ACADEMIC BURNOUT DAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG BEKERJA PART-TIME

Caroline Laviosa, Augustina Sulastri, Basilius Oda Sanjaya

Abstract


Kuliah sembari bekerja merupakan fenomena yang cukup banyak ditemukan di dunia perkuliahan. Mahasiswa yang kuliah perlu bekerja memiliki tantangan untuk menjaga keseimbangan antara dua peran tersebut, yaitu sebagai pelajar dan pekerja. Tidak jarang mahasiswa yang kuliah sambil bekerja mengalami berbagai kendala, salah satunya adalah melakukan penundaan pengerjaan tugas atau prokrastinasi akademik akibat mengalami academic burnout. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara academic burnout dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang bekerja part-time. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan subjek penelitian sebanyak 103 mahasiswa yang berkuliah di Kota Semarang sembari bekerja part-time selama 16-35 jam per minggu. Alat ukur yang digunakan adalah Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS). untuk mengukur academic burnout dan skala prokrastinasi akademik untuk mengukur prokrastinasi akademik mahasiswa. Berdasarkan uji korelasi Pearson Product Moment diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar 0.496 dan signifikansi 0,000 (p<0,001). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara academic burnout dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang bekerja part-time. Sumbangan temuan dan saran didiskusikan lebih lanjut pada artikel ini.

Studying while working is a phenomenon that is often found in universities. Students who study while working are required to maintain a balance between these two roles, as students and workers. A fairly common problem for students who study while working is to end up delaying assignments, often termed as academic procrastination, due to experiencing academic burnout. This research aims to determine the relationship between academic burnout and academic procrastination in students who work part-time. This research used a correlational quantitative approach involving 103 students studying in Semarang City, who are at the same time working part-time for 16-35 hours per week. Measures used were the Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS) to measure academic burnout and the academic procrastination scale to measure student academic procrastination. Based on the Pearson Product Moment correlation test, it was found a correlation coefficient (r) of 0.496 and a significance level was 0.000 (p<0,01). Thus, it can be concluded that there is a significant positive relationship between academic burnout and academic procrastination in students who work part-time. Important findings and future directions are discussed further in this article.


Keywords


academic burnout; prokrastinasi akademik; kerja part-time; mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Affrida, E. N. (2017). Makna konflik peran pada mahasiswa dengan peran ganda. Wahana, 68(1), 23-26. https://doi.org/10.36456/wahana.v68i1.631

Ahmad, A., Mappeasse, M. Y., & Ruslan, R. (2021). Prokrastinasi akademik dalam menulis skripsi pada mahasiswa program studi pendidikan teknik informatika dan komputer FT UNM. Jurnal MediaTIK, 4(2), 1-6. Diakses melalui https://ojs.unm.ac.id/mediaTIK/article/view/21363

Akbar, J. A., Padillah, R., & Prasetyo, F. W. (2022). Hubungan antara burnout terhadap academic procrastination (pada mahasiswa fakultas keguruan ilmu pendidikan universitas pgri banyuwangi). Bimbingan dan Konseling Banyuwangi, 1(2), 54-59. Diakses melalui https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/bikangwangi/article/view/2257

Amalia, R., Azis, M., & Rijal, A. (2023). Analysis of the relationship between locus of control and perfectionism with academic procrastination in students at universitas negeri makassar. Pinisi Journal of Education, 3(3), 57-66. Diakses melalui https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/view/45840

Ananda, N. Y., & Mastuti, E. (2013). Pengaruh perfeksionisme terhadap prokrastinasi akademik pada siswa program akselerasi. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 2(3), 226-231. Diakses melalui https://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-jppp7c1e6fb6f9full.pdf

Arlinkasari, F., & Rauf, N. W. (2016). Alat ukur academic burnout. Diakses melalui https://www.researchgate.net/publication/359170622_Alat_Ukur_Academic_Burnout

Arumsari, A. D., & Muzaqi, S. (2016). Prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang bekerja. E-Jurnal Spirit Pro Patria, 2(2), 30-39. Diakses melalui https://jurnal.narotama.ac.id/index.php/patria/article/view/534

Astuti, C. C. (2017). Analisis korelasi untuk mengetahui keeratan hubungan antara keaktifan mahasiswa dengan hasil belajar akhir. JICTE (Journal of Information and Computer Technology Education), 1(1), 1-7. Diakses melalui https://jicte.umsida.ac.id/index.php/jicte/article/view/1578

Babu, P., Chandra, K. M., Vanishree, M. K., & Amritha, N. (2019). Relationship between academic procrastination and self-esteem among dental students in Bengaluru City. Journal of Indian Association of Public Health Dentistry, 17(2), 146-151. https://doi.org/10.4103/jiaphd.jiaphd_182_18

Chisan, F. K., & Jannah, M. (2021). Hubungan antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa sekolah menengah atas. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(5), 1-10. Diakses melalui https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/41321

Damri, D., Engkizar, E., & Anwar, F. (2017). Hubungan self-efficacy dan prokrastinasi akademik mahasiswa dalam menyelesaikan tugas perkuliahan. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 74-95. https://dx.doi.org/10.22373/je.v3i1.1415

Deolla, A. L. A., & Widodo, S., & Praningrum. (2022). Pengaruh beban kerja terhadap kinerja yang dimediasi oleh stres kerja pada kurir j&t express kota bengkulu. The Manager Review, 4(2), 485-508. https://doi.org/10.33369/tmr.v4i2.25846

Djollong, A. F. (2014). Teknik pelaksanaan penelitian kuantitatif. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 2(1). Diakses melalui https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/224

Draghici, G. L., & Cazan, A. M. (2022). Burnout and maladjustment among employed students. Frontiers in Psychology, 13, 825588. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.825588

Esteban, R. F. C., Benito, O. M., Blanco, R. C., Rodríguez, T. C., De la Cruz, A. S. V., & Villavicencio, R. D. (2023). Effect of emotional exhaustion on satisfaction with studies and academic procrastination among Peruvian university students. In Frontiers in Education (Vol. 8, p. 1015638). Frontiers. https://doi.org/10.3389/feduc.2023.1015638

Farjun, A. A. N. S. M, Gismin, S. S., & Hayati, S. (2021). Emotional exhaustion terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa yang mengerjakan skripsi. Jurnal Psikologi Karakter, 1(2), 94-100. Diakses melalui https://journal.unibos.ac.id/jpk/article/view/1236

Farkhah, S. B., Hasanah, M., & Amelasasih, P. (2022). Pengaruh academic burnout terhadap prokrastinasi akademik dalam menyusun skripsi pada mahasiswa. Conseils: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 2(1), 47-54. https://doi.org/10.55352/bki.v2i1.136

Ferrari, J.R. Johnson, J.L. & McCown, W.G. (1995). Procrastination and task avoidance, theory, research and treatment. New York: Plenum Press. Diunduh melalui https://psycnet.apa.org/record/1995-97309-000

Ghufron, M. M., & Suminta, R. R. (2012). Teori-teori psikologi (Cetakan ke-3). Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Hasan, M., Romiko, R., & Efroliza, E. (2020). Pengaruh status kerja terhadap tingkat stress belajar mahasiswa semester viii. The Indonesian Journal of Health Science, 12(1), 91-99. https://doi.org/10.32528/ijhs.v12i1.4861

Hasbillah, M. S. R., & Rahmasari, D. (2022). Burnout akademik pada mahasiswa yang sedang menempuh tugas akhir. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(6), 122-132. Diakses melalui https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/47320

Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). Analisis tugas perkembangan mahasiswa fakultas ilmu pendidikan universitas negeri gorontalo. Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 2(1), 73-80. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v2n1.p73-80

Husnah, W. (2022). Pengaruh penggunaan internet terhadap perilaku prokrastinasi akademik dalam penyelesaian skripsi di universitas negeri makassar. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 144-152. Diakses melalui https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/ls/article/view/2052

Kamaratih, D., & Malada, E. (2022). The effect of job burnout on academic procrastination on working student. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 16(2), 187-196. https://doi.org/10.30650/jem.v16i2.3598

Khairani, Y., & Ifdil, I. (2015). Konsep burnout pada mahasiswa bimbingan dan konseling. Konselor, 4(4), 208-214. https://doi.org/10.24036/02015446474-0-00

Klusmann, U., Aldrup, K., Schmidt, J., & Lüdtke, O. (2021). Is emotional exhaustion only the result of work experiences? A diary study on daily hassles and uplifts in different life domains. Anxiety, Stress, & Coping, 34(2), 173-190. https://doi.org/10.1080/10615806.2020.1845430

Kurniawan, K., & Rahayu, D. (2022). Konflik peran ganda dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa polri. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(2), 434-444. https://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i2.8111

Lin, S. H., & Huang, Y. C. (2014). Life stress and academic burnout. Active Learning in Higher Education, 15(1), 77-90. https://doi.org/10.1177/1469787413514651

