosiding Senapenmas, 2(1), 1005-1012.

Mulyanti, Y., & Maryani, S. (2015). Pengaruh Koping Adaptif Dan Mal Adaptif Terhadap Dismenorea Pada Mahasiswi D Iii Keperawatan, Jakarta, Tahun 2014. Jurnal Medikes, 2(2).

Nahak, M. P. M., Naibili, M. J. E., Isu, Y. K., & Loe, M. G. (2022). Pendidikan Kesehatan tentang Pencegahan Anemia melalui Kombinasi Metode Ceramah dan Leaflet pada Remaja Putri Di Sman 3 Atambua. Abdimas Galuh, 4(1), 554-562.

Nur, H. W. N. H. W., Mustofa, S. M. S., & Rusuly, U. R. U. (2024). Implementasi Metode Role-Play dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab di Sekolah Islam. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(4), 1656-1666.

Nurdiantami, Y., Aulia, S. A., Mahardhika, A. P., Antarja, A. P., Novianti, P. A., & Fitrianti, A. D. (2022). Hubungan antara Interaksi Keluarga dengan Perilaku Berisiko Penyalahgunaan NAPZA pada Remaja. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 630-636.

Rani, R., & Jambheshwar, G. (2022). Ways of Coping as the Predictor of Alcohol and Drug Use Attitudeamongst Adolescents. Indian Journal of Psychological Science, 15 (2).

Rosyadi, M. Z., Rahman, F., Tazha, R. S., Putri, D. K., & Maulana, A. (2018). Kluster Terhadap Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Penyalahgunaan Napza Di Daerah Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS.

Sarafino, E. P., Timothy, W. Smith. (2011). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions, 7th edition. Amerika Serikat: John Wiley. & Sons, Inc.

Suandi, I. N. (2022). Penerapan Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VI. Journal of Education Action Research, 6(1).

Sudirman, K. A., & Sulhin, I. (2019). Mekanisme Mengatasi Stigma Di Kalangan Klien Pemasyarakatan (Studi Kasus Klien Narkoba Di Balai Pemasyarakatan Kelas I Jakarta Selatan). Journal of Correctional Issues Volume, 2(2).

Sulasmono, B. S. (2012). “Problem Solving : Signifikasi, Pengertian dan Ragamnya”. Jurnal Satya Widya. Dipublikasi Desember 2012, dalam https://doi.org/10.24246/j.sw.2012.v28.i2.p155- 166.

Suprawoto. (2009). Mengembangkan Bahan Ajar dengan Menyusun Modul.

Thiagarajan, S. Semmel, D.S & Semmel, MI. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University Bloomington.

Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

United Nations Office on Drugs and Crime. (2022). World Drug Report 2022 highlights trends ocannabis post-legalization, environmental impacts of illicit drugs, and drug use among women and youth.

Usraleli. dkk. (2019). Penerapan Assertive Training (At)/ Perilaku Asertif Pada Penyalahguna Napza Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas Iia Pekanbaru. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 319–329.

Verawati, V., Harapan, E., & Fitria, H. (2021). Pengembangan Modul Anti Narkoba. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 6(1), 67-76.

Veronica, R. N., Langi, F. L., & Joseph, W. B. (2018). Prevalensi Dan Determinan Penggunaan Narkotika Dan Obat obatan Terlarang Di Kalangan Remaja Indonesia; Analisis Data Survei Demografi Dan Kesehatan Indonesia Tahun 2012. KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, 7(5).

Vitriana, B., & Sari, O. N. (2021). Optimalisasi Peran Konseling Bagi Anak yang Bermasalah dengan Narkotika. KONSELING: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapannya, 2(2), 38-43.

Warzuknidini, W., Pramono, A., & Firmansyah, M. (2020). Pengaruh Psikoedukasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba terhadap Perubahan Sikap Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang. Jurnal Bio Komplementer Medicine, 7(1).

Walsh. (2010). Psychoeducation in Mental Health.

Yurni, N., & Husna, C (2020). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Mekanisme Koping Pasien Yang Menjalani Rehabilitasi Narkoba Di Yayasan Tabina Aceh.




DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.20.1.32-43

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat