EFEK PHUBBING DAN KONTROL DIRI TERHADAP INTERAKSI SOSIAL GENERASI Z DI KOTA SEMARANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh phubbing dan kontrol diri terhadap interaksi sosial generasi Z kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Cara pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling, yaitu prosedur pengambilan sampel yang tidak memberikan setiap anggota populasi kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai sampel. Lalu jenis sampling yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu pendekatan pengambilan sampel yang memperhitungkan faktor-faktor tertentu. Subjek penelitian berjumlah 100 remaja dengan rentan usia 17-24 tahun,. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah: 1) Phubbing tidak berpengaruh terhadap interaksi social, 2) Kontrol diri berpengaruh positif terhadap interaksi sosial. 3) Phubbing dan kontrol diri secara simultan berpengaruh terhadap interaksi sosial. Variabel phubbing dan kontrol diri secara simultan berpengaruh signifikan terhadap interaksi sosial pada generasi Z kota Semarang dengan perolehan perbandingan Fhitung 11,485 > Ftabel 3,09 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Variabel phubbing dan kontrol diri memiliki pengaruh sebesar 17,5% terhadap variabel interaksi sosial, dan sisanya 82,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
This study aims to empirically examine the effect of phubbing and self-control on the social interactions of generation Z in Semarang. This study uses a quantitative approach. The sampling method uses a non-probability sampling technique, which is a sampling procedure that does not give every member of the population the same opportunity to be selected as a sample. Then the type of sampling used is purposive sampling, which is a sampling approach that takes into account certain factors. The research subjects were 100 teenagers with a vulnerable age of 17-24 years, while the data analysis used the SPSS Statistic 23 application. The data analysis technique used multiple linear regression tests. The results of this study are: 1) Phubbing has no effect on social interaction. 2) Self-control has a positive effect on social interaction. 3) Phubbing and self-control simultaneously affect social interaction. Simultaneous phubbing and self-control variables have a significant effect on social interaction in generation Z in the city of Semarang with a comparison of Fcount 11.485 > Ftable 3.09 and a significance value of 0.000 <0.05. The phubbing and self-control variables have an influence of 17.5% on the social interaction variable, and the remaining 82.5% is influenced by other variables not examined.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditia, R. (2021). Fenomena Phubbing: Suatu Degradasi Relasi Sosial Sebagai Dampak Media Sosial. KELUWIH: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(1), 8–14. https://doi.org/10.24123/soshum.v2i1.4034
Akbar, E. F. R. (2015). Pengaruh self esteem dan pola asuh orang tua terhadap perilaku cyberbullying siswa MAN 1 Tangerang. Bachelor’s Thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Psikologi.
Aminullah, M., Yusriany, R., Yollanda, M., & Imran, S. (2018). Perilaku Cyberbullying pada Remaja: Ditinjau dari Anger Management dan Pola Asuh Permisif. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 23(1), 68–78. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol23.iss1.art7
Averill, James R. 1973. “Personal control over aversive stimuli and its relationship to stress.” Psychological Bulletin 80(4): 286–303.
Azwar, S. (2001). Reabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Brkljačić, T., Šakić, V., & Kaliterna-Lipovčan, L. (2018). Phubbing among Croatian students. 1st International Scientific Conference of the Department of Psychology at the Catholic University of Croatia, December, 109–126.
Chasanah, U., & Latief, S. (2013). Peningkatan Kemampuan Interaksi Sosial Positif Pada Siswa Dengan Menggunakan Bimbingan Kelompok. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan …, 1–13. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/2536
Chóliz M. (2012). No1 Test Mobile Phone Addiction 33. Prog Health Sci, 2(1), 33–44.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hidayat. (2017). HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN INTENSI MELAKUKAN CYBERBULLYING. (Doctoral Dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Hijriah A. (2014). Hubungan Antara Self Control (Kontrol Diri) Dan Social Interest (Interaksi Sosial) Dengan Perilaku Sosial Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar, 2(1).
Imani, F. A., Kusmawati, A., & Tohari, H. M. A. (2021). Pencegahan Kasus Cyberbullying Bagi Remaja Pengguna Sosial Media. Journal of Social Work and Social Services, 2(1), 74–83.
Malihah, Z., & Alfiasari, A. (2018). Perilaku Cyberbullying pada Remaja dan Kaitannya dengan Kontrol Diri dan Komunikasi Orang Tua. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 11(2), 145–156. https://doi.org/10.24156/jikk.2018.11.2.145
Mardiatmoko, G. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss3pp333-342
Musdalifah, & Indriani, N. (2017). Pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone Terhadap Interaksi Sosial Mahasiswa Politeknik Negeri Samarinda. SNITT-Politeknik Negeri Balikpapan, 2(1), 144–147.
Muslim, A. (2013). Interaksi Sosial dalam Masyarakat Multietnis. Jurnal Diskursus Islam, 1(3), 485. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/diskursus_islam/article/view/6642/5402
NapoleonCat. (2021). Instagram users in Indonesia October 2021. NapoleonCat.Com. https://stats.napoleoncat.com/instagram-users-in-indonesia/2021/10/#:~:text=There were 91 012 200,group (33 900 000).