Marchella, F., Matulessy, A., & Pratitis, N. (2023). Academic burnout pada mahasiswa tingkat akhir: Bagaimana peranan prokrastinasi akademik dan academic burnout?. INNER: Journal of Psychological Research, 3(1), 28-37. Diakses melalui https://aksiologi.org/index.php/inner/article/view/827

Mardelina, E., & Muhson, A. (2017). Mahasiswa bekerja dan dampaknya pada aktivitas belajar dan prestasi akademik. Jurnal Economia, 13(2), 201-209. https://dx.doi.org/10.21831/economia.v13i2.13239

Maslach, C., Schaufeli, W. B., & Leiter, M. P. (2001). Job burnout. Annual review of psychology, 52(1), 397-422. https://doi.org/10.1146/annurev.psych.52.1.397

Matthew, C. K., & Widjaja, Y. (2022). Hubungan antara burnout dengan academic procrastination pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas tarumanagara tahap akademik. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 7431-7440. Diakses melalui https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9515

Meier, S. T., & Schmeck, R. R. (1985). The burned-out college student: A descriptive profile. Journal of college student personnel. Diakses melalui https://psycnet.apa.org/record/1985-29435-001

Meiji, N. H. P. (2019). Pemuda (pe)kerja paruh waktu: Dependensi dan negosiasi. Jurnal Studi Pemuda, 8(1), 15-28. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.46133

Mulyana, S. (2018). Prokrastinasi akademik dikalangan mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1), 45-52. https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i1.1868

Nadhilah, N. D. M., & Supradewi, R. (2021). Hubungan antara koping religius dengan burnout pada guru smk swasta x kota semarang. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 16(2), 109-118. https://dx.doi.org/10.30659/jp.16.2.109-118

Nelma, H. (2019). Gambaran burnout pada profesional kesehatan mental. Jurnal psikologi pendidikan dan pengembangan sdm, 8(1), 12-27. Diakses melalui https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/psikologi/article/view/590

Novianti, R. (2021). Academic burnout pada proses pembelajaran daring. Jurnal Kesehatan Perintis, 8(2), 128-133. https://doi.org/10.33653/jkp.v8i2.656

Oktavia, E., & Nugraha, S. P. (2013). Hubungan antara adversity quotient dan work-study conflict pada mahasiswa yang bekerja. Jurnal Psikologi Integratif, 1(1). Diakses melalui https://ejournal.uin-suka.ac.id/isoshum/PI/article/view/262

Oktia, V. (2022). Pengaruh academic burnout dan academic engagement terhadap school well-being santri pesantren. Nusantara Journal of Behavioral and Social Science, 1(3), 89-94. https://doi.org/10.47679/202213

Orpina, S., & Prahara, S. A. (2019). Self-efficacy dan burnout akademik pada mahasiswa yang bekerja. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(2), 119-130. https://doi.org/10.30653/001.201932.93

Purnomo, A. W. A., Wibowo, A. E., Kurniawan, K., & Setyorini, S. (2020). The relationship between smartphone addiction, academic burnout and academic procrastination among university students during online learning. Psikopedagogia Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 81-86. https://dx.doi.org/10.12928/psikopedagogia.v9i2.17966

Qu, R., Ding, N., Li, H., Song, X., Cong, Z., Cai, R., Zhu, Y., & Wen, D. (2022). The mediating role of general academic emotions in burnout and procrastination among chinese medical undergraduates during the covid-19 pandemic: A cross-sectional study. Frontiers in Public Health, 10, 1011801. https://doi.org/10.3389/fpubh.2022.1011801

Rabbani, D. R. (2017). Kerja layak bagi mahasiswa pekerja kontrak paruh waktu (garda depan) di pt. aseli dagadu djokdja. Jurnal Studi Pemuda, 6(2), 605-618. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.39490

Raharjo, S. T., & Prahara, S. A. (2022). Mahasiswa yang bekerja: Problem focused coping dan academic burnout. Jurnal Sudut Pandang, 2(12), 175-192. Diakses melalui https://thejournalish.com/ojs/index.php/sudutpandang/article/view/410

Rahman, D. H. (2020). Validasi school burnout inventory versi bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(2), 85-93. https://dx.doi.org/10.21831/jpipfip.v13i2.32579

Rahmanillah, N. R., & Qomariyah, N. (2018). Self-regulated learning dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa bekerja. Jurnal Psikologi, 11(2), 117-125. https://dx.doi.org/10.35760/psi.2018.v11i2.2256

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2017). Perilaku organisasi (Edisi 16, Cetakan ke-6). Jakarta: Salemba Empat.

Rochford, C., Connolly, M., & Drennan, J. (2009). Paid part-time employment and academic performance of undergraduate nursing students. Nurse education today, 29(6), 601-606. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2009.01.004

Rolfe, H. (2002). Students' demands and expectations in an age of reduced financial support: the perspectives of lecturers in four english universities. Journal of Higher Education Policy and Management, 24(2), 171-182. https://doi.org/10.1080/1360080022000013491

Rozzaqyah, F. (2021). Hubungan kejenuhan belajar dalam jaringan dengan prokrastinasi akademik. Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling, 8(1), 8-17. https://doi.org/10.36706/jkk.v8i1.14373

Ruhmadi, E., Suwartika, I., & Nurdin, A. (2014). Analisis faktor yang berhubungan dengan tingkat stress akademik mahasiswa reguler Program Studi D III Keperawatan Cirebon Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. Jurnal Keperawatan Soedirman, 9(3), 173-189. Diakses melalui https://jks.fikes.unsoed.ac.id/index.php/jks/article/view/612

Rumapea, L. R. R, & Rahayu, M. N. M. (2022). Hubungan antara self-efficacy dengan academic burnout pada mahasiswa. Jurnal Psikologi TALENTA, 8(1), 27–36. https://doi.org/10.26858/talenta.v8i1.33971

Salama, N. (2014). Burnout di kalangan pendakwah. Jurnal Ilmu Dakwah, 34(1), 41-62. https://doi.org/10.21580/jid.v34.1.63

Saman, A. (2017). Analisis prokrastinasi akademik mahasiswa (studi pada mahasiswa jurusan psikologi pendidikan dan bimbingan fakultas ilmu pendidikan). Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 3(2), 55-62. https://doi.org/10.26858/jpkk.v0i0.3070

Schaufeli, W. B., Martinez, I. M., Pinto, A. M., Salanova, M., & Bakker, A. B. (2002). Burnout and engagement in university students: A cross-national study. Journal of cross-cultural psychology, 33(5), 464-481. https://doi.org/10.1177/0022022102033005003

Sholahuddin, N. (2022). Sistem pendukung keputusan penerimaan karyawan paruh waktu (part time) menggunakan metode ahp. JRKT (Jurnal Rekayasa Komputasi Terapan), 2(03). https://doi.org/10.30998/jrkt.v2i03.7974

Simbolon, P., & Simbolon, N. (2021). Hubungan academic burnout dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa stikes santa elisabeth medan. Jurnal Pendidikan, 12(2), 96-107. Diakses melalui https://jp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JP/article/view/7904

Steel, P., & Klingsieck, K. B. (2016). Academic procrastination: Psychological antecedents revisited. Australian Psychologist, 51(1), 36-46. https://doi.org/10.1111/ap.12173

Sugiyono. (2007). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d (Cetakan ke-12). Bandung: Alfabeta. Diunduh dari https://www.academia.edu/36006415/Dokupdf_com_ebook_statistik_untuk_penelitian_by_prof_dr_sugiyono

Toripa, G. V., & Huwae, A. (2023). Academic resilience and procrastination in students who study while working. Bisma The Journal of Counseling, 7(1), 17-24. https://doi.org/10.23887/bisma.v7i1.59584

Van der Meer, P., & Wielers, R. (2001). The increased labour market participation of Dutch students. Work, Employment and Society, 15(1), 055-071. https://doi.org/10.1017/S0950017001000034

Wakhyudin, H., & Putri, A. D. S. (2020). Analisis kecemasan mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Wasis: jurnal ilmiah pendidikan, 1(1), 14-18. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i1.4707

Wardana, O. D., & Husna, J. (2017). Pemanfaatan internet dalam pembuatan desain grafis di kampung desain komunitas rewo-rewo (studi kuantitatif di desa kaliabu, kecamatan salaman, kabupaten magelang). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 321-330. Diakses melalui https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/viewFile/23090/21118

Wardani, A. K., & Nurwardani, M. (2019). Prokrastinasi akademik ditinjau dari regulasi diri dan adversity quotient pada mahasiswa yang bekerja di perguruan tinggi “x” yogyakarta. Jurnal Psikologi Integratif, 7(1), 14-21. https://doi.org/10.14421/jpsi.v7i1.1665




DOI: https://dx.doi.org/10.30659/jp.20.2.85-101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Proyeksi by https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stat