Nasdian, Tonny, F. (2015). (2017). Sosiologi Umum. Hukum Perumahan, 482. https://books.google.co.id/books?id=t3zPqTnRjX0C&dq=wrong+diet+pills&source=gbs_navlinks_s
Pandie, M. M., & Weismann, I. T. J. (2016). Pengaruh Cyberbullying di Media Sosial Terhadap Perilaku Reaktif Sebagai Pelaku Maupun Sebagai Korban Cyberbullying Pada Siswa Kristen SMP Nasional Makasar. In Jurnal Jaffray (Vol. 14, Issue 1).
Perla, R. J., & Provost, L. P. (2012). Judgment Sampling : A Health Care Improvement Perspective. 21(3), 170–176. https://doi.org/10.1097/QMH.0b013e31825e8806
Purnama, I. N. Z. (2018). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa Pengguna Smartphone Di SMA Negeri 2 Semarang. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Jl. Prof. Soedarto, SH, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Indonesia.
Putri, N. N. R. (2021). Pengaruh Perilaku Phubbing terhadap Interaksi Sosial Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. http://repository.syekhnurjati.ac.id/5232/%0Ahttp://repository.syekhnurjati.ac.id/5232/1/COVER.pdf
Rahardjo, W., & Mulyani, I. (2020). Instagram addiction in teenagers: The role of type D personality, self-esteem, and fear of missing out. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 5(1), 29. https://doi.org/10.21580/pjpp.v5i1.4916
Raharjo, D. P. (2021). Intensitas Mengakses Internet dengan Perilaku Phubbing. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(1), 1. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i1.5662
Ramadani, F. S., Widyana, R., & Utami, N. I. (2020). HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN CYBERBULLYING PADA REMAJA. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi, 1–9.
Ridho, M. A. (2019). Interaksi Sosial Pelaku Phubbing. 27–40.
Roberts, J. A., & David, M. E. (2016). My life has become a major distraction from my cell phone: Partner phubbing and relationship satisfaction among romantic partners. Computers in Human Behavior, 54(October 2017), 134–141. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.07.058
Rosalina, A. F., & Handayani, A. (2018). Perilaku Seksual Remaja ditinjau dari Religiulitas dan Pola Asuh Permisif Pada SMA “X” Rowosari Kendal. Prosiding Seminar Nasional Psikologi Unissula, 15–26.
Rosdiana, Y., & Hastutiningtyas, W. R. (2020). HUBUNGAN PERILAKU PHUBBING DENGAN INTERAKSI SOSIAL PADA GENERASI Z MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 6(1). https://doi.org/10.36053/mesencephalon.v6i1.194
Safitri, A., & Suharno, S. (2020). Budaya Siri’ Na Pacce dan Sipakatau dalam Interaksi Sosial Masyarakat Sulawesi Selatan. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 22(1), 102. https://doi.org/10.25077/jantro.v22.n1.p102-111.2020
Sanjiwani, N. L. P. Y., & Budisetyani, I. G. A. P. W. (2014). Pola Asuh Permisif Ibu dan Perilaku Merokok Pada Remaja Laki-Laki di Sma Negeri 1 Semarapura. Jurnal Psikologi Udayana, 1(2), 344–352. https://doi.org/10.24843/jpu.2014.v01.i02.p13
Sisrazeni. (2017). Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Interaksi Sosial Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Tahun 2016/2017 Iain Batusangkar. 2nd International Seminar on Education 2017 Empowering Local Wisdom on Education for Global Issue Batusangkar, 12. http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/viewFile/898/819%0Ahttps://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/view/898/819#
Situmorang, N. Z., Ismail, N., Muarifah, A., & Wahyudin, U. (2018). Kenakalan Remaja Dilihat dari Pola Asuh Permisif Orangtua dan Kontrol Diri Siswa SMU di Kota Ternate. Prosiding Konferensi Nasional Ke-8, 1–7.
Suseno, M. N. (2012). Statistika: Teori dan Aplikasi untuk Penelitian Ilmu Sosial dan Humaniora. Yogyakarta: Ash-Shaff.
Turkle, S. (2011). Alone together: why we expect more from technology and less from each other. In Choice Reviews Online (Vol. 48, Issue 12, pp. 48-7239-48–7239). https://doi.org/10.5860/choice.48-7239
Vetsera, N. R., & Sekarasih, L. (2019). Gambaran Penyebab Perilaku Phubbing pada Pelanggan Restoran. Jurnal Psikologi Sosial, 17(2), 86–95. https://doi.org/10.7454/jps.2019.12
Walgito, B. (2003). Psikologi Sosial ( Suatu Pengantar). Andi Offset.
Yuliara, I. M. (2016). Modul Regresi Linier Berganda. Universitas Udayana.
DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jp.20.1.56-70
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Proyeksi by https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/proyeksi/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